10 Bibit Buncis Terbaik di Dataran Rendah, Musim Kemarau

Buncis bisa Juragan budidayakan di musim kemarau. Tetapi tidak sembarang waktu. Waktu terbaik untuk menanamnya adalah pada awal musim kemarau. Sedangkan varietas yang cocok di dataran rendah hanya ada beberapa saja. Berikut ini rekomendasi 10 benih bibit buncis terbaik di dataran rendah, khususnya di musim kemarau.

10. Or Mepsina (Oriental Seed)

Panjang buncis biji hitam Or Mepsina kurang lebih 15-17 cm dengan berat 8-10 g. Panennya mulai pada 60 – 65. Hasilnya kurang lebih 9 – 10 Ton/Ha.

9. Ladju (Jawara)

Buncis Ladju berasal dari biji putih. Dapat dipanen pada 40-45 HST dengan potensi hasil mencapai 20-30 ton per hektar.

Klik produknya disini

8. Perkasa (Cap Panah Merah)

Panjang buncis ini sekitar 12-15 cm. Dapat dipanen pada 45-50 HST dengan potensi hasil mencapai 20-30 ton per hektar. Sementara itu, buncis Perkasa sudah tahan karat daun.

Klik produknya disini

Baca juga : Benih Buncis – EMHA – 100 Gr – Bintang Asia

7. Maxipro (Cap Panah Merah)

Berat setiap buncis Maxipro sekitar 8-9 gram dengan potensi hasil 0.7 kg/ tanaman. Umur panennya pada 48-49 HST. Seperti Perkasa yang sudah tahan penyakit, buncis biji hitam ini sudah tahan terhadap penyakit karat daun.

Klik produknya disini

6 benih berikutnya hasilnya lebih besar dari 4 benih tadi. Paling besar adalah benih nomor 1.

6. Inti 3 (Benih Inti)

Rata-rata panjang buncis Inti 3 17-20 cm. Potensi hasil Inti 3 memang belum tertera di kemasan. Tetapi umurnya genjah. Panen buncis biji putih ini bisa dimulai pada 40 HST.

Klik produknya disini

5. Patih (Mitra Merdeka Tani)

Buncis biji hitam Patih memiliki panjang 18-23 cm. Dapat dipanen pada umur 39-42 HST dengan potensi hasil mencapai 16-19 ton per hektar.

Klik produknya di sini

4. Pertiwi (Benih Pertiwi)

Panjang polong buncis biji hitam ini sekitar 20-23 cm. Pertiwi berpotensi menghasilkan 27-57 ton per hektar. Itu bisa mulai dipanen pada 46-53 HST.

Klik produknya di sini

Lihat juga : 10 Benih Buncis Dataran Rendah Musim Hujan Terbaik dan Terlaris

7 benih yang sudah kita lihat tadi hasilnya memungkinkan kurang dari 1 kg per tanaman. Tapi 3 benih berikutnya rata-rata 1 kg per tanaman, bahkan ada yang lebih.

3. Lebat 5 (Cap Kapal Terbang)

Panjang setiap buncis dari biji putih ini 22 cm. Sudah bisa Juragan panen mulai 42 HST. Setiap tanaman mampu menghasilkan 1 kg buncis. Varietas ini juga tahan layu, karat daun, dan hama penggerek.

Klik produknya di sini

2. Talawang (Cap Panah Merah)

Buncis biji hitam Talawang beratnya kurang lebih 9 gram. Umur panennya mulai pada 48-52 HST. Dalam satu hektar dapat membuahkan hasil 23-24 ton per hektar. Talawang sudah tahan terhadap karat daun.

Klik produknya di sini

1. Lebat 3 (Cap Kapal Terbang)

Panjang buncis lebat kurang lebih 20 cm yang dapat dipanen pada 42 hari setelah tanam. Potensi hasil buncis biji putih ini sekitar 1.4 – 1.6 kg per tanaman. Varietas ini tahan layu, karat daun, dan hama penggerek.

Klik produknya di sini

Usai melihat semuanya, mari kita pilih bibit buncis terbaik yang paling menguntungkan. Buncis dataran rendah dengan umur panen yang cepat dan hasil paling besar adalah Lebat 3. Di usia 42 HST Juragan sudah bisa panen dengan hasil lebih dari 1 kg per tanaman.

Baca juga : Untuk Petani Buncis Terbaik Lebat 3

Sebagai opsi jika Juragan susah mendapatkannya, buncis Talawang juga tidak kalah besar hasilnya. Tapi dengan umur panen yang lebih lama.

Jika dibandingkan ketahanan penyakitnya pun juga lebih komplit Lebat 3 yang juga tahan layu dan hama. Sedangkan Talawang hanya tahan karat daun saja.

Kabar Tani Lainnya

4 Rekomendasi Merk Tangki Semprot Terbaik

Toko Deeres - Sebelum membeli alat semprot, maka cek dulu rekomendasi dari kami terkait merk tangki semprot terbaik. Setidaknya ada gambaran untuk menentukan alat...