10 Cara Merawat Tanaman Hias agar Sehat, Subur, dan Indah

spot_img

10 cara merawat tanaman merupakan artikel mengenai tanaman hias. Merawat tanaman hias di rumah selain menambah keindahan rumah, juga memberikan kesan asri. Selain itu, udara di sekitarnya menjadi lebih segar dan sejuk.

10 Cara Merawat Tanaman Hias agar Sehat, Subur, dan Indah

Mempelajari cara merawat tanaman dapat menjadi aktivitas yang baru yang asyik. Ketika tanaman memberikan hadiah dengan tumbuh sehat, subur dan indah, pasti menyenangkan, bukan ?

Tanaman perlu dirawat agar tumbuh dengan baik sehingga memberikan kesegaran di rumah. Berikut adalah 10 cara merawat tanaman:

1. Sinar matahari

Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Oleh karena itu, taruh tanaman (dalam pot) di tempat yang terkena sinar matahari, termasuk tanaman indoor. Sesekali keluarkan tanaman indoor untuk mendapatkan sinar matahari.

Baca juga : Hand Sprayer Tanaman Manual CBA – 2 Liter

2. Air

Tanaman memerlukan air yang cukup untuk transpor elektron dan proses fotosintesis pada sel tanaman. Siram tanaman secara merata, tidak terlalu banyak atau sedikit, juga kontinyu, tidak terlalu sering, atau jarang.

3. Menjaga suhu dan kelembapan

Suhu dan kelembapan tanaman perlu stabil agar bisa tumbuh dengan baik. Pastikan tanaman yang ada dapat tumbuh di suhu lingkungan tempat tinggal. Jaga kelembapan udara di sekitar tanaman, dengan menggunakan air humidifier.Air Humidifier untuk Tanaman

4. Pangkas tanaman

Potong bagian tanaman yang kering, mati, atau terkena hama. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan tanaman, namun jangan terlalu banyak karena justru akan merusak.

5. Memberikan pupuk

Tanaman membutuhkan nutrisi berupa tiga unsur hara dalam jumlah besar. Seiring dengan waktu, tanah akan kekurangan nutrisi tersebut. Cukupi nutrisi tanaman dengan memberikan pupuk di sekitar pangkal tanaman, atau ganti tanah dalam pot secara rutin.

6. Memastikan tanaman bebas hama atau penyakit

Salah satu cara dalam 10 cara merawat tanaman adalah: memastikan tanaman bebas dari hama penyakit. Jika tanaman terindikasi hama atau penyakit, segera obati agar tidak menyebar ke bagian atau tanaman lain.

Baca juga : Benih Cabe Rawit Hitam – LAVANA F1 – 20 Btr – Cap Panah Merah

7. Menjaga kebersihan tanaman

Poin selanjutnya dalam 10 cara merawat tanaman, adalah dengan menjaga kebersihan tanaman. Hal ini dapat lakukan dengan cara membersihkan lingkungan sekitarnya.

  • Mencabut tanaman hama atau rumput liar secara rutin akan berpengaruh pada kesehatan tanaman.
  • Membuang sampah di sekitar tanaman seperti kaleng, plastik, atau lainnya.
  • Hindari membuang puntung rokok atau air bekas di dalam pot tanaman karena dapat merusak kesuburannya.
8. Memilih media tanam

a. Memilih tempat menanam
Merawat tanaman di tanah langsung, dalam polybag, atau di pot tentu berbeda.
Tentukan meletakkan tanaman agar kebutuhan air pada tanaman tercukupi.
b. Tentukan media tanam yang sesuai.
Media tanam terdiri atas tanah dan campuran seperti sekam padi, humus, serbuk kayu, sabut kelapa, juga lainnya.
c. Rutin mengganti pot.
Ganti pot secara berkala. Sesuaikan ukuran pot dengan tanaman yang semakin besar.

Baca juga : Cara Merawat Bunga Mawar di Tanah dan Pot Supaya Tetap Subur, Segar dan Tidak Gampang Layu

9. Memilih tanaman yang tepat

Pilih tanaman yang tepat agar dapat merawat tanaman dengan baik. Tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (±25°C) merupakan pilihan terbaik, karena tidak perlu repot lagi menciptakan suhu ideal tanaman.

10. Biarkan tanaman berteman

Tanaman tidak suka dan tidak bisa hidup sendiri. Usahakan membeli beberapa tanaman dan letakkan berdekatan. Dengan berteman, diharapkan kesehatan dan pertumbuhan tanaman akan optimal.

Untuk mempercantik pekarangan dan rumah, ada begitu banyak jenis tanaman hias yang dapat dipilih. Gunakan 10 cara merawat tanaman hias diatas agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat, subur dan indah.

Kabar Tani Lainnya

Harga Bibit Cabe Merah Unggul Paling Bagus Tahun 2022

Harga bibit cabe merah unggul di pasar tradisional cukup stabil dan kerap kali naik ketika mendekati hari besar nasional. Indonesia dan beberapa negara bagian...