15 Rekomendasi Benih Cabe Rawit Terbaik

Berikut panduan bagi Juragan untuk memilih benih cabe rawit terbaik. Cabe rawit hibrida dan non hibrida (lokal) terbaru sudah kami rangkum secara singkat. Harga cukup relatif, ada baiknya memilih salah satu produk unggulan dari nomor satu hingga nomor lima.

Biasanya produk yang kami pilih adalah benih cabe rawit unggul tahan penyakit. Dijual dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Pertimbangan tim Toko Deeres dalam memilih benih cabe rawit terbaik adalah dari segi faktor kualitas produk, ketersediaan produk dipasaran dan tingkat permintaan konsumen. Sistem urutan produk didasari oleh subjektifias tim Toko Deeres dan tidak dapat diganggu gugat.

1. Master

Bentuk buahnya cenderung lancip di ujung dengan posisi merunduk. Beratnya sekitar 2,4-2,7 gram berdiameter 1-1,2 cm. Sedangkan tinggi tanamannya mencapai 150-160 cm dengan hasil per tanaman 600-750 buah.

Beratnya bisa mencapai 0.8 – 1 kg per tanaman. Itu adalah potensi hasil terendahnya. Sedangkan potensi hasil tertinginya mencapai 1,4 – 1,7 kg per tanaman. Jika Juragan lihat varietas lainnya atau yang pernah Juragan tanam, kebanyakan maksimal hasilnya sekitar 1 kg saja. Selengkapnya

2. Kaliber

Cabe rawit Kaliber siap memberikan hasil cukup memuaskan per buah dengan panjang 4 hingga 5 centimeter, dan juga diameter buah 10 sampai 15 milimeter.

Namun kelemahan lainnya soal panen, cabe rawit Kaliber mampu dipanen sedikit lebih lama, yaitu 95 – 100 hst. Pada kebanyakan jenis atau merk cabe rawit lainnya, dapat panen 80 – 90 hst. Selengkapnya.

3. Viral

Tak hanya populer, tapi juga memiliki banyak keunggulan yang cukup menjanjikan. Pertama vigor tanaman yang kokoh dan tinggi diklaim mencapai dua meter. Dengan hasil buah berkarakter besar dan keras, memudahkan saat pengiriman jarak jauh. Selengkapnya.

4. Shypoon

Tanaman cabe Sipon (Shypoon), menghasilkan buah tidak jauh berbeda dengan cabai rawit merah pada umumnya, dengan tipe tumbuh tegak lurus, buah ramping, buah lebat dan seragam. Panjang buah cabai 6 – 7 cm dengan diameter buah berkisar 0,9 – 1,3 cm. Tanaman cabe rawit hibrida terbaru ini juga dapat menghasilkan 5 – 10 buah dari masing-masing cabang tanaman. Selengkapnya.

5. New Maruyung

Benih cabe rawit New Maruyung ini sangat kami rekomendasikan karena buahnya cukup panjang dan lebat. Bisa dibilang hampir mirip dengan benih cabe rawit Viral. Menjadi keunggulan lain adalah karena rawit Maruyung ini dibanderol harga jauh lebih murah daripada Viral. Selengkapnya.

6. Mampyar Super

Pada buahnya sendiri, Mampyar Super berwarna putih. Panjangnya dapat mencapai 6 -8 cm dengan diameter 1,0 – 1,6 cm, ukuran yang sangat pas untuk sebuah cabe putih. Pada tanaman, buah menghadap ke bawah. Jika menanyakan rasa, cabe putih ini tergolong pedas. Selengkapnya.

7. Ori 212

Ukuran buah, panjangnya mencapai 4,29 hingga 4,51 cm. Memiliki rasa cukup pedas dan tipe buah tumbuh tegak (bukan merunduk). Selain itu, umur panen mencapai 91 – 96 hari setelah tanam. Meskipun begitu, hasil produksi dengan klaim cukup tinggi. Selengkapnya.

8. Mhanu F1

Cabe rawit hibrida terbaru adalah Mhanu F1 yang memiliki buah muda berwarna putih kehijauan dan saat tua berwarna merah. Permukaan kulitnya halus dan cantik. Buahnya berbentuk kerucut dengan ujung tumpul dengan detail panjang 4 – 6 cm berdiameter 1 – 1,5 cm, hampir sama dengan ukuran buah cabe rawit pada umumnya. Selengkapnya.

9. Sakagen 2

Panjang buah mencapai 6 cm berdiameter 1 cm. Sama saja dengan Mhanu, tetapi pertumbuhan Sakagen terlihat lebih seragam tumbuh ke atas. Berat satu buah 4 gram. Dari satu tanaman bisa produksi lebih dari 500 buah. Maka, satu tanaman bisa memproduksi hingga 800 gram cabe rawit. Kalau Juragan menanam satu hektar, 13 ton bisa didapat dengan 300 gram benih. Mulai di panen saat memasuki umur 80-90 hari setelah tanam. Setelah panen, cabe dapat disimpan hingga 8 hari. Selengkapnya.

10. Gading

Buah cabe rawit Gading memiliki bobot sekitar 3 gr per buahnya. Sedangkan umur panennya bisa juragan lakukan sekitar 80 hari setelah tanam. Panjang buah ini bisa mencapai sekitar 8 cm dengan diameter sekitar 1 cm. Varian ini memiliki panjang yang sedikit lebih pendek dibanding varian cabe rawit putih lain. Selengkapnya.

 

11. Ponirun

Ponirun dapat tanam di berbagai dataran, dari rendah sampai tinggi. Masih terbilang baru, benih ini lebih tahan dari gemini virus dan layu fusarium. Buah berbentuk lebih bulat dengan ujung meruncing. Panjangnya 6 cm berdiameter 1 cm. Buah muda berwarna hijau kekuningan dan akan menjadi merah saat tua. Satu buah beratnya 4 gram. Berat tersebut lebih berbobot daripada Mhanu yang juga dari Halbanero. Satu tanaman menghasilkan lebih dari 560 buah. Maksimal dapat mencapai 700 buah. Selengkapnya.

12. Lestari

Sangat baik beradaptasi di dataran rendah sampai tinggi. Tahan terhadap penyakit Layu Fusarium, Trips, Gemini Virus. Hasil tanam : Pertumbuhan tanaman sangat kuat, umur panen Mulai 85 – 90 HST (Hari Setelah Tanam). Potensi hasil mencapai 17 kg/ha. Tipe buah merunduk. Diameter buah 1 – 1,2 cm. Ini merupakan benih cabe rawit hibrida terbaru dari Halbanero. Selengkapnya.

13. Mahkota

Masa panen cabe rawit Mahkota pada umur 80 atau paling lama 90 hari. Waktu ini bergantung pada dataran. Masa panen itu lebih cepat 10 hari dari cabe rawit Sigantung dari Bintang Asia. Mengenai ukuran buah, keduanya hampir sama. Berat satu buah cabe sekitar 2 sampai 5 gram. Ukuran panjangnya 5-8 cm berdiameter 1-1,6 cm. Selengkapnya.

14. OR Kencana

Cabe varian ini akan berwarna putih kekuningan pada saat masih muda dan warna merah saat sudah tua. Panjang cabe ini bisa mencapai 5-7 cm dengan diameter sekitar 1-1,3 cm. Sedangkan berat buahnya bisa mencapai 2,5-4 gram. Cabe ini dapat juragan panen pada umur 83 hst. Hasil panennya sendiri bisa mencapai 6-10 ton/ha. Selengkapnya.

15. Bangkok Ijo

Karakteristik buah yang dimilikinya terbilang bagus. Panjang buah dapat mencapai 5 – 7,5 cm berdiameter 1 hingga 1,4 cm. Selanjutnya berat buah Bangkok Ijo kurang lebih 2,5 sampai 5 gram. Rawit varietas ini sangat pedas. Bangkok Ijo memiliki percabangan yang banyak. Umur panennya sendiri mulai 80 hari setelah tanam. Selengkapnya.

Silakan kunjungi juga channel Youtube kami disini. Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk lainnya dari kami.

Kabar Tani Lainnya

Terbaru! Cabai OR Together, Andalan Cabai Keriting

Cabai OR Together, memiliki karakter tanaman yang bagus. Meski masih kalah saing dengan popularitas dengan OR Twist 42. Ketahanan penyakit dan hama tetap menjadikan keunggulan varietas cabe ini.