6 Hama Kacang Panjang, Atasi dengan Insektisida Ini!

Hama tanaman kacang panjang ternyata tidak kalah banyak. Bukan hanya ulat tetapi juga ada yang berupa kutu. Agar tidak ada lagi tanaman kacang panjang Juragan yang terkena hama, Juragan bisa mengatasinya dengan beberapa insektisida sesuai dengan hama penyebabnya. Ada 6 hama kacang panjang yang perlu Juragan ketahui.

  • Lalat Kacang

Kacang panjang yang terkena lalat kacang terdapat bintik-bintik putih sekitar tulang daun, pertumbuhan tanaman yang terserang terhambat dan daun berwarna kekuningan, pangkal batang terjadi perakaran sekunder dan membengkak.

Untuk mengendalikannya Juragan bisa melakukan pergiliran tanaman yang bukan dari famili kacang-kacangan dan melakukan penyemprotan dengan insektisida sistemik untuk kacang panjang misalnya seperti Orthene 75 SP 1 cc/liter.

  • Kutu Daun

Gejala yang dapat diamati jika tanaman terkena kutu daun adalah pertumbuhan yang terhambat karena hama mengisap cairan sel tanaman dan penurunan hasil panen. Efeknya adalah perkembangan sel tanaman menjadi rusak dan membuat daun berkerut serta menggulung.

Baca juga : 6 Cara Menanam Kacang Panjang untuk Panen Melimpah

Secara kasat mata berwarna hitam, maka banyak yang menyebut kutu ini dengan kutu hitam. Kutu hitam pada kacang panjang ini bergerombol di pucuk tanaman dan berperan sebagai vektor virus. Hama ini sangat aktif di musim kemarau.

Pengendaliannya adalah dengan rotasi tanaman menggunakan tanaman bukan famili kacang-kacangan dan penyemprotan insektisida sistemik seperti Furadan 3G.

  • Ulat Grayak

Hama ulat grayak menyerang daun kacang panjang sehingga menjadi berlubang tak beraturan. Ulat kacang panjang ini tidak hanya menyerang daun tetapi juga polong kacang panjang. Umumnya serangan berat terjadi di musim kemarau.

Cara mengatasi daun kacang panjang berlubang adalah dengan pergiliran kultur teknis yaitu melakukan rotasi tanaman bukan inang dan penanaman serempak dengan selisih waktu antara tanam awal dan tanam akhir tidak lebih dari 10 hari. Juragan juga bisa menggunakan insektisida, misalnya Supracide.

  • Trips

Hama tanaman kacang panjang ini menyerang bagian pucuk tanaman sehingga tanaman menjadi keriting dan kering, sering juga menyerang tunas atau pucuk, sejak tanaman masih kecil hingga besar. Pada tanaman dewasa dapat mengalami kerontokan bunga. Serangan hama trips ini umumnya terjadi pada musim kemarau.

Lihat juga : 10 Benih Kacang Panjang Dataran Rendah Musim Hujan Tahan Virus

Pengendaliannya Juragan bisa menggunakan pestisida seperti Winder, Promectin, Agrimec, Confidor atau lainnya dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan.

  • Tungau

Daun tanaman yang terserang tungau akan tampak dari daun-daun yang menggulung ke bawah berwarna hijau kehitaman. Sama seperti akibat dari hama Trips, dalam kondisi parah tanaman dapat mengalami kerontokan daun.

Obat hama kacang panjang yang sesuai bisa dengan akarisida kontak seperti Samite, Omite, atau Mitac dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan masing-masing.

  • Ulat Polong

Kerusakan yang ditimbulkan ulat polong adalah pembusukan polong. Ulat kacang panjang yang satu ini dapat dikendalikan dengan insektisida sistemik seperti Winder dengan dosis sesuai saran.

 

Itu tadi Juragan 6 hama kacang panjang dan cara mengatasinya yang bisa dilakukan bila tanaman Juragan juga terserang. Tapi, sebelum terkena sebaiknya Juragan selalu menjaga kelembaban di sekitar tanaman dan menjaga jarak antar tanaman yang tidak terlalu rapat. Setidaknya itu akan mencegah hama datang ke lahan Juragan.

Gunakan juga varietas yang tahan virus. Juragan bisa mendapatkannya di Whatsapp 0812-9109-9109 atau di Shopee dan Tokopedia.

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Kabar Tani Lainnya

10 Benih Kacang Panjang Unggul Dataran Rendah

Dalam budidaya kacang panjang bukan tidak mungkin tanaman Juragan mati terserang penyakit. Penyakit tanaman kacang panjang pada umumnya di musim kemarau adalah virus kuning....