8 Varietas Cabe Rawit Besar! Diameter Lebih dari 1 cm

Varietas cabe rawit ada banyak sekali, tapi tidak semua buahnya besar besar. Pada artikel ini Juragan akan mengetahui benih rawit yang buahnya besar-besar. Umumnya, cabe rawit biasa diameter maksimalnya hanya 1 cm, bahkan ada yang tidak sampai 1 cm. Tapi, 7 varietas cabe rawit buah besar berikut ini, diameternya mampu lebih dari 1 cm.

8. Or Kencana

Panjang buah cabe ini antara 5-7 cm dengan diameter 1 – 1,3 cm. Umur panennya pada 83 hari setelah tanam. Di kemasannya, cabe Or Kencana juga tahan hama dan penyakit, namun lebih spesifiknya hama dan penyakit apa saja tidak dijelaskan di kemasan.

Klik produknya di sini

7. Bangkok ijo

Panjang rawit hijau ini sekitar 5-7 cm berdiameter 1-1,4 cm. Umur panennya mulai pada 80 hari setelah tanam. Bibit cabe rawit hijau buah besar ini sudah tahan patek.

Klik produknya di sini

6. Master

Sedikit lebih kecil, panjang cabe Master sekitar 6-7 cm dengan diameter 1-1,2 cm. Buah cabenya dapat dipanen mulai pada 80 hari setelah tanam. Bibit cabe rawit besar ini tahan virus, hama seperti trips tungau, dan tahan layu fusarium.

Klik produknya disini

Baca juga : Benih Cabe Rawit Hibrida Lokal Terbaik

Selanjutnya ada 5 benih cabe rawit yang ukuran diameternya lebih besar dari 3 benih tadi.

5. Ori 212

Panjang cabe Ori 212 sekitar 4 cm dengan diameter 1,2-1,3. Buah cabenya dapat dipanen pada usia 91-96 HST. Akan tetapi, tidak ada penjelasan apapun mengenai ketahanan penyakitnya. 

Klik produknya disini

4. Kaliber

Cabe Kaliber panjangnya lebih kecil tapi diameternya tetap besar. Panjangnya sekitar 4-5 cm dengan diameter 1-1,5 cm. Sementara itu, umur panennya pada 95-100 HST. Cabe rawit besar ini tahan layu dan cukup tahan virus.

Klik produknya disini

3. Mahkota

Cabe Mahkota panjangnya antara 5-8 cm dengan diameter 1-1,6 cm. Buahnya dapat dipanen pada umur 82 hari setelah tanam. Cabe ini juga sudah tahan penyakit patek, phytophthora, dan virus.

Klik produknya disini

Lihat juga : 10 Benih Cabe Rawit Cepat Panen, Potensi Tinggi, dan Toleran Penyakit

2. Mampyar Super

Panjang buah mampyar sekitar 6-8 cm dan diameternya antara 1-1,6 cm. Berat Buahnya dapat dipanen pada umur 84 hari setelah tanam. Keunggulan lain dari cabe ini Mampyar juga sudah tahan penyakit patek dan tahan jamur phytophthora.

  1. Maruyung

Panjang cabe Maruyung antara 7-8 cm dengan diameter 1,4-1,6 cm. Umur panennya pada 11 hari setelah tanam. Cabe Maruyung sudah tahan layu bakteri.

Klik produknya di sini

 

Seperti yang sudah Juragan lihat, top 3 varietas cabe rawit buah besar adalah cabe Maruyung, nomor dua adalah Mampyar Super, dan yang ketiga adalah cabe Mahkota. Jika pasaran di daerah Juragan lebih suka cabe dengan kriteria tadi, silakan Juragan pilih benihnya.

Tapi, perlu Juragan ketahui bahwa produktivitas setiap varietas itu berbeda-beda. Ada yang buahnya kecil tapi percabangannya banyak, ada juga yang buahnya besar tapi cabangnya sedikit. Ini tentu akan berpengaruh pada hasil total cabe rawit yang akan Juragan panen.

Jika produksi tanaman juga Juragan pertimbangkan, maka antara cabe Maruyung, Kaliber, dan Master adalah yang paling direkomendasikan. Hasil per tanaman cabe Maruyung mencapai 1,3 kg, cabe Kaliber mencapai 1,4 kg, sedangkan cabe Master mencapai 1,4-1,7 kg.

Mana yang menjadi prioritas Juragan? Cabe buah besar atau cabe produktivitas tinggi? Pilih yang terbaik Juragan!

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Kabar Tani Lainnya

Perbedaan Sprayer Yokohama 18 Liter dengan 16 Liter

Toko Deeres - Ternyata alat semprot Yokohama ada dua jenis, yaitu sprayer Yokohama 18 liter dan sprayer Yokohama 16 liter. Proses rilisnya lebih dahulu yang...