Benih Cabai Master Kecil Tapi Memberi Keuntungan Besar

spot_img

Komoditas cabai sampai saat ini masih menjadi primadona, alasannya tentu saja karena masyarakat beranggapan jika masakan tidak pedas seperti ada yang kurang. Oleh karena itu, mulai banyak orang yang membudidayakan cabai. Namun, untuk membudidayakannya tentu saja membutuhkan benih cabai master agar hasil lebih melimpah.

Untuk menanam cabai dengan hasil yang maksimal tentu saja membutuhkan benih yang berkualitas dan juga memberikan kemudahan dalam penanamannya. Oleh karena itu, benih cabai master dapat menjadi satu solusi yang tepat untuk Anda jika ingin membudidayakan cabai tersebut.

Penggunaan dari benih cabai berkualitas adalah salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan dari budidaya cabai. Untuk saat ini benih cabai yang berkualitas juga sudah tersedia di berbagai toko, salah satunya adalah Toko Deeres. Di toko ini, benih cabai master masih menjadi primadona karena keunggulannya dibanding benih cabai lainnya.

Selain memilih benih cabai master yang berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan cara untuk menyemai benih cabai tersebut secara tepat. Jadi, Anda juga akan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Cara Menyemai Benih Cabai Master yang Tepat

Sebelum menanam bibit cabai, tentu saja Anda perlu menyemai benih cabai master terlebih dulu. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam proses penyemaian. Berikut, adalah beberapa di antaranya:

1. Merendam Benih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam benih cabai master terlebih dulu. Lama perendamannya adalah 1 malam, setelah itu Anda dapat menggunakan benih yang tenggelam.

Anda dapat membuang benih yang terapung karena merupakan biji yang tidak dapat tumbuh jika ditanam.

2. Mempersiapkan Media Semai

Sembari Anda menunggu benih cabai tersebut direndam, Anda dapat mempersiapkan media semainya. Untuk medianya sendiri meggunakan tanah dan juga arang sekam, perbandingannya 1:1. Setelah itu, aduk semua bahan tersebut sampai merata.

Selanjutnya masukkan media semai tersebut ke dalam polybag berukuran kecil dan siram sampai lembab, jangan terlalu basah. Setelah itu, barulah Anda membuat lubang tanam di media tanam pada polybag tersebut.

3. Penyemaian Benih Cabai

Langkah selanjutnya adalah menanam atau menyemai satu benih cabai master ke dalam setiap lubang tanam pada polybag. Lalu, tutup lagi menggunakan media semai yang sama. Anda dapat menutupnya secara tipis agar benihnya terhindar dari serangan serangga.

Setelah melakukan penyemaian, siram benih tersebut sampai lembab saja agar tidak membusuk. Dalam menyemai Anda dapat menggunakan sprayer.

Jika sudah, tutup menggunakan kardus ataupun sejenisnya. Tujuannya adalah untuk mempercepat perkecambahan dari benih tersebut. Anda dapat meletakkannya pada tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari ataupun hujan secara langsung.

Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu proses penyemaian benih cabai master selesai dan menjadi seoerti kecambah serta siap untuk ditanam. Jangan lupa untuk rutin menyirami media tersebut agar tidak kekeringan.

Apa Itu Benih Cabai Master?

Pada dasarnya benih bibit cabai master ini merupakan sebuah produk benih cabai yang menggunakan brand master. Produk benih satu ini memang sedang banyak peminatnya, sehingga tidak heran jika ada banyak sekali orang yang ingin membudidayakan benih tersebut.

Benih cabai satu ini memiliki kualitas yang sangat baik dan terjamin, jadi juga memberikan hasil yang maksimal.

Asal benih cabai master ini sebenarnya dari dalam negeri dengan seleksi galur Cr198, jadi merupakan salah satu varietas yang cukup unggul dan pilihan. Benih ini menghasilkan tanaman cabai yang mulai berbunga ketika 38-43 hari setelah tanam. Kemudian dapat mulai dipanen saat 85-90 hari setelah tanam.

Untuk tinggi tanamannya sekitar 150-160cm dengan bentuk penampang batang yang bulat. Ukuran diameter batangnya juga cukup besar, yaitu 1,3-1,7cm. sedagkan pada batangnya berwarna hijau keputihan.

Jika dilihat dari sisi daunnya, benih ini memberikan jasil tanaman cabai dengan bentuk daun yang bulat dan lonjong, ukuran daunnya sekitar 8,5-9,2 cm untuk panjangnya da 4,6-5,5cm untuk lebarnya. Warna daunnya sendiri adalah hijau dan tangkai bunganya bersifat merunduk.

Tanaman cabai ini mempunyai warna kelopak bunga yang hijau serta mahkota bunga pada tanaman cabe tersebut putih. Bentuknya sendiri memanjang dan meruncing dengan Panjang 6,3-7,1cm dan diameter buahnya 1-1,2cm. warna pada buah yang masih mudah adalah hijau kekuningan serta saat sudah tua dan masak berubah menjadi merah.

Permukaan kulit buahnya juga halus bergelombang dengan tebak kulit buahya 0,98-1,3mm. rasaya yang pedas juga menjadi incaran dari para masyarakat.

Kelebihan Benih Master Dibanding Varietas Lainnya

Jika Anda sedag mencari benih cabai, tidak perlu jauh-jauh ataupun repot-repot. Anda dapat menjadikan benih cabai master sebagai pilihan dan solusi yang tepat. Benih ini mampu menghasilkan buah cabai yang memiliki berat 2,4-2,7 perbuahnya. Kemudian dalam satu kali penanaman menghasilkan 600-750 buah cabai.

Benih ini mampu bertahan 6-8 hari dengan hasil buahnya sekitar 32 ton dengan kebutuhan benih sekitar 110 sampai 120gr. Terbilan cukup menarik. Bahkan, dapat toleran kepada gemini virus dan beberapa virus lainnya.

Misalnya saja gemini virus dan hama lainnya. Selain itu, varietas ini mempunyai jumlah bunga 2 buah perruas, Anda dapat memperoleh hasil produktivitas yang tinggi.

Alasan Mengapa Cabe Master Banyak Diminati Sebagai Benih

Untuk alasan benih cabai master ini banyak peminatnya adalah karena benih ini memberikan produktivitas yang sangat terjamin kualitasnya dan juga hasilnya sangat maksimal.

Anda juga dapat mencoba untuk menanam benih terlebih dulu, kemudian tinggal menunggu proses penyemaiannya. Selain memberikan kemudahan dalam proses penyemaian juga dapat tumbuh sampai penanaman nantinya.

Yang menariknya lagi adalah benih cabai ini dapat beradaptasi dengan mudah dan semakin berkembang untuk tanaman cabai tersebut.

Hasil Panen Jika Menanam Cabai Master

Hasil panen yang Anda raih oleh benih cabai master ini terbilang sangat maksimal, sehingga keuntungannya juga sangat besar. Terlebih lagi dalam satu hektar lahan mampu menghasilkan sekitar 32 sampai 35 ton cabai. Jadi, jika Anda memiliki 1.000 meter lahan, tentu saja menghasilkan 3,2 ton cabai.

Perhitungan keuntungannya sendiri adalah jika 1 kg cabai sekarang harganya Rp 50.000,- dan Anda memiliki 1.000 meter lahan akan memberikan hasil sekitar Rp 160 juta. Sangat menarik dan menguntungkan bukan?

Cara Membeli Cabe Master yang Aman

Saat ini cara beli benih cabai master sudah sangat mudah dan praktis, bahkan Anda tidak perlu kemana-mana. Untuk saat ini memang banyak sekali supplier benih cabai yang ada di indonesia. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memastikan memilih yang terbaik.

Untuk membelinya, Anda bisa melalui Toko Deeres dengan cara langsung saja buka websitenya di tokodeeres.com. Selain itu, Anda juga dapat membelinya melalui kontak whatsapp secara langsung, yaitu di 081291099109.

Anda juga dapat menggunakan Shopee ataupun Tokopedia agar mendapatkan gratis ongkir. Jadi, mulai saat ini jika Anda ingin membudidayakan cabai, tidak perlu takut atau ragu lagi. Anda dapat mencoba menggunakan benih cabai master sebagai awalan. Nantinya akan memperoleh hasil yang sangatlah besar.

Kabar Tani Lainnya

Cara Menanam Seledri dari Biji dan Sisa Akar di Polybag

Banyak orang belajar cara menanam seledri, sebab tanaman ini tidak sekedar menjadi bahan makanan, tetapi juga orang gunakan untuk tanaman obat. Seledri memiliki nama...