Benih Rawit Master, Solusi Bertani Cabai Kualitas Unggul Hasil Melimpah!

Sensasi pedas cabai rawit memang tak ada duanya. Cabai jenis inilah yang terkenal dengan nama lain cigitan (Jawa), lombok (Jawa) dan cengek (Sunda). Cabai rawit segar biasa dinikmati bersama mendoan atau gorengan pas lagi hangat-hangatnya. Benih rawit master tak luput dari incaran ibu-ibu rumah tangga untuk mengisi pekarangan rumahnya.

Cabai rawit juga dijadikan penguat rasa aneka masakan. Mulai dari tumis sayur, sambal hingga bumbu utama makanan khas di daerah tertentu. Misalnya, pecel khas Jawa Timur, Rendang khas Padang dan Seblak khas Jawa Barat.

Keunggulan Benih Rawit Master Sebagai Usaha Tani Cabai Ala Ibu Rumah Tangga!

Siapa bilang ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah?

Siapa bilang ibu rumah tangga tak bisa bertani?

Jika Anda masih berpikir bahwa lingkup kerja ibu rumah tangga hanya sebatas di rumah saja, maka Anda salah! Ibu rumah tangga tetap bisa menyalurkan hobinya di sela-sela rutinitasnya. Misal, membaca dan menulis, olahraga, membuat kerajinan tangan dan termasuk bertani cabai rawit. Kenapa cabai rawit?

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal artikel, cabai rawit merupakan buah kaya manfaat dan multifungsi. Bisa diolah meski masih mentah maupun setelah matang. Saat harga cabe rawit bisa meroket tajam, maka menanam sendiri benih rawit master adalah solusi yang cerdas. Bibit buatan dalam negeri ini memiliki banyak keunggulan, sebagai berikut.

1. Penanaman Mudah dan Cepat Berkembang

Menanam sendiri cabai rawit di pekarangan rumah berarti mengurangi pengeluaran belanja bulanan Anda. Apalagi ini cabai rawit master, yang kualitasnya di atas cabai rawit biasa.

Mulailah dengan menyiapkan lahan tanam yang tersedia. Bisa langsung di pekarangan rumah atau memanfaatkan polybag untuk media tanam sementara hingga cukup usia untuk dipindahkan. Bila ingin langsung di lahan, mintalah suami untuk menggemburkan tanah sekaligus bantulah ia untuk membersihkan tanaman liar yang ada di atasnya.

Siapkan bedengan yang menyesuaikan kondisi lahan. Umumnya bedengan berukuran lebar 100 cm, tinggi 20 cm dan jaraknya antara satu sama lain sekitar 100 meter. Namun, untuk lahan sekelas pekarangan rumah, Anda bisa membuat bedengan mini yang sederhana saja pun tidak masalah!

Cara menanam benih rawit master ini sangatlah mudah. Petunjuk penanamannya tercantum jelas pada kemasan. Cabai rawit master ini relatif mudah berkembang pada dataran rendah maupun tinggi, dengan curah hujan sedikit ataupun sinar matahari yang terbatas.

Setelah 38 – 45 hari penanaman, cabai rawit master mulai berbunga. Bentuk kelopaknya memanjang, berwarna hijau dengan mahkota bunga berwarna putih. Posisi tangkai bunganya merunduk dan mudah rontok saat terkena sentuhan. Jadi, usahakan jangan menyentuh bunganya sampai bakal buah cabai rawit muncul.

2. Hasil Panen Lebih Banyak

Ibu – ibu rumah tangga pasti suka yang hemat dan untung besar seperti cabai rawit master ini! Dalam waktu 85 – 90 hari atau sekitar 3 bulan saja, sudah mampu menghasilkan cabai rawit yang siap panen. Dalam satu tanaman, bisa dihasilkan cabai rawit sebanyak 600 – 750 buah atau sekitar 1,4 – 1,7 kg. Wow, dalam 3 bulan saja Anda sudah bisa hemat puluhan ribu belanja bulanan!

Biasanya cabai rawit master bisa bertahan hingga 6 – 8 hari pada suhu ruang. Bisa lebih lama lagi dalam lemari es dan bisa awet berminggu – minggu jika dijadikan cabai bubuk. Daya tahan ini tergabung cara Anda dalam menyimpannya.

Poin penting lainnya ialah dari benih rawit master yang Ibu tanam, bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bila hasilnya dijual lagi! Tentunya bukan hal yang sulit untuk menawarkannya pada tetangga atau kerabat dekat. Jadi, selain bisa menghemat pengeluaran, Ibu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Keunggulan Varietas Benih Rawit Master

Dunia pertanian cabai dan produk tani lainnya memang tidak terlepas dari risiko serangan hama yang bisa datang dari mana saja. Salah satunya adalah Gemini virus, yang memunculkan ‘vein clearing’ pada daun tanaman cabai yakni perubahan warna daun menjadi kuning, ulas daun mengeras dan daun menggulung ke atas atau kuncup.

Virus tanaman cabai yang dibawa oleh kutu putih dan kutu kebul ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakkan tanaman cabai. Untuk mengatasinya bisa menggunakan insektisida atau zat anti serangga dan hama.

Supaya tanaman cabai Anda nantinya bisa tumbuh kembang dengan baik, maka pilihlah varietas yang memiliki keunggulan toleran Gemini virus seperti cabai rawit master ini.

Selain itu, cabai rawit dengan galur Cr198 ini memiliki keunggulan ruas tanaman pendek dan jumlah bunga 2 buah per ruas.

4. Harga Cabai Rawit Stabil dan Sering Naik

Jika Anda berniat budi daya cabai rawit bukan hanya untuk konsumsi rumah tangga, tetapi juga untuk dijual lagi. Maka harga jual adalah salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Harga jual harus lebih tinggi dari harga beli atau modal yang Anda keluarkan!

Harga cabai rawit pada Februari 2022 ini telah mencapai Rp 40 ribuan per kilo. Dan ini masih bisa naik lagi saat menjelang hari besar nasional. Itu artinya, dalam satu tanaman ketika berhasil panen rata-rata 1,7 kg maka jika ada 10 tanaman hasil panen bisa mencapai sekitar Rp 680 ribuan.

Nominal tersebut di peroleh dalam 3 bulan sekali, yang mana berarti akan ada 4 kali panen selama setahun. Bila di total pendapatan kotor Anda tersebut bisa mencapai Rp 2 juta 700 ribuan. Nominal yang cukup lumayan, bukan?! Terlebih jika Anda berniat untuk menjadikannya sebagai bisnis utama.

Sementara untuk modal menanam dan merawat benih rawit master ini sangat terjangkau. Air dari sumur galian tentu saja bernilai gratis. Begitu pun dengan pupuk kompos atau humus bisa di olah dari kotoran binatang seperti kambing, sapi, domba dan ayam. Jika ingin membeli di toko pertanian pun masih terjangkau, sekitar Rp 10 ribuan per kilo.

Jangan Ragu Berhemat dan Berbisnis dengan Benih Rawit Master!

Bertani cabai rawit sangatlah cocok untuk kalangan ibu rumah tangga. Pasalnya usaha yang satu ini bersifat fleksibel. Perawatan inti hanyalah penyiraman minimal 2 kali sehari saat kemarau dan menyesuaikan saat musim penghujan. Sedangkan untuk melakukan pemupukan sebaiknya berlangsung di awal – awal penanaman. Jadi, tidak akan membebani tugas pokok Anda sebagai ibu rumah tangga.

Benih cabai rawit master kini sudah tersedia di toko online kami https://tokodeeres.com/ . Proses pemesanan mudah dan cepat, Anda bisa melakukan pemesanannya hanya melalui smartphone. Anda bisa memesan aneka produk pertanian unggulan dengan harga yang terjangkau. Pemesanan kami buka pada jam kerja.

Kami juga melayani pemesanan melalui marketplace terbaik di Indonesia, Shopee dan Tokopedia. Untuk Anda yang ingin bertanya-tanya atau konsultasi budi daya cabai rawit master, bisa menghubungi kami pada nomor WhatsApp 0812-9109-9109 pada jam kerja. Dapatkan benih rawit master kualitas unggul dengan harga super terjangkau, pengiriman aman dan pasti original!

Ayo, wujudkan sukses Anda dengan cabai rawit master produksi kami!

Kabar Tani Lainnya

Benih Bibit Cabe Rawit Original Lokal, Yakin Mau Beli Online?

Cabe rawit lokal memiliki rasa yang pedas tiara tara. Warna merahnya yang mencolok sering kali menjadi bahan baku sambal dan penguat rasa aneka masakan....