Bibit Bawang Merah Lokananta, Bibit Murah Pilihan Petani

spot_img

Halo Juragan, bawang Merah merupakan salah satu produk pertanian yang selalu dibutuhkan oleh pasar. Tanaman ini sangat digemari oleh para petani yang tinggal di dataran rendah dengan ketinggian antara 20-220 mdpl dengan tingkat curah hujan yang rendah. Pada daerah ini semakin marak budidaya bawang merah Lokananta.

Klik produknya disini

Meski demikian bibit bawang merah lokananta bisa dikatakan sebagai tanaman yang tahan terhadap hujan.

Harga Bibit Bawang Merah Varietas Lokananta Cap Panah merah juga lebih murah dari varietas bawang merah yang lain.

Meski membutuhkan waktu yang relatif lama, namun hasil yang ada di depan mata tak kalah menguntungkan dengan varietas lain.

Bisnis budidaya bawang merah varietas lokananta tentu tidak bisa dipandang sebelah mata, karena bawang merah merupakan salah satu komoditas utama, di mana hampir setiap orang dan warung makan di Indonesia membutuhkannya.

Hasil Tanam

Bibit Bawang Merah Lokananta dapat menghasilkan bobot 9-12 gram per buah, diameter 1,9 hingga 4,2 cm, dengan warna umbi merah muda merah kecoklatan setelah masa panen sekira 65 sampai 70 hari.

Jika menanamnya dengan cara yang benar, potensi hasil tanam bibit bawang merah lokananta cap panah merah bisa mencapai 17 hingga 20 ton per hektar.

Bawang Merah Lokananta

Persiapan Lahan

Persiapan lahan merupakan tahap fundamental untuk mendapatkan hasil yang optimal. Lahan yang baik tentu akan menghasilkan panen yang baik pula.

Untuk membudidayakan bawang merah varietas lokananta, hal pertama yang harus Juragan lakukan adalah mengolah tanah terlebih dahulu.

Mulai dari membersihkan rumput liar dengan cara cabut atau menyemprot dengan obat pembasmi rumput. Ingat rumput liar dapat menganggu laju pertumbuhan bawang merah.

Jika tanah sudah bersih dari rumput, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat bedengan.

Untuk bawang merah varietas lokananta untuk membuat bedengan saran menggunakan ukuran lebar sekitar 150-160 cm, dan panjang bisa menyesuaikan dengan ukuran lahan.

Akan lain urusannya apabila lahan yang akan ditanami bibit bawang merah berupa tanah liat atau tanah basah.

Jika demikian maka bedengan bisa dibuat dengan cara membuat galian parit sedalam 50 cm, tanah galian parit inilah yang kemudian diangkat untuk selanjutnya membentuk bedengan.

Selanjutnya diamkan tanah galian parit kurang lebih selama 7 hari. Tujuannya adalah agar bakteri bakteri tanah dan penyakit tanaman teroksidasi terlebih dahulu dan memberikan sirkulasi udara agar tanah akan lebih sehat.

Kesalahan umum yang kerap terjadi adalah pengolahan lahan yang terburu-buru, karena keinginan untuk panen lebih cepat.

Cara Persemaian

Siapkan wadah semai seperti baskom, lubangi bagian bawahnya, lubang tersebut bertujuan supaya air bisa keluar jika berlebihan.

Jangan lupa untuk menyiapkan media seperti tanah halus, arang sekam dan kompos dengan perbandingan yang sama. Pastikan pula media semai dalam kondisi lembab.

Lariki media secara merata, bisa menggunakan penggaris, bisa juga menggunakan jari. Jika sudah taburkan biji bawang merah Lokananta Cap Panah Merah secukupnya pada larikan tersebut.

Untuk mengurangi penguapan, tutup wadah semai dengan plastik gelap secara utuh. Jangan lupa untuk memberi lubang kecil untuk memberikan sirkulasi udara.

Setelah langkah-langkah tersebut terlaksana, biarkan selama 5 hari tanpa penyiraman. Usahakan jangan sampai terkena air hujan. Jika sudah tumbuh, buka plastik dan siramlah secara teratur.

Pindahkan bibit ke lahan setelah melewati 5 minggu persemaian.

Penanaman

Cara penanaman bibit bawang merah lokananta yang baik adalah dengan membenamkan seluruh bagian umbi ke dalam tanah. Jarak antar umbi yang ideal adalah 20 cm x 20 cm.

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman merupakan wujud kepedulian petani terhadap kualitas tanaman. Salah satu bentu pemeliharaan adalah intensitas penyiraman.

Bawang merah yang berusia kurang dari 10 hari, tentu perlu melakukan penyiraman selama rutin pada pagi dan sore hari. Jika bawang merah berusia kurang dari 10 hari, maka intensitas penyiraman bisa Juragan kurangi menjadi 1 kali penyiraman setiap hari.

Selain itu agar kebutuhan nutrisi dan unsur hara terpenuhi, tentu saja memerlukan pemupukan ketika usia tanaman bawang merah varietas lokananta telah memasuki usia 2 minggu.

Pengendalian Hama Penyakit

Penyakit tanaman bawang merah bisa muncul dengan banyaknya bakteri yang semakin tinggi pada musim hujan. Tanda tanaman terserang penyakit antara lain dengan busuknya daun atau daun yang mengering.

Apabila salah satu tanaman terkena penyakit dan dibiarkan, maka dengan cepat tanaman lainnya juga akan terkena penyakit, sehingga hal ini harus mendapatkan perhatian dan penanganan lebih lanjut.

Untuk mengatasinya bisa melakukkan penyemprotan akarisida untuk membasmi tungau dan insektisida untuk membasmi hama serangga.

Pemanenan

Juragan bisa memanen bawang merah varietas Lokananta setelah berumur 70 atau 80 hari setelah tanam. Tanaman bawang merah bisa dipanen setelah umbi bawang merah menyembul ke permukanan tanah dan daun yang merebah.

Cabut tanaman dan segera bersihkan dari segala kotoran. Agar tidak lembab, jemur hasil panen di bawah sinar matahari. Kemudian gantung atau letakkan di atas para-para. Penyimpanan dengan cara tersebut akan memungkinkan bawang merah varietas lokananta dapat bertahan antara 1 sampai 2 tahun lamanya.

Benih Bawang Merah, Lokananta, Cap Panah Merah Benih Bawang Merah, Lokananta, Cap Panah Merah

Benih Bawang Merah, Lokananta, Cap Panah Merah

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Dapatkan produknya di Shopee atau Tokopedia Toko Deeres. Atau bisa juga klik di sini.

Kabar Tani Lainnya

Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit dan Bebas Hama

Benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit merupakan salah satu bibit cabe yang masuk dalam varietas unggulan serta banyak dicari oleh petani di Indonesia....