Bibit Cabe Rawit Merah Master dan Berbagai Keuntungannya

Banyak orang, terutama petani professional merekomendasikan bibit cabe rawit merah master sebagai bibit cabai yang berkualitas. Bibit cabai rawit varietas satu ini memang mempunyai keunggulan tersendiri, misalnya saja tahan terhadap hama dan juga mudah beradaptasi dengan wilayah tertentu.

Banyak sekali petani yang menggemari produk bibit cabe rawit merah master karena hasil panennya yang maksimal dengan tipe cabai rawit merah berbentuk memanjang dan meruncing. Cabai rawit merah varietas tersebut memang banyak diminati oleh para masyarakat karena rasanya yang pedas.

Bahkan sangat cocok untuk ekspansi ke pasar-pasar karena mempunyai ketahanan pada transportasi dengan jarak jauh. Untuk ketahanan dari cabai rawit ini sekitar 6-8hari.

Bibit cabe rawit merah master mempunyai kemasan dengan berat 10 gram dan jumlah bijinya sendiri berkisar antara 1.800-2.000 biji pada setiap bungkusnya. Dengan jumlah biji tersebut, nantinya akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal.

Cara Menyemai Bibit Cabe Rawit Merah Master

Sebelum menanam bibit cabe rawit merah master tersebut, ada beberapa proses yang harus dilakukan. Salah satunya adalah menyemai bibit cabai rawit tersebut. Apa saja langkah-langkahnya? Berikut, adalah beberapa di antaranya:

1. Melakukan Perendaman Terhadap Bibit Cabe Merah Master

Sebelum Anda menyemai bibit cabe rawit merah master, Anda perlu melakukan perendaman bibit terlebih dulu. Anda dapat merendam bibit cabai rawit master tersebut ke dalam air hangat sekitar 45-50 derajat celcius kurang lebih selama 1 jam.

Selain menggunakan air hangat, Anda juga dapat merendam bibit tersebut menggunakan larutan fungisida Previcur N dengan dosis 1-2 cc per liter selama 1 jam. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mencegah serangann jamur yang biasa terjadi ketika proses perendaman bibit cabai rawit.

Setelah selesai 1 jam perendaman, Anda dapat mengangkat benih cabai rawit yang mengapun kemudian membuangnya. Jika sudah, Anda dapat meniriskan benih dan mengeringkannya menggunakan cara diangin-anginkan di atas Koran bekas.

Tujuannya adalah agar nantinya bibit cabe rawit merah master tersebut tidak lengket ketika proses penyemaiannya.

2. Proses Penyemaian Bibit Cabai Rawit Merah

Untuk penyemaiannya sendiri membutuhkan media semai, yang direkomendasikan adalah campuran dari tanah, pupuk kandang dan juga sekam bakar perbandingan 3:2:1. Selain itu, Anda juga dapat mensterilisasi media semainya terlebih dulu.

Sterilisasi tersebut caranya adalah mengukus media ataupun menjemurnya pada saat matahari sedang terik. Setelah itu anda dapat mendinginkan medianya, lalu masukkan pada wadah semai kemudian siram menggunakan air.

Wadah semai yang di gunakan dapat menggunakan kantong plastik bungkus minyak goreng, nampan plastik, gelas plastik bekas dan yang lainnya.

Bibit cabe rawit merah master tersebut dapat Anda semai secara satu persatu di dalam wadah yang telah terisi media semai. Setelah itu tutup menggunakan media semai yang sudah diayak. Setelah itu, Anda dapat menutupnya menggunakan daun pisang ataupun plastik dan siram menggunakan percikan air.

Pengenalan Bibit Cabai Rawit Master Varietas Unggul

Bibit cabe rawit merah master merupakan sebuah produk bibit cabai rawit merah dalam kemasan yang berasal dari dalam negeri, lebih tepatnya seleksi galur Cr198. Bibit cabai rawit ini mulai berbunga pada usia 38-43 hari setelah tanam dan mulai panen saat 85-90 hari setelah tanam.

Tinggi tanaman dari varietas satu ini adalah 150-160cm dengan penampang batangnya yang berbentuk bulat dan diameter batangnya 1,3-1,7cm. Warna batangnya sendiri adalah hijau keputihan dengan bentuk daun yang bulat dan lonjong. Cabai ini memiliki ukuran daun dengan panjang 8,5-9,2cm dan lebar 4,6-5,5cm.

Warna daunnya adalah hijau dengan posisi tangkai bunga yang merunduk. Bibit ini memiliki warna mahkota bunga putih dan bentuk buah yang memanjang dan meruncing. Ukuran dari buahnya sendiri adalah 6,3-7,1cm dan diameternya 1-1,2cm. ketika muda buahnya berwarna hijau kekuningan dan merah saat sudah tua.

Permukaan kulit buah dari tanaman cabai rawit merah ini halur bergelombang dan tebal kulit buahnya adalah 0,98-1,3mm dengan cita rasa yang pedas. Hasil panen dari bibit cabe rawit merah master sendiri adalah perbuahnya memiliki berat 2,4-2,7gr.

Sedangkan pertanamannya menghasilkan 600-750 buah. Sedangkan jika hasil dari buah perhektarnya adalah 32-35ton dari 110-120gr benih.

Yang menarik dari bibit cabe rawit merah master ini memiliki keunggulan varietas toleran terhadap Gemini virus dan memiliki produktivitas yang tinggi.

Penghitungan Hasil Panen Bibit Cabai Rawit Master

Setiap orang yang menanam bibit cabai rawit merah tentu saja menginginkan keuntungan dari penanaman tersebut.

Oleh karena itu, untuk hasil panen dari bibit cabe rawit merah master tersebut adalah jika dalam satu hektar lahan mampu menghasilkan 32 ton cabai rawit merah, dengan harga cabai saat ini Rp 50ribu, hasilnya adalah sekitar Rp 1,6 milyar dalam 1 hektar lahan.

Hasil tersebut tentu saja sangat besar bukan? Bahkan jika Anda memiliki lahan 1.000 meter saja keuntungannya juga sudah sangat besar. Begitupun saat Anda menanam cabai hanya di depan rumah atau di lahan yang kecil. Anda tidak perlu lagi membeli cabai ketika ingin memasak masakan yang pedas, tinggal memetiknya saja.

Keunggulan Bibit Cabai Master Dibandingkan Varietas Lain

Banyak orang yang merekomendasikan bibit cabai rawit master tentu saja ada alasannya. Salah satunya adalah keunggulan yang dimiliki oleh produk ini dibandingkan yang lainnya.

Jika Anda menggunakan bibit cabai rawit master ini mempunyai keunggulan seperti mudah untuk penyemaian dan penanamannya. Kemudian juga harganya yang terjangkau dengan hasil maksimal.

Bibit ini dapat dengan mudah beradaptasi di wilayah 50-850 dpl dan tahan pada berbagai virus serta hama. Jadi, untuk perawatannya juga cukup mudah. Yang terpenting adalah ketika penyemaian Anda perlu menyirami medianya dengan cara memercikkan air saja agar tidak terlalu lembab.

Cara Mendapatkan Varietas Master Berkualitas

Untuk Anda yang tertarik ingin membeli bibit cabe merah master, tidak perlu bingung-bingung lagi karena Anda sudah bisa mendapatkannya secara online. Caranya juga sangat mudah karena Anda dapat membelinya di Toko Deeres. Dengan demikian, akan lebih praktis dan mudah bukan?

Toko Deeres ini merupakan salah satu toko pertanian yang menawarkan berbagai jenis bibit sayur, buah dan yang lainnya. Dijamin sangat lengkap dan harganya juga terjangkau, untuk kualitasnya tidak perlu meragukannya lagi karena 100% original.

Cara pemesanannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi websitenya di tokodeeres.com atau langsung menghubunginya melalui kontak whatsapp di 081291099109. Selain itu bisa juga melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Jadi, Anda bisa lebih menghemat ongkos kirim dan mendapatkan beberapa promo menarik.

Dengan membeli bibit cabai rawit master terbaik dan unggulan secara online tentu saja akan mempermudah Anda dalam mendapatkan bibit terbaik dengan harga yang terjangkau.

Jadi, mulai sekarang jika Anda ingin mencoba budidaya cabai rawit merah yang berkualitas dan panen secara maksimal tidak perlu bingung-bingung lagi. Jangan ragu untuk menggunakan bibit cabe rawit merah master dan dapatkan hasilnya secara maksimal. Langsung hubungi Toko Deeres sekarang juga.

Kabar Tani Lainnya

Cara Memilih Bibit Cabe yang Baik Untuk Hasil Panen Maksimal

Menanam cabe merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, terlebih jika Anda menanam cabe tersebut di pekarangan rumah sendiri. Jika sudah tumbuh akan mempercantik pekarangan...