Bibit Cabe Rawit Unggul Siap Tanam Paling Murah di Tokopedia

Cabai atau cabe merupakan satu jenis buah yang sama, yang lebih merujuk pada rempah-rempah karena menjadi salah satu campuran tumis sayur atau masakan lainnya. Penjual cabe rawit di pasar memang banyak, tapi tak semuanya termasuk hasil dari bibit cabe rawit unggul siap tanam.

Kualitas suatu cabe ditentukan oleh beberapa faktor. Mulai dari bentuk, warna, ukuran, rasa dan ketahanannya. Sudah bisakah Anda menentukan mana cabe rawit yang berkualitas dan tidak?

5 Poin yang Menandakan Cabe Berkualitas dari Bibit Cabe Rawit Unggul Siap Tanam

Semua dari kita memang seharusnya memilih cabe yang benar-benar berkualitas, sehingga aman untuk konsumsi jangka panjang. Karena cabe rawit ini menjadi penguat rasa makanan paling berpengaruh.

Berikut 5 poin yang ada pada cabe rawit berkualitas.

1. Bentuk Cabe Rawit

Setiap jenis cabai memiliki bentuk yang berbeda. Anda pasti sudah hafal di luar kepala, mana cabai rawit, cabai keriting, cabai hijau dan jenis cabai yang lainnya.

Cabe rawit berkualitas tentunya merupakan hasil dari benih cabe rawit unggulan yang mana memiliki bentuk penampang batang bulat dan bentuk daunnya bulat lonjong. Sedangkan buahnya berbentuk memanjang dan bentuk ujung buahnya meruncing.

Ada dua jenis cabe rawit di pasaran yaitu cabe rawit hijau dan cabe rawit merah. Cabe rawit hijau memiliki bentuk yang lebih kecil daripada cabe rawit merah.

2. Warna Cabe Rawit

Cabe rawit merah memiliki warna merah oranye hingga merah merona setelah matang. Permukaan kulit buahnya halus bergelombang, mengandung air dan banyak biji di dalamnya.

Sementara cabe rawit hijau, seperti namanya memiliki warna hijau agak tua. Ketika dimasak, ia akan berubah warna menjadi kecoklatan. Beda dengan cabe rawit merah yang tetap merah meskipun telah dimasak dalam penggorengan.

3. Ukuran Cabe Rawit

Cabai rawit merah yang berkualitas memiliki buah dengan panjang 6,3 – 7,1 cm dan diameter sekitar 1 – 1,2 cm. Ketebalan buahnya mencapai 0,98 – 1,3 mm. Dalam satu tanaman yang dihasilkan benih cabai rawit unggul, mampu menghasilkan panen sebanyak 1,4 – 1,7 kg atau sebanyak 600 – 750 buah.

4. Rasa Cabai dari Bibit Cabe Rawit Unggul Siap Tanam

Dua jenis cabe rawit memiliki rasa yang agak berbeda. Untuk cabe rawit hijau, rasa pedasnya masih belum bisa mengalahkan cabe rawit merah. Satu cabe rawit merah saja bisa memberikan rasa pedas yang tinggi pada satu wajan sedang tumis sayuran.

Maka dari itu, cabe rawit merah kerap kali menjadi penguat rasa berbagai masakan legendaris nusantara yang terkenal pedas. Seperti, balado Minangkabau, Rendang Sumatera Barat, Pecel Jawa Timur, Seblak Jawa Barat, Sambal Mendoan khas Jawa Tengah dan lain sebagainya.

5. Tingkat Ketahanan Cabe Rawit Cukup Lama

Cabe rawit lokal kualitas rendah hanya bisa bertahan 2 – 3 hari dalam suhu ruang. Lain ceritanya dengan cabe rawit hasil dari bibit yang berkualitas, mampu bertahan selama 6 – 8 hari.

Bisa lebih lama lagi bila Anda menyimpannya dalam lemari es atau di jadikan cabe bubuk giling.

Tanam Mandiri Bibit Cabe Rawit Unggul Siap Tanam dari Master!

Kini Anda bisa menanam sendiri cabe rawit berkualitas dengan cara yang mudah dan modal hemat. Sekaligus untuk melestarikan pekarangan rumah Anda yang masih kosong.

Yuk, dapatkan segera bibit cabe rawit unggul siap tanam dari Master melalui official shop kami di Tokopedia dan Shopee. Atau juga dengan hubungi WhatsApp 0812-9109-9109 pada jam kerja!

Satu hal yang wajib Anda tahu, harga benih cabe Master ini terkenal sangat terjangkau yaitu 125 ribu/pcs. Sudah begitu, varietas Master ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan.

Kabar Tani Lainnya

15 Benih Cabe Rawit Dataran Rendah Musim Hujan Terbaik

Untuk tanam cabe rawit musim hujan, paling tidak Juragan harus pilih benih yang hasilnya besar atau tahan penyakit. Juragan tahu sendiri, menanam cabe rawit...