Cara Memilih Bibit Cabai yang Bagus dan Cara Budidayanya

Cara memilih bibit cabai yang bagus sangat penting untuk diperhatikan, terutama untuk para pemula yang ingin menanam cabe di rumah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena memilih bibit cabai yang bagus tersebut cukup mudah.

Tidak dapat dipungkiri jika bibit cabai ikut menentukan hasil panen dari cabai tersebut. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan bibit yang berkualitas agar hasil panennya banyak, meskipun itu hanya di rumah.

Selain memberikan hasil cabai yang banyak, dengan bibit cabai yang berkualitas juga akan membuat buah cabai dan tanamannya subur dan bagus.

Cara Memilih Bibit Cabai yang Bagus dan Berkualitas

Sebenarnya memilih cabai yang berkualitas menjadi fokus utama yang perlu diperhatikan. Namun, tidak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas tentang cara memilih bibit cabai yang bagus dan berkualitas. Berikut, beberapa di antaranya:

1. Memilih Bibit Dari Indukan Cabai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan tentu saja memilih bibit yang berasal dari indukan cabai, terutama indukan unggulan dalam kondisi kuat dan juga sehat. Indukan tersebut dapat mengambil dari tanaman cabai yang masuk panen ketiga.

Tanaman cabai sendiri dapat dipanen lebih dari 3 kali dalam satu tahun. Sehingga, Anda harus benar – benar memastikan jika bibit tersebut berasal dari indukan cabai yang sudah lebih dari panen ketiga.

2. Pilih Buah Cabai Terbaik

Anda juga dapat memilih bibit cabai unggul dengan memilih buah cabai yang mempunyai kualitas bagus. Hal tersebut bisa terlihat dari kondisi fisik dari bibit cabai tersebut.

Setelah itu, biarkan cabai tersebut mongering serta menua dengan sendirinya. Jika sudah kering, nantinya Anda bisa mengambil bijinya untuk disemai.

Cara Menanam Bibit Cabai Agar Hasilnya Maksimal

Dalam proses satu ini, Anda dapat membelah buah cabai yang sudah mengering. Pada saat membuat bibit cabai tersebut, Anda dapat memisahkan biji cabai dengan kulit buahnya. Lalu, ambil biji cabai yang menempel di bagian tengah.

Untuk proses selanjutnya adalah pembuatan benih cabai tersebut sebelum akhirnya menanamnya. Caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu membersihkan bibit cabai tersebut.

Setelah itu, Anda dapat merendam biji cabai tersebut ke dalam air hangat kulu kemudian tunggu hingga 1 – 3 jam. Jika sudah, Anda bisa mengambil bibit yang tenggelam karena bibit terapung bukan bibit berkualitas.

Cara memilih bibit cabai yang bagus juga sangat penting karena dalam satu buah tentu saja ada yang tidak memenuhi persyaratan cabai yang berkulitas dalam kemasan karena lebih praktis.

Jika Anda sudah mengambil bibit cabai berkualitas, Anda bisa menanam atau menyemainya di polybag setelah itu bisa dipindah dimanapun. Dan yang terakhir adalah siram secara teratur bibit tersebut agar tanaman menjadi lebih fresh.

Jadi, demikian beberapa cara memilih bibit cabai yang bagus untuk memberikan hasil maksimal pada hasil panen. Bibit tentunya begitu penting untuk diperhatikan karena ikut menentukan hasil dari panen itu sendiri.

Dapatkan Benih Cabe Kualitas Unggul Hanya Disini!

Jika Anda sedang mencari bibit cabai yang bagus dan berkualitas, saat ini sudah sangat praktis karena Anda bisa membelinya secara online. Produknya sendiri adalah bibit cabai Master yang mana menjadi unggulan dari para petani.

Produk bibit cabai Master ini juga merupakan salah satu produk bibit tanaman yang sudah terbukti memberikan hasil maksimal. Selain itu juga menjadi lebih tinggi. Karena kualitasnya unggulan, berasal dari dalam negeri dengan galur Cr198.

Jadi, untuk Anda yang ingin membeli bibit cabe Master, bisa langsung mengunjungi websitenya di tokodeeres.com. Selain itu juga dapat melalui kontak whatsaapnya di nomor 081291099109.

Anda juga bisa menggunakan Tokopedia dan Shopee sehingga lebih hemat ongkos kirimnya. Jadi, mulai saat ini tidak perlu bingung lagi karena dengan cara memilih bibit cabai yang bagus dan berkualitas tentunya akan memberikan hasil yang lebih maksimal juga.

Kabar Tani Lainnya

Beli Bibit Cabe Rawit Master Original dan Tepercaya? Di Sini Tempatnya!

Jika Anda ada pada posisi bingung mencari ide untuk usaha jangka panjang. Maka beli bibit cabe rawit master adalah solusi yang tepat. Cabe rawit...