Cara Menanam Bawang Merah Agar Hasil Optimal

Pembahasan kali ini adalah tentang Cara Menanam Bawang Merah yang banyak petani Indonesia lakukan. Banyak yang bingung tentang bagaimana menanam melalui benih sehingga hasil optimal. Sebetulnya caranya cukup sederhana dan mudah. Tanpa banyak panjang lebar, mari simak cara menanam bawang merah melalui bedeng semai.

Kebutuhan Benih Bawang Merah per Hektar

Sebelum masuk pada cara menanam bawang merah, ada baiknya Juragan memastikan jumlah kebutuhan benih. Kenapa judul artikel ini menggunakan contoh perhitungan per hektar? maksudnya adalah agar Juragan mudah memperkirakan kebutuhannya. Maka kebutuhan benih bawang merah per hektar adalah 100 kg benih. Selanjutnya Juragan tinggal membaginya luas lahan.

Agar mendapatkan harga yang lebih murah, kami sarankan Juragan membeli benih kemasan lebih besar seperti kemasan 50 gram yang memiliki harga 150 ribuan.

cara menanam bawang merah

Pembibitan Benih Bawang Merah Melalui Bedeng Semai

Cara menanam bawang merah yang perlu diperhatikan lainnya adalah mempersiapkan dan gunakan tudung semai pada bedengan, hal ini bertujuan melindungi persemaian dari curah hujan penyebab tumbuhnya gulma dan penyakit.

Masuk ke persiapan pembibitan, siapkan lahan yang sudah terbajak serta telah menjadi bedengan. Selanjutnya pada atas bedengan, taburi dengan sekam padi, gunakan ketebalan sekam tersebut sekitar 20 cm.

Setelah sekam padi terbentuk, bakarlah sekam tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat tekstur tanah kering dan remah. Fungsi lain adalah meminimalisir pertumbuhan gulma serta serangan patogen dari dalam tanah.

Namun apabila tekstur tanah Juragan sudah memiliki tekstur remah alami, tidak perlu melakukan cara diatas ya..

Siapkan benih bawang, bisa Juragan simak produknya klik disini .

Semai Benih Bawang Merah

Selanjutnya, bedengan yang kering dan renyah tersebut dengan membuatkan alur dengan jarak antar alur 10 cm. Satu meter persegi membutuhkan 10 gram benih. Benih yang telah tertanam, sebaiknya tutup dengan karung selama tiga hari, agar merangsang pertumbuhan dengan lebih cepat.

Setelah itu, jaga kondisi lahan untuk tetap lembab dan tidak terlalu kering dengan cara menyiram. Setelah 5 hari semai, bersihkan lahan dari gulma dan terus pantau pertumbuhan bibit bawang merah agar tetap tumbuh sehat.

Cukup sekian artikel dari Toko Deeres tentang cara menanam bawang merah yang kami sarankan. Apabila Juragan memiliki pertanyaan atau kesulitan lain, silakan hubungi tim kami. Konsultasikan secara gratis dengan menekan tombol whatsapp pada pojok kanan bawah layar anda.

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Kabar Tani Lainnya

Cari Mesin Semprot Pertanian Murah, Cek Harga Sprayer Elektrik Robot

Toko Deeres - Harga sprayer elektrik Robot di pasaran cukup murah, yakni berkisar antara 400 ribuan sampai dengan 500 ribuan rupiah. Dapatkan harga sprayer...