Cara Menanam Bunga Mawar Untuk Memperindah Halaman Rumah

Cara menanam bunga mawar sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja memerlukan kesabaran saat merawatnya. Ulasan ini akan memaparkan secara lengkap tentang cara menanam mawar serta apa saja manfaat dari bunga mawar. Simak penjelasannya berikut ini.

2 Cara Menanam Bunga Mawar

Memiliki halaman yang indah dan penuh dengan bunga memang idaman setiap orang. Apalagi jika bunga tersebut beraneka jenis dan warna. Bunga yang sering ada di halaman rumah dan merupakan pilihan banyak orang adalah bunga mawar.

Secara garis besar, bunga mawar memiliki 3 jenis yakni, wild rose, old golden rose serta modern golden rose. Tiga jenis ini mempunyai warna, ciri dan khas yang berbeda-beda.

Menanam bunga mawar tidak memerlukan keahlian khusus namun memerlukan perawatan yang ekstra. Supaya tanaman bunga mawar tidak terkena hama dan penyakit. Berikut adalah 2 cara menanam bunga mawar yang mudah dan cepat berkembang.

  • Menanam bunga mawar menggunakan pot

Bila ingin menanam bunga dalam pot maka persiapkan terlebih dahulu perlengkapannya. Bahan dan perlengkapannya seperti pot, media tanam serta bibit bunga mawar. Gunakan pot dengan ukuran besar serta memiliki pori-pori. Hal ini bermanfaat untuk kelancaran sirkulasi air dan suplai makanan.

Baca juga : Hand Sprayer Tanaman Manual CBA – 2 Liter

Media tanam yang baik dan cocok untuk bunga mawar yaitu campuran antara pasir, tanah serta pupuk kandang. Perbandingannya adalah 1:1:1. Apabila media telah siap maka tanam bibit bunga mawar dalam pot. Jangan lupa untuk meletakkan pot pada tempat yang terkena cukup sinar matahari dan lakukan penyiraman secara rutin.

  • Cara menanam bunga mawar dengan stek

Penanaman mawar dengan cara stek lebih mudah daripada menggunakan biji atau benih. Karena dengan cara ini dapat menumbuhkan tunas bunga mawar melalui ruas batangnya. Pada cara menanam bunga mawar dengan menggunakan stek tidak memerlukan waktu tumbuh yang lama seperti halnya biji.

Bunga mawar yang proses tanamnya menggunakan biji membutuhkan waktu selama 60 hari sampai tumbuh tunas baru. Karena itulah lebih baik menanam bunga mawar menggunakan stek batang daripada biji atau benih.

Baca juga : Benih Bunga Marigold – ALIKA F1 – 100 Btr – Cap Panah Merah

Penggunaan bahan serta alat pada cara menanam bunga mawar dengan stek yaitu air, gunting khusus, media tanam, wadah untuk tumbuh. Bila perlu siapkan larutan pupuk khusus tanaman hias.

Untuk melakukan stek pada bunga mawar dapat dengan cara memotong batang mawar dengan ukuran 15 cm memakai gunting khusus. Jika terdapat daun pada batang, potonglah daun tersebut. Selanjutnya rendam batang tersebut dalam larutan pupuk selama kurang lebih 1 jam lalu tanamlah bibit pada media tanam yang ada.Cara Menanam Bunga Mawar dengan Stek

Sebaiknya letakkan mawar pada tempat yang cukup sinar matahari dan tidak terkena sinar langsung. Hal ini dilakukan agar daun mawar yang nantinya tumbuh tidak terbakar atau tumbuh kering.

Selain itu lakukan juga perawatan dengan cara menyiram mawar secara rutin. Membuang gulma jika ada serta memupuk tanaman bunga mawar agar cepat berkembang.

Baca juga : Benih Bunga Marigold – GOLDEN BLOOM F1 – 100 Btr – Cap Panah Merah

  • Manfaat Bunga Mawar

Kembang mawar tak hanya cantik dan wangi tapi bunga ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh dan kecantikan. Dapatkan manfaat bunga mawar dengan cara mengkonsumsi kelopak atau kuncup mawar dalam bentuk teh. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  1. Kaya antioksidan
  2. Dapat mengatasi nyeri haid
  3. Meningkatkan imun tubuh
  4. Teh dari kelopak atau kuncup mawar dapat membantu meredakan stress
  5. Membantu menyehatkan jantung
  6. Bisa mengobati penyakit organ hati
  7. Dapat mengatasi demensia
  8. Mengurangi dehidrasi
  9. Menyehatkan sistem pencernaan.

 

Setelah mengetahui manfaat dan cara menanam mawar dengan mudah, silakan coba menanam bunga ini untuk menambah keindahan halaman rumah. Tetaplah ingat untuk merawat bunga mawar ini agar tetap tumbuh dan berkembang.

Kabar Tani Lainnya

Tomat Gustavi F1, Rajanya Cap Panah Merah

Jika menggunakan varietas selain Gustavi F1, biaya produksi per pohon bisa mencapai 4ribu rupiah per pohon