Butuh bantuan?

Cara Menanam Seledri dari Biji dan Sisa Akar di Polybag

Daftar akun dan nikmati manfaatnya

Banyak orang belajar cara menanam seledri, sebab tanaman ini tidak sekedar menjadi bahan makanan, tetapi juga orang gunakan untuk tanaman obat. Seledri memiliki nama latin Apium graveolens dan termasuk keluarga umbelliferae.

Seledri terbukti memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Bahkan, orang-orang yang tidak memiliki pekarangan atau lahan yang luas tetap dapat menanam seledri dari biji atau sisa akar di polybag.

Memahami Kriteria Cara Menanam Seledri

Cara Menanam Seledri dari Biji dan Sisa Akar di Polybag

Kamu dapat mengenal seledri dengan mudah. Tanaman ini memiliki aroma khas  dengan bentuk daun yang unik. Daun seledri tampak majemuk, lebar, dan tipis. Sedangkan, buah seledri berwarna gelap.

Sebelum menanam, kamu harus memahami kriteria tertentu, seperti habitat yang cocok untuk menanam seledri, jenis-jenis seledri, sampai keuntungan menanam seledri. Tujuannya agar proses budidaya dapat berjalan optimal.

1. Habitat Seledri

Seledri tumbuh optimal di dataran tinggi, yakni pada ketinggian 1.000 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi, seledri juga toleran kamu tanam di dataran rendah, meskipun membutuhkan perawatan secara ekstra.

Tanaman ini juga tumbuh di tanah gembur yang memiliki banyak nutrisi. Sedangkan, pH tanah yang tepat sebesar 5,5 sampai 6,5. Pada umumnya, seledri kurang tahan terhadap curah hujan yang tinggi, tetapi tetap membutuhkan tanah yang lembab.

2. Jenis-Jenis Seledri

Cara menanam seledri juga tergantung jenis atau varietasnya. Tanpa kamu sadari terdapat jenis-jenis seledri yang dikonsumsi. Pertama adalah seledri daun yang paling banyak masyarakat budidayakan di Indonesia. Seledri daun dipanen daun dan batangnya.

Kedua, seledri tangkai kerap petani panen bagian batangnya. Seledri ini memiliki ciri khusus, yakni mempunyai tangkai daun besar dengan aroma yang segar. Biasanya, kamu menemukan seledri tangkai sebagai komponen salad.

Ketiga adalah seledri berumbi. Seperti namanya, seledri ini memiliki umbi di permukaan tanah. Meski demikian, bagian yang dipanen adalah daun. Sedangkan, umbinya bisa kamu gunakan untuk membuat semur, sup, atau schnitzel.

3. Keuntungan Seledri

Berdasarkan penelitian, akar, batang, daun, dan biji seledri memiliki beragam manfaat. Misalnya membantu menurunkan kolesterol, meredakan radang, menjaga kesehatan liver, dan lain-lain. Pasalnya, seledri mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, antioksidan, folat, kalium, dan kalsium.

Seledri juga memiliki prospek yang menjanjikan. Patokan harga seledri berkisar Rp5.000 sampai Rp10.000 per kilogram. Sebagai gambaran, dengan lahan 1.680 meter persegi, seledri dapat menghasilkan keuntungan hingga Rp8 juta per siklus.

Cara Menanam Seledri dari Biji

Pada umumnya, terdapat dua cara untuk menanam seledri, yakni secara generatif melalui biji atau secara vegetatif melalui potongan akar. Menanam seledri dengan biji lebih cocok kamu terapkan untuk budidaya dalam skala besar, termasuk menanam seledri di polybag.

Seperti dilansir Detik, seorang petani seledri asal Probolinggo bernama Fatkhurrahman memanfaatkan gang sempit seluas 1,5 meter untuk budidaya seledri dengan polybag. Setiap bulan, Fatkhurrahman memperoleh keuntungan 5 hingga 7 juta. Lantas, bagaimana cara menanam tanaman seledri dari biji?

1. Mengolah Media Tanam

Tahukah kamu seledri tumbuh optimal di tanah gembur dengan kandungan nutrisi yang melimpah? Oleh karena itu, media tanam berasal dari campuran tanah, kompos, dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Media tanam juga harus kamu ayak untuk mendapat hasil yang optimal.

Dalam prosesnya, perhatikan media tanam baik-baik agar terbebas dari hama atau penyakit.

2. Memilih Benih untuk Penyemaian

Benih seledri dapat kamu beli di toko pertanian. Benih kemudian kamu rendam di air hangat selama 1 jam untuk merangsang perkecambahan. Di sisi lain, siapkan wadah dan media tanam, seperti baki dengan campuran tanah dan kompos yang telah kamu ayak.

Dalam hal ini, kamu dapat membuat alur untuk proses penyemaian. Siram secara rutin untuk menjaga kelembaban. Benih kemudian akan berkecambah menjadi bibit seledri. Bibit dapat dipindahkan setelah memiliki 3 hingga 4 helai daun atau berumur 1 bulan.

3. Pemindahan Bibit

Cara menanam seledri berikutnya adalah proses pemindahan bibit. Proses ini membutuhkan polybag dengan ukuran sedang. Isi polybag dengan media tanam yang disiapkan.

Sebelumnya, buat lubang pada tanah hingga bibit dapat ditanam sempurna. Jangan lupa memadatkan media tanam seledri tumbuh secara tegap.

4. Perawatan Seledri

Pada awalnya, bibit membutuhkan penyiraman setiap pagi dan sore. Namun, setelah 1 minggu, frekuensi penyiraman dapat dilakukan sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Kamu dapat memberi pupuk organik cair sebagai pupuk susulan. Biasanya, 1 mililiter pupuk organik cair dapat diencerkan dengan 1 liter air. Pemupukan dapat dilakukan 1 atau 2 minggu sekali.

5. Masa Panen

Panen pertama dapat dilakukan saat berumur 1 sampai 3 bulan.  Dalam hal ini, seledri tampak rimbun dengan banyak anakan. Kemudian, panen dapat dilakukan berkali-kali, di mana tetap tergantung pada jenis seledri yang kamu tanam.

Panen sebaiknya kamu lakukan dengan cara khusus, yakni memotong pangkal batang secara berkala. Frekuensi panen dilakukan 1 sampai 2 minggu sekali hingga seledri tidak lagi produktif.

Cara Menanam Seledri dengan Sisa Akar

Tidak seperti menanam dari biji, menanam seledri dari sisa akar cocok dipraktikkan untuk budidaya dalam skala kecil, khususnya menanam di pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Cara ini dapat dilakukan jika kamu memiliki tanaman seledri sebelumnya, seperti sisa potongan akar yang tidak dimasak.

1. Mengolah Media Tanam

Ternyata, menanam memakai akar tidak membutuhkan proses penyemaian. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan media tanam di polybag. Selain itu, media tanam tidak berbeda dengan menanam seledri dari biji.

Seledri pada umumnya membutuhkan media tanam yang gembur dan kaya material organik. Media tanam juga harus mendapat pasokan air yang stabil.

2. Memotong dan Menempatkan Akar di Air

Untuk mendapat hasil terbaik, pilih seledri yang segar. Sebaiknya, potong ujung akar hingga 5 sentimeter. Kemudian, letakkan potongan akar di wadah berisi air. Dengan bantuan tusuk gigi, pastikan ujung akar menyentuh air, tetapi batang seledri tidak terendam.

Letakkan wadah tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa jam sebelum kembali kamu letakkan di tempat teduh. Jangan lupa untuk mengganti air secara berkala. Setelah 1 minggu, akan tumbuh akar dan daun-daun kecil hingga tampak tunas seledri yang baru.

3. Pemindahan Tanaman Seledri

Saat akar telah tumbuh sepanjang 2 sentimeter, seledri dapat dipindah di polybag. Jika tidak, seledri akan membusuk. Pindahkan dengan hati-hati agar akar tidak mengalami kerusakan. Media tanam juga harus dijaga lembab, tetapi tidak terlalu basah.

Cara menanam seledri juga harus memerhatikan asupan air, nutrisi, dan cahaya yang tepat, khususnya di awal proses pemindahan agar seledri dapat beradaptasi.

4. Proses Perawatan dan Panen

Proses perawatan sebenarnya dilakukan seperti menanam seledri dari biji. Selain itu, menanam seledri di polybag jarang terkena hama atau penyakit. Akan tetapi, kamu dapat menggunakan pestisida organik untuk mengendalikan keduanya.

Kemudian, tunggu hingga seledri tampak rimbun untuk dipanen secara berkala.

Demikian cara menanam tanaman seledri, baik dari biji atau potongan akar. Dalam hal ini, kamu tidak membutuhkan lahan yang luas, sebab seledri dapat dibudidayakan di polybag. Dengan demikian, cara menanam seledri menjadi praktis dan efisien.

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

KATALOG PRODUK

Panen Lebat! Benih Cabe Rawit Dewata 43 F1 Cap Panah Merah

DEWATA 43 F1 merupakan cabai rawit hibrida yang direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi.

Harga Semprot Sawah Elektrik Daiho Terjangkau, Cek Spesifikasinya

Toko Deeres - Untuk harga semprot sawah elektrik Daiho memang pas untuk skala lahan sawah yang luas. Dengan harga terjangkau, para petani bisa menghemat...

Variasi Kisaran Harga Tabung Semprot Rumput Berkualitas

Toko Deeres - Melakukan pengecekan harga adalah hal yang wajar, tak terkecuali terkait kisaran harga tabung semprot rumput. Ada banyak varian merek dan kualitas...

Daftar Harga Mesin Semprot Hama untuk Pertanian

Toko Deeres - Untuk haftar harga mesin semprot hama untuk pertanian beragam dari berbagai merek seperti Tasco, Honda, dan sebagainya. Penggunaan alat semprot dengan...

5 Peralatan Hidroponik Untuk Pemula

Apakah anda sedang mencoba menanam untuk pertama kali namun bingung dengan cara tanamnya? Apalagi lahan lokasi anda menanam terbatas, dan akhirnya menjadi halangan anda untuk belajar menanam. Pastinya akan susah kan menanam untuk pemula seperti anda?

Harga Sprayer Elektrik Swan F16 Cukup Terjangkau, Begini Kualitasnya

Toko Deeres - Terkait harga sprayer elektrik Swan F16, biasanya orang akan mengecek harga juga sebelum membelinya. Untuk harganya Anda bisa mengeceknya di toko-toko...

List Harga Alat Semprot Padi dengan Kualitas Bagus

Toko Deeres - Harga alat semprot padi terjangkau dengan kualitas baik, bisa Anda dapatkan di pasaran. Kini sudah banyak toko pertanian online yang tumbuh...

Panex 100 F1 Benih Cabe Besar, Siap Panen Ekspres

Inilah benih cabe varietas Panex 100 F1. Benih cabe yang gak bikin panik petani cabe karena memiliki potensi hasil panen yang bagus. Selain itu nama Panex yaitu berasal dari singkatan dari panen express, alias panen cepat. 

Kenali Beberapa Jenis Alat untuk Semprot Pertanian

Toko Deeres - Ada beberapa jenis alat untuk semprot pertanian yang dipakai petani dari waktu ke waktu. Nah, alat penyemprot pertanian ini membantu petani...

Kelebihan Tangki Yokohama 18 Liter

Toko Deeres - Perkembangan pada sektor pertanian memberikan kemajuan pada bidang sarana dan prasarananya, salah satunya adalah tangki Yokohama. Tangki ini merupakan produk peralatan...

Harga Alat Semprotan Pestisida Terbaru dan Terjangkau

Toko Deeres - Beberapa masyarakat tentu akan mencari tahu terkait harga alat semprotan pestisida sebelum membeli. Maka bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai...

Cara Menanam Bunga Matahari yang Benar, Ikuti Tips Berikut!

Cara menanam bunga matahari sangat mudah dan praktis. Tanaman dengan daun lebar ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Kegunaan bijinya juga banyak. Bunga matahari berukuran...

Harga Tangki Semprot Sprayer Elektrik Terbaik

Dengan harga sprayer Yokohama mencapai Rp 600ribuan anda bisa menikmati semprotan mantap tanpa capek memompa secara manual.

Harga Pompa Elektrik CBA: Pompa Elektrik untuk Pertanian Terjangkau

Toko Deeres- Untuk mendapatkan harga pompa elektrik CBA dengan harga yang tepat pastikan untuk memilih toko pertanian yang jujur. Anda bisa menemukannya lewat toko-toko...

Ini Dia.. Primadona Cabe Besar, Gandewa F1

Ini dia benih cabe besar asli Cap Panah Merah yang sudah terbukti kualitas dan selera pasarnya. Benih cabe besar varietas Gandewa F1 adalah primadona cabe besar atau sering disebut cabe sayur.

Daftar Harga Semprotan Gendong untuk Pertanian

Toko Deeres - Daftar harga semprotan gendong untuk pertanian beragam dari berbagai merek seperti Yokohama, Tasco, dan sebagainya. Penggunaan alat semprot dengan jenis gendong...

Harga Semprot Elektrik CBA Terjangkau dengan Kualitas Baik

Toko Deeres - Harga semprot elektrik CBA di berbagai wilayah Indonesia bervariasi. Namun, kisaran harganya tidak begitu berbeda jauh, pasalnya harga tersebut tergantung tokonya....

Flash 750, Tanam Cabe Keriting Tahan Penyakit

Benih cabe flash 750 ini termasuk tahan terhadap hama thrips. Selain itu juga sudah terdapat fitur kekurangan kalsium. Sudah banyak petani yang membuktikannya. Tanyakan untuk ketersediaan produk untuk pemesanan. Sebelum beli, mari simak penjelasan lengkapnya.

Dapatkan Harga Alat Semprot Sawah dengan Harga Terjangkau

Toko Deeres - Harga alat semprot sawah yang tersebar di toko-toko pertanian sangat beragam. Selain tokonya, yang mempengaruhi harga alat semprot yakni pada merek...

Tips dan Cara Penggunaan Sprayer Tangki Yokohama 18 Liter

Toko Deeres - Cara menggunakan sprayer tangki Yokohama 18 liter agar awet cukup mudah dan simpel. Yang paling utama Anda lakukan adalah dengan menggunakan...