Cara Tanam Cabe Rawit Master Lengkap sampai Pupuknya!

Cabe Master termasuk dalam benih unggul sehingga untuk menanamnya tidak membutuhkan cara-cara yang ribet. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara tanam cabe rawit master. Cara tanam cabe rawit ini mulai dari pembibitan, persiapan lahan, pemupukan, hingga perawatannya. Silakan Juragan ikuti.

  • Pembibitan

Cara tanam cabe rawit dari biji diawali dengan pembibitan. Media semai yang bisa Juragan gunakan untuk pembibitan bisa menggunakan tanah dan pasir dengan perbandingan 2:1 saja. Ini saja sudah cukup.

Media semai ini sebaiknya Juragan letakkan dalam rak yang di atasnya ada naungan plastik transparan. Bila sungkup atau naungan yang Juragan punya pendek, maka 10 hari sebelumnya bibit harus mendapatkan sinar matahari penuh.

Penyemaian Juragan lakukan dengan memasukkan setiap benih dalam media semai sedalam 0,5 cm. Lalu Juragan tutup tipis-tipis dengan tanah halus atau abu.

Baca juga : Kelebihan Benih Master, Solusi Varietas Cabe Terbaik di Kelasnya!

Selama benih di persemaian, jangan lupa lakukan penyiraman dan pengendalian OPT. Juragan bisa menggunakan insektisida dan fungisida setengah saja dari dosis anjuran. Jika tidak ada hama dan jamur, maka tidak perlu lakukan penyemprotan.

Setelah muncul 5 helai daun sempurna, bibit cabe Master sudah bisa pindah tanam.

  • Persiapan Lahan

Lahan harus Juragan siapkan 10 hari sebelum masa tanam. Bila tanah masih asam, berikan kapur dolomit dengan dosis 4-5 ton per hektar.

Setelah itu bajak tanah sedalam 30-40 cm sekaligus membersihkan gulma. Selanjutnya Juragan bisa aplikasikan kompos sebanyak 30-50 ton per hektar.

Untuk pembuatan bedengan bisa dengan lebar 110-120 cm dan tinggi 30-40 cm. Sedangkan jarak antar bedengnya adalah 60-70 cm. Itu disarankan bila di musim kemarau. Bila di musim hujan bedengan ditinggikan menjadi 50-60 cm dan jarak antar bedengnya menjadi 70-80 cm.

bedengan cabe master

Setelah bedengan jadi, berikan pupuk dasar Urea atau ZA sebanyak 500 kg, SP 36 300 kg, dan KCl 200 kg untuk dosis satu hektar. Lalu taburkan 100 gram per meter setelah pupuk tadi tercampur.

pupuk cabe master

  • Penanaman

Menanam bibit cabe rawit paling baik Juragan lakukan pada pagi atau sore hari. Sehari sebelumnya, lahan diairi bersamaan dengan pembuatan lubang tanam pada mulsa. Cara tanam cabe rawit setan ini cukup Juragan tanam saja bibit cabe master sebatas leher akar atau pada pangkal batang. Setelah itu siram secukupnya.

  • Pemupukan

Fase Vegetatif

Pupuk yang Juragan butuhkan pada fase vegetatif adalah NPK 16:16:16 atau 30-20-10 sebanyak 10 gram per liter. Di sini, unsur N diberikan dalam jumlah yang banyak untuk mendukung pertumbuhan akar, daun, dan tunas.

Cara pengaplikasiannya dengan cara kocor pada tanaman sebanyak 250 cc atau setara dengan 1 gelas air mineral. Pupuk ini Juragan berikan saat tanaman berusia 15 HST.

Lihat juga : Mantap Bosku! Pembuktian Benih Cabe Rawit Master di Jawa Timur

Fase Generatif

Gunakan pupuk NPK 16:16:16 atau 10-20-30 sebanyak 10-15 gram per liter. Pada fase generatif, unsur P dan K Juragan berikan lebih banyak daripada unsur N karena pertumbuhan tanaman fokus pada pembentukan bunga dan pembuahan.

Pengaplikasiannya dengan cara kocor pada tanaman sebanyak 250 cc. Pupuk fase generatif ini Juragan berikan saat tanaman berusia 30 HST.

Pada usia 50 dan 115 HST berikan pupuk lagi dengan NPK 16:16:16 atau 20-20-30 sebanyak 7,5 gram saja per tanaman. Berbeda dengan cara tadi, pemupukan pada fase ini Juragan berikan dengan cara tugal.

Ulangi pemupukan tiap 10-14 hari sekali tergantung kondisi tanaman.

Baca juga : 4 Jenis Pengairan Tanaman Cabe Musim Kemarau

  • Pemangkasan

Pruning atau pemangkasan adalah cara tanam cabe rawit agar berbuah lebat. Pemangkasan Juragan lakukan pada pucuk tanaman agar percabangannya semakin banyak. Dengan begitu, hasil panen Juragan bisa lebih banyak. Pemangkasan ini dapat Juragan lakukan pada kurang lebih 30 HST ketika muncul bakal bunga.

 

Itu tadi Juragan tahapan lengkap cara tanam cabe rawit master. Semoga Juragan bisa kembali panen raya cabe rawit di musim besok dengan cabe rawit Master yang besar potensi hasilnya.

 

Benih cabe rawit Master bisa didapatkan lewat Whatsapp 0812-9109-9109 atau di Shopee dan Tokopedia. Amankan stoknya Juragan!

Kabar Tani Lainnya

Sprayer Yokohama 18 Liter, Alat Semprot Hama Otomatis Berkualitas

Toko Deeres - Salah satu alat semprot elektrik di sektor pertanian dengan kualitas bagus adalah Yokohama 18 liter. Produk Yokohama kapasitas 18 liter ini...