Harga Benih Cabe Rawit Naik, Ini Penyebabnya!

Kelancaran usaha pertanian tidak hanya ditentukan oleh kualitas lahan sebagai media tanamnya. Tetapi juga harga benih, pupuk dan alat-alat pertanian yang menjadi kebutuhan krusial. Misalnya saja saat Anda bertani cabe rawit, harga benih cabe rawit saat Anda membeli juga turut memperhitungkan untung dan ruginya.

Benih cabe rawit yang bagus dan telah lulus uji quality control biasanya sudah dalam kemasan benih siap pakai. Anda tak perlu ribet seperti ketika Anda mencoba membuat benih cabe rawit sendiri dari biji buahnya atau semacamnya.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Bertanya Tentang Harga Benih Cabe Rawit Terbaru!

Toko tani yang menjual benih cabai rawit di tiap kota tidak sebanyak seperti toko pakaian atau toko Sembako. Sebab keberadaan toko tani ini menyesuaikan dengan lokasi dan mata pencaharian utama masyarakat sekitarnya.

Contohnya, pada dataran tinggi dengan mayoritas penduduknya adalah buruh tani maka biasanya di sana ada banyak toko tani sebab besar peluangnya untuk meraup keuntungan. Sedangkan pada dataran rendah yang mayoritas penduduknya adalah nelayan tentu akan ada lebih banyak toko yang menjual alat-alat nelayan daripada toko tani yang menjual benih cabai.

Nah, bila Anda berada di dataran tinggi yang kualitas tanahnya subur dan cuacanya mendukung, yuk jangan berpikir lama untuk menanam cabe rawit!

Tapi, sebelumnya pastikan Anda memperhatikan hal-hal di bawah ini sebelum bertanya tentang harganya!

1. Cari Tahu Harga Cabe Terbaru

Harga cabe terbaru biasanya ikut berpengaruh pada harga benihnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengeceknya langsung di pasar tradisional atau searching di mesin pencarian ternama atau internet.

Harga cabe rawit bisa berubah sewaktu-waktu karena banyak hal. Pastikan Anda tidak hanya mengeceknya satu kali, namun beberapa kali dalam rentang waktu minimal satu minggu sebelum pembelian misalnya.

Jika dalam satu minggu itu harganya terus naik maka bisa dipastikan hari dimana Anda akan membeli juga diprediksi naik. Begitu pun sebaliknya, bila harganya sedang turun maka Anda punya kesempatan untuk membeli lebih banyak benih cabe rawit.

2. Jenis Cabe Rawit yang Akan ditanam

Ada dua jenis cabe rawit yang kita kenal selama ini. Pertama, cabe rawit hijau yang memang warnanya hijau meskipun sudah matang. Berukuran lebih kecil daripada jenis cabe rawit yang lainnya.

Cabe rawit hijau ini biasa di manfaatkan untuk camilan bersama gorengan atau mendoan khas Banyumas, isian acar dan hiasan tumpeng atau semacamnya.

Kedua, cabe rawit merah yang menjadi primadona di pasar tradisional. Sebab cabe rawit yang satu ini sangatlah multifungsi, bisa dipanen saat belum masih hijau yang fungsinya sama dengan cabe rawit hijau. Lebih utama dipanen setelah matang untuk campuran bumbu, sambal, cabe bubuk atau lainnya.

Oleh karena itu, jangan heran jika harga benih cabe rawit merah bisa di atas cabe rawit hijau. Karena memang secara peruntukannya lebih kompleks cabe rawit merah.

Harga Benih Cabe Rawit Master, Solusi Hemat untuk Petani Pemula!

Ketika Anda baru akan memulai usaha pertanian cabe rawit, maka alangkah baiknya jika Anda memilih harga benih cabe rawit yang paling murah tapi kualitasnya bagus seperti benih cabe rawit Master.

Produk hasil karya anak negeri ini merupakan hasil inovasi perkawinan silang antara varietas cabe lokal yang kualitas dan rasanya sudah terbukti!

Tersedia kemasan ekonomis ukuran 10 gram, dalam kemasannya sudah di lengkapi dengan karakteristik dan cara penyemaiannya untuk memudahkan langkah Anda dalam menanam cabe rawit. Untuk harga bibit cabe rawit Master sendiri 125 ribu/pcs. Murah bukan?

Yuk, pesan sekarang juga di Shopee atau Tokopedia sebelum kehabisan!

Kabar Tani Lainnya

Cara Tanam Cabe Rawit Master Lengkap sampai Pupuknya!

Cabe Master termasuk dalam benih unggul sehingga untuk menanamnya tidak membutuhkan cara-cara yang ribet. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara tanam cabe rawit master....