Jagung Manis Talenta F1 Pertiwi, Benih Hibrida Tahan Roboh

Benih jagung Talenta merupakan golongan varietas hibrida silang tunggal. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai medium dengan ketinggian 150 hingga 650 mdpl.

Klik produknya disini

Jagung Manis Talenta F1 ini merupakan salah satu benih favorit petani, keunggulan dari benih ini antara lain yaitu, jumlah produksi yang tinggi, tahan penyakit karat daun dan bulai.

Tanaman jagung yang pendek sehingga tahan roboh dan ketahanan penyimpanan yang cukup lama sehingga ketika jagung pasca panen masuk ke pasar di pasar dalam 2-3 hari keadaan jagung masih fresh dan layak jual.

Jagung manis varietas ini memang menjadi salah satu jagung manis yang laris dan dicari masyarakat khususnya pedagang jagung bakar.

Selain rasa yang manis, ketahanan jagung ini juga memungkinkan pedagang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih memuaskan.

Hasil Tanam

Jagung Manis Talenta memiliki pertumbuhan yang kuat dan seragam, tanaman jagung manis talenta dapat berdiri kokoh dengan tinggi 170 hingga 180 cm.

Ukuran tongkol jagung talenta memiliki panjang 22 cm dan diameter 6 cm dengan bobot per tongkol rata-rata 310-350 gram.

Jagung Manis Talenta Pertiwi juga memiliki rasa yang manis dengan kadar gula yang mencapai 15% (brix), rasa manis tersebut dapat bertahan selama penyimpanan.

Jagung Manis Talenta

Persiapan Lahan

Jagung Manis Talenta dapat tumbuh pada hampir semua jenis tanah asalkan subur, gembur dan kaya humus. Jenis tanah yang cocok untuk budidaya jagung manis biasanya adalah latsosol, grumusol ataupun gambut.

Ph tanah sebaiknyna ada antara angka 5,5-7,5. Namun jika ingin hasil yang terbaik maka Ph yang terbaik adalah di angka 6,8.

Hal paling fundamental dalam mempersiapkan lahan sebelum menanam benih jagung manis talenta adalah pembajakan lahan, hal ini adalah sebuah keharusan supaya tanaman jagung bisa tumbuh dengan baik.

Saat proses pembajakan maka gulma akan terbalik tertimbun tanah, sehingga gulma akan mati dan tanah untuk lahan yang tadinya sudah mulai mengeras akan menjadi gembur kembali sehingga sangat baik menjadi tempat bagi jagung manis Talenta.

Pastikan dalam pemilihan lahan, nantinya lahan akan mendapatkan paparan cahaya matahari secara intens.

Karena semakin besar intensitas cahaya matahari yang mengenai tanaman, maka hal ini akan menghasilkan batang yang bagus dan kuat, tongkol yang besar dan memiliki hasil panen yang bagus.

Sinar matahari ini berperan penting dalam pemasakan nutrisi yang akan tersalur ke calon buah.

Penanaman Benih Jagung Talenta

Para petani perlu mengetahui bahwa waktu terbaik untuk melakukan proses penanaman jagung manis talenta adalah pada waktu pagi hari, di mana pada waktu tersebut cuaca tidak terlalu panas.

Sebelum menanam benih jagung manis talenta, Juragan perlu membuat lubang pada lahan gembur dengan kayu berdiameter 6cm.

Kedalaman lubang kurang lebih sekitar 7 cm. Buatlah jarak antar lubang sekitar 30 cm.

Setelah lubang terisi oleh benih, tutuplah lubang tersebut dengan tanah agar bisa segera masuk ke tahap selanjutnya.

Pemeliharaan Benih Jagung Talenta

Pemeliharaan juga menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh petani sebelum mendapatkan hasil panen. Ada 3 hal yang menjadi perhatian dalam memelihara tanaman jagung manis talenta yaitu, penyiangan, pengairan dan pemberian pupuk.

Penyiangan, penyiangan merupakan sebuah tindakan untuk membersihkan rumput-rumput yang ada di sekitar tanaman jagung manis talenta. Pencabutan rumput ini tujuannya agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman jagung.

Penyiangan ini juga bertujuan agar pemberian pupuk akan bisa terserap maksimal oleh tanaman jagung manis talenta tanpa berebut dengan rumput liar yang ada di sekitar tanaman jagung manis.

Jika rumput ini Juragan abaikan tetap tumbuh, kemungkinan nutrisi dari pupuk justru akan terserap oleh rumput liar sangat rentan terjadi.

Proses penyiangan ini bisa dilakukan 2 minggu setelah tanaman jagung manis selesai diberikan pupuk.

Pengairan, ada 3 masa di mana tanaman jagung manis talenta membutuhkan pengairan, yakni penanaman, pembungaan (berkisar antara umur 45-55 hari setelah masa penanaman) dan pengisian biji (berkisar pada umur 60-80 hari setelah masa penanaman).

Meski demikian bukan berarti air yang berlimpah lantas akan memberikan hasil yang bagus. Apabila curah hujan tinggi, maka tidak lagi perlu penyiraman, karena pengairan melalui air hujan sudah sangat mencukupi kebutuhan air pada jagung manis talenta.

Pemupukan, pemberian pupuk bisa Juragan mulai saat jagun manis talenta mulai tumbuh sekitar 30 cm. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan pupuk yang berunsur NPK. Berikan setengah genggam pada setiap tanaman jagung manis.

Pengendalian Hama Penyakit

Hama ataupun penyakit pada tanaman jagung manis tentu merupakan hal yang patut Juragan waspadai. Tanaman yang terserang hama dan penyakit tentu merupakan keadaan yang tidak menguntungkan petani sebab hal tersebut dapat menghambat produktifitas tanaman jagung manis.

Untuk menangani hama atau penyakit yang menyerang maka perlu menggunakan teknik agronomi. Selain itu bisa juga dilakukan penyemprotan desinfektan sebelum benih jagung Talenta di tanam.

Pemanenan

Umumnya, jagung manis siap dipanen setelah 7 minggu sejak tanaman jagung manis berbunga. Meski demikian hindari melakukan pemanenan saat masih prematur, dengan itu maka kemungkinan akan menghasilkan buah yang keriput.

Waktu panen terbaik tentu saja saat tidak turun hujan, sehingga jagung Talenta produksi pertiwi dapat segera masuk ke proses pengeringan dengan cara dihamparkan pada terik matahari selama 3-4 hari.

Benih Jagung Manis, Talenta, Benih Pertiwi aBenih Jagung Manis, Talenta, Benih Pertiwi bBenih Jagung Manis, Talenta, Benih Pertiwi c

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Dapatkan produknya di Shopee atau Tokopedia Toko Deeres. Atau bisa juga klik disini.

Kabar Tani Lainnya

Cara Menanam Pepaya di Lahan Sempit, Intip Caranya

Pada zaman dahulu, cara menanam pepaya lazim orang lakukan di lahan yang luas. Akan tetapi, seiring pertambahan penduduk, lahan semakin sempit hingga menimbulkan problematik...