Benih Bawang Merah - LOKANANTA - 10 gr - Panah Merah

Berat 20 g
Brand

Cap Panah Merah

Rekomendasi Dataran

Rendah

Kategori Produk

Benih (Biji)

Jenis Tanaman

Bawang Merah

Daya Berkecambah

75%

Kemurnian

99%

Ketahanan Penyakit

Layu Fusarium, Patek (Antraknosa)

Berat Bersih

10 gr

Permintaan pasar akan bawang merah saat ini semakin tinggi. Hal tersebut karena bawang merah adalah bahan utama masakan di indonesia. Tak heran bawang merah Lokananta menjadi barang pokok di hotel, restoran, rumah makan dan ibu rumah tangga.

Klik produknya disini

Manfaat yang dimiliki bawang merah sangat banyak. Transaksi akan bawang merah saat ini terjadi di mana saja. Pasar induk, pedagang kaki lima hingga pasar tradisional bisa kita temukan produk sayuran ini. Itulah sebabnya bawang merah banyak yang mencari.

Perkenalkan bawang merah varietas Lokananta. Lokananta bisa menjadi solusi permintaan pasar yang tinggi. Selain itu Lokananta memiliki keunggulan yang membuat jenis ini sangat dicari.

Mengenai Bawang Merah Lokananta

Benih bawang merah Lokananta merupakan produk dari PT East West Seed Indonesia (EWINDO). PT EWINDO merupakan produsen benih ternama yang bertempat di Kabupaten Surakarta Jawa Barat. Sebagai produsen benih ternama, PT EWINDO telah berpengalaman menciptakan benih yang unggul dan berkualitas.

Ciri dan Karakteristik Bawang Merah Lokananta

Karakteristik sebuah tanaman dapat menambah daya tarik sebuah tanaman. Sehingga para petani banyak yang mencari. Berikut ini ciri dan karakteristik bawang merah Lokananta :

  1. Daun

Tinggi tanaman ini dapat mencapai 57 cm. Bentuk penampang daunnya bulat berongga dengan panjang 46 – 54 cm dan lebar 1,22 – 1,78 cm. Warna daunnya hijau tua. Jumlah daun per umbinya 6 – 10 helai sedangkan daun per rumpunnya 20 – 27 helai.

  1. Bunga

Bentuk karangan bunganya seperti payung dengan warna putih. Bunganya akan tumbuh pada umur 43 – 57 hari setelah tanam.

  1. Umbi

Bentuk umbi varietas ini pipih agak bulat dengan tinggi 3,5 – 3,8 cm dan diameter 3,1 – 3,5 cm. Warna umbinya ungu kemerahan. Berat per umbinya 3,5 – 3,9 gram dengan jumlah per rumpunnya 4 – 6 umbi.

 

Keunggulan Bawang Merah Lokananta

Keunggulan merupakan hal yang banyak dicari para petani. Pasalnya hal tersebut akan memudahkan saat penanaman, perawatan maupun panen serta pasca panen. Keunggulan bawang merah  jenis ini sangat banyak, sehingga banyak petani yang mencarinya. Berikut keunggulannya :

  1. Mudah beradaptasi

Seperti bawang merah yang lainnya, cabai jenis ini sangat cocok ditanam di dataran rendah dengan curah hujan rendah. Walapun begitu, bawang jenis ini tahan terhadap curah hujan tinggi. Itulah yang menjadi keunggulan bawang merah Lokananta.

  1. Tahan penyakit

Tanaman yang tahan hama dan penyakit tentunya menjadi idaman petani. Hal tersebut karena dapat menghemat biaya dan tenaga petani itu sendiri.

Bawang merah Lokananta memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit. Jenis ini sangat tahan akan serangan layu fusarium yang dapat menyerang luas dan menimbulkan kerugian besar. Selain itu bercak ungu yang cepat menyebar karena penyebarannya melalui angin.

  1. Hasil panen

Tidak hanya tahan terhadap penyakit, jenis ini juga sangat peroduktif. Produktifitas yang tinggi akan menambah Hasil yang besar sehingga meningkatkan keuntungan bagi penanamnya.

Bawang merah Lokananta menghasilkan 61 gram per rumpunnya, sehingga dalam satu hektar jenis ini akan memproduksi hingga 24,5 ton. Jelas itu sangat banyak dan akan menguntungkan bagi penanamnya.

  1. Tahan pengiriman

Buah yang sudah dipanen pasti melalui pengiriman ke berbagai daerah. Tentunya ketahanan saat pengiriman sangat membantu petani yang mengirim buahnya ke luar kota.

Bawang Merah Lokananta memiliki buah yang padat dan kulit yang tebal, sehingga jenis ini tahan saat pengiriman. Selain itu, jenis ini tahan terhadap layu fusarium yang dapat menyebabkan pembusukan pada buahnya, hal tersebut tentunya akan mengurangi kebusukan saat pengiriman.

  1. Mudah masuk pasar induk

Bawang merah jenis ini memiliki bentuk yang besar-besar sehingga menambah daya tarik konsumen yang ingin membeli bawang merah. Selain itu buahnya yang berwarna merah menyala dan aroma yang tajam tentu akan menjadikan jenis ini mudah diterima di pasar.

Harganyapun juga cukup stabil dengan harga perkilonya Rp 20.000,- . Harganya yang mahal membuat petani banyak yang menanam.

Kebutuhan Benih Bawang Merah per Hektar

Satu kemasan benih Lokananta 50 gram berisi 16.000 butir sedangkan kemasan 10 gram berisi 3.200 butir. Untuk lahan satu metermembutuhkan kurang lebih 3.200 butir atau setara dengan satu bungkus benih Lokananta 10 gram. Sedangkan untuk satu hektar membutuhkan kurang lebih 3000 gram atau 960.000 butir yang setara dengan 300 bungkus benih Lokananta 10 gram atau 60 bungkus benih Lokananta 50 gram.

Teknik Pembibitan Pada Bedeng Semai

Media semai harus remah agar benih mampu berkecambah dengan baik. Berikut adalah teknik pembibitan bawang merah menggunakan biji:

  1. Siapkan lahan pembibitan pada bedeng semai yang sudah dibajak. Kemudian atasnya taburi sekam padi dengan ketebalan 20 cm. Selanjutnya buatlah titik api dengan jarak 1 meter dan bakarlah. Hal ini bertujuan mendapatkan kondisi tanah dengan tekstur remah. Serta meminimalisir pertumbuhan gulma dan serangan pathogen (mikro organisme pengganggu tanah). Pada lahan yang memiliki tekstur remah, tidak perlu melakukan pembakaran sekam.
  2. Lahan bedengan yang sudah dicampur arang sekam, selanjutnya dibuat alur-alur atau larikan dengan jarak 10 cm. Penaburan benih (biji bawang merah) disarankan merata. 1 meter persegi membutuhkan 10 gram benih. Benih yang telah ditanam sebaiknya ditutup karung selama 3 hari untuk percepat perkecambahan.
  3. Upayakan kondisi lahan semai tetap lembab (tidak kering), melalui penyiraman.
  4. Benih akan tumbuh merata setelah 5 hari semai. Lakukan pencabutan gulma (penyiangan) agar bibit tumbuh sehat.
  5. Gunakan sungkup atau tudung semai, untuk menghindari dari curah hujan tinggi.

Pembibitan Pada Rak

Pembibitan pada rak di halaman rumah, sehingga lebih mudah atau lebih terkontrol. Berikut caranya :

  1. Siapkan bangunan rak bambu dengan tinggi x lebar sekitar 1x1 meter
  2. Berikan dasaran rak dengan karung
  3. Letakkan tanah remah secara merata pada rak semai
  4. Buatlah alur untuk menabur benih bawang Lokananta
  5. Memelihara persemaian melalui : penyiraman, penyiangan, dan pemberian pupuk cair bilamana kondisi bibit memerlukan unsur hara
  6. Naungi rak dengan menggunakan plastik UV (Ultra Violet)

Kunjungi juga Cara Budidaya Bawang Merah Tahan Lama untuk mengetahui cara membudidaya bawang merah jenis ini yang baik dan benar serta hasil yang maksimal.

Itu tadi adalah keunggulan dari jenis Lokananta. Sekarang Juragan tahu kenapa Lokananta menjadi favorit di kalangan petani. Hasil yang besar serta mudah masuk ke pasar induk membuat jenis ini memberikan keuntungan yang besar bagi petani. Selain itu tahan hama dan pengiriman membuat jenis ini hampir tidak merugikan petani.

Bagi Juragan yang ingin membeli benih bawang merah Lokananta bisa menghubungi Toko Deeres. Toko Deeres menyediakan berbagai jenis benih berkualitas tinggi. Toko Deeres juga telah bekerja sama dengan jasa ekspedisi ternama sehingga dapat mengirim benih ke berbagai daerah. Akhir kata terima kasih Juragan!!

 

Dapatkan produknya di Shopee atau Tokopedia Toko Deeres. Atau bisa juga klik disini.

https://www.youtube.com/watch?v=1s-9MqZNIso