Paling Sederhana : 3 Cara Menanam Kacang Hijau Dengan Kapas  

Cara menanam kacang hijau dengan kapas adalah cara tergampang yang siapapun bisa melakukannya. Sebab dengan menggunakan media kapas ini, Anda bisa mendapatkan kecambah sesuai dengan kebutuhan tanpa harus membeli sayur setiap hari. Dengan mengkonsumsi kacang hijau ini maka Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Bukan itu saja dapat juga mengurangi dari serangan penyakit kronis. Nah berita baiknya kacang hijau ini juga bagus bagi Anda yang sedang dalam program diet loh. Bagaimana, penasaran bukan manfaatnya, bagaimana cara menanamnya hanya dengan media kapas? Begini penjelasannya.

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Hijau

Sebelum berbicara bagaimana cara menanam kacang hijau dengan media kapas ini, ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari kacang hijau ini. Sebab ternyata, kacang hijau ini sangat bagus untuk kesehatan manusia loh. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya ya.

1. Dapat Mengurangi Serangan Penyakit Kronis

Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin, Anda akan mendapat asupan antioksidan yang tinggi. Sebab kacang hijau ini mengandung antioksidan yang bagus dalam membantu menghalau radikal bebas yang  menyerang tubuh.

Dengan minim radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh maka penyakit kronis jika akan susah untuk menyerang organ manusia. Misalnya saja seperti sakit jantung, kanker dan lain sebagainya. Bukan itu saja konsumsi kacang hijau yang bagus untuk mengurangi LDL (kolesterol jahat) pada tubuh.

2. Membantu Kontrol Tekanan Darah Dan Pencernaan

Mengkonsumsi kacang hijau juga mampu untuk mengontrol tekanan darah. Seba kacang hijau ini tinggi kandungan serat, kalium dan juga magnesiumnya. Bukan itu saja kacang hijau juga bagus untuk kesehatan organ pencernaan manusia.

Baca juga : Benih Kacang Panjang – OR HIJAU SHINE HP – 250 Gr – Oriental Seed

3 Cara Menanam Kacang Hijau Dengan Kapas

Cara menanam kacang hijau dengan kapas bisa menjadi alternatif bagi vegetarian yang membutuhkan asupan sayur setiap hari. Langkah untuk membudidayakannya juga terbilang gampang dan simple, Anda tidak perlu waktu yang lama untuk dapat menanamnya.

1. Siapakan Kapas Dan Biji Kacang Hijau

Langkah pertama dalam cara menanam kacang hijau dengan kapas adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu kapas serta biji kacang hijau. Kemudian basahilah kapas tersebut dengan air yang hangat. Jangan meremasnya, tunggu hingga air pada kapas tersebut berhenti sendiri ya.

2. Siapkan Wadah Sebagai Tempat Menanam

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan wadah yang transparan (bening) sebagai tempat untuk menanam.  Masukkan kapas yang sudah basah dengan air hangat tersebut ke dalam wadah transparan tersebut. Baru kemudian letakkan biji-biji kacang hijau pada atas kapas.Cara Menanam Kacang Hijau dengan Kapas

Tidak usah menekannya, Anda hanya perlu meletakkannya saja pada permukaan kapas tersebut. Beri jarak yang cukup antar biji supaya ada ruang untuk tumbuh nantinya.

3. Posisikan Wadah Tersebut Pada Tempat Yang Cukup Penyinarannya

Cara menanam kacang hijau dengan kapas selanjutnya yaitu dengan menutup wadah yang sudah berisikan tanaman tersebut. Baru kemudian letakkanlah wadah tersebut pada tempat yang penyinarannya cukup. Paling tidak terkena paparan sinar matahari.

Periksa setiap hari tanaman tersebut agar Anda bisa tahu perkembangannya. Tunggu beberapa hari hingga tingginya sekitar 7 cm. Jika sudah tumbuh sekitar 7 cm itu tandanya kecambah hasil dari menanam biji kacang hijau sudah siap untuk panen.

Baca juga : Cara Menanam Kacang Hijau Ternyata Mudah, Berikut Tipsnya

Sebenarnya untuk proses pemanenan ini flexible. Jika Anda menginginkan kecambah yang panjang kecil, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Karena terkadang ada juga orang yang lebih suka kecambah yang tidak terlalu panjang untuk masakannya.

 

Bagaimana, gampang bukan cara menanam kacang hijau dengan kapas? Anda cukup menggunakan peralatan yang sederhana sudah bisa menanam kecambah dan bisa memanennya setiap hari. Jadi jika ingin memasak tinggal memanen sendiri dalam rumah tanpa harus repot membelinya.

Kabar Tani Lainnya

Spesifikasi dan Harga Tangki Semprot Miura Sebanding dan Berkualitas

Toko Deeres - Harga tangki semprot Miura di pasaran cukup terjangkau, meski demikian kualitasnya tidak main-main. Salah satu produk lokal ini bertenaga baterai yang...