back to top

10 Pupuk Kalium Phospat Cabe Terbaik, Tinggi P dan K

2 komponen utama yakni kalium dan fosfat adalah 2 unsur hara yang diperlukan oleh tanaman, terutama saat memasuki fase pembungaan atau generatif. Sudah banyak pupuk kalium phospat yang beredar saat ini dengan harga yang bermacam-macam, karena dari kadar kandungannya juga berbeda. Juga ada yang dalam bentuk prill, atau cair. 

Berikut ini ada 10 pupuk kalium phospat terbaik, untuk tanaman cabe. 

1. MKP Pak Tani

Saya rasa semua Juragan disini kenal dengan pupuk ini. Ada kandungan 52% fosfat dan 34% kalium oksida. Pupuk ini berbentuk kristal, sehingga sangat mudah larut dalam air, juga mudah diserap tanaman. Tidak seperti pupuk dengan bentuk prill yang membutuhkan waktu untuk diserap tanaman, apalagi pada saat musim hujan, biasanya akan lebih rentan tercuci. 

Saat ini, harga 1 kg pupuk ini sekitar 60 ribuan. Entah ini lebih mahal atau lebih murah jika dibandingkan harga di toko-toko pertanian terdekat Juragan. 

Untuk tanaman cabe, dosis yang disarankan adalah 5 sampai 10 gram per liter air. Ini bila untuk penyiraman. Sedangkan bila Juragan menggunakan cara semprot, dosisnya 3 sampai 5 gram per liter air. Aplikasi dengan dosis tadi, mulai diberikan pada saat pembentukan bunga, atau sekitar umur 21 HST. Diberikan selama 3 sampai 5 kali aplikasi, dalam interval 1 minggu. 

2. HX MKP

Dalam pupuk HX MKP, terkandung 50% unsur fosfat dan 35% unsur kalium. Pupuk ini juga berbentuk kristal yang 100% larut dalam air. Untuk tanaman cabe, dosis yang disarankan adalah 3 sampai 6 gram per liter air. Ini diberikan pada 30 sampai 90 HST. Asalkan tanaman Juragan sudah mulai berbunga. 

1 kg pupuk HX MKP harganya sekitar 50 ribu. Di pasar online lebih murah ketimbang pupuk MKP dari Pak Tani tadi. 

3. Santagrow

Pupuk MKP Santagrow, mengandung 52% fosfat dan kalium oksida 34%. Bentuknya juga kristal. 

Pada tanaman cabe, Untuk pengocoran dosis yang disarankan adalah 5 sampai 20 gram per liter air. Atau sekitar 1 sampai 2 sendok makan per 10 liter air. Dosis ini mencukupi untuk pengocoran 50 tanaman. 

Sementara untuk penyemprotan, dosisnya adalah 2 sampai 4 gram per liter. Atau sekitar 2 sampai 4 sendok makan per tangki semprot. Dosis tadi diaplikasikan saat mulai umur 42 HST, selama 7 sampai 9 kali aplikasi dengan interval 1 minggu. 

1 kg pupuk MKP Santagrow sekitar 55 ribuan. 

4. Big Fosfor

Big Fosfor merupakan pupuk cair dengan teknologi baru Multiple Ultra Ionik, yang mengandung fosfat dan kalium dengan daya serap yang tinggi. Di dalamnya juga ada pelarut yang mengandung ozone tinggi, yang dapat menghambat serangan virus, bakteri, ataupun jamur pada tanaman. Sesuai pada label kemasannya, ada sekitar 55% fosfor dan 35% kalium. 

Untuk tanaman cabe, dosis pemakaiannya adalah sepertiga atau 1 tutup botol tangki ukuran 14 liter. Takaran tepatnya, adalah 1 sampai 2,5 mili per liter. Diaplikasikan pada 15, 30, dan 45 HST. 

500 mili pupuk ini, harganya sekitar 80 ribuan. 

5. Multi KP

Multi KP merupakan pupuk amonium fosfat berbentuk kristal putih yang larut dalam air. Kandungan klor di dalamnya sangat rendah, sehingga tidak menimbulkan keracunan bagi tanaman. 

Untuk tanaman cabe, dosisnya adalah 200 kg per hektar, dengan waktu aplikasi 40 hari setelah tanam. Dosis tepat kocor pada lubang sekitar tanaman, dosisnya menjadi 10 sampai 20 gram per liter. 

1 kg pupuk Multi KP harganya sekitar 50 ribuan. 

Setidaknya ada 3 cara aplikasi pupuk MULTI KP. Pertama dengan cara Spray atau disemprotkan. Bila pupuk MULTI KP difungsikan sebagai pupuk daun (foliar) dosisnya 2-3 gram/liter. 

Kedua dengan cara kocor. Caranya di awali dengan melarutkan pupuk MULTI KP terlebih dahulu di air kemudian kocorkan di lubang tanam atau lubang pupuk dosis 10-20 gram/liter

Dan ketiga dengan cara tugal, yakni pembenaman pupuk di lubang tugal kemudian tutup dengan tanah dosis 10-20 gram/lubang. 

Untuk tanaman solanaceae seperti cabai, tomat bisa mulai aplikasi mulai umur 40 hst  sampai 70 hst (sesuaikan dengan kondisi tanaman juga). Aplikasi rutinnya tiap 7-10 hari sekali.

6. Kalium Phosphat

Sebagai perangsang dan pembesar buah, kalium phospat mengandung 45% phospat dan 45% kalium. Juga lengkap dengan beberapa unsur hara mikro. 

Aplikasi pemakaian bisa Juragan mulai pada saat tanaman berumur 35 atau 40 HST dan ulang setiap 1 minggu sekali. Untuk konsentrasi pemakaiannya, cukup 2 mili per 1 liter air. 

500 ml pupuk Kalium Phospate liquid harganya sekitar 50 ribuan. 

7. Meroke MKP

Kandungan unsur P dan K pada pupuk asal Meroke ini juga tinggi. ada 52% fosfat dan 34% kalium. Juga dalam bentuk kristal yang lebih mudah terserap tanaman. 

Harga 1 kg pupuk Meroke MKP sekitar 55 ribuan. 

Dosis Pemakaiannya bila dengan cara penyemprotan 2 – 4 gram/liter air; sedangkan bila dengan sistem kocor dosisnya 4 – 10 Kg/200 liter air. sementara untuk  sistem tabur 100 – 1.000 kg/ha. 

Baca Juga : JUAL BENIH CABAI PALING PEDAS DI INDONESIA, ORI PRODUK LOKAL!

8. Meroke Provit Maxi

Pupuk Meroke Provit Maxi mengandung 27% fosfor dan 38% kalium. Selain unsur p dan k nya yang tinggi, pupuk Provit Maxi juga memiliki kandungan nitrogen 6%, lengkap dengan hara mikro seperti boron, Mn-Edta, dan molibdenum. Nutrisi mikronya berbentuk kelat, sehingga lebih baik untuk tanaman. Bentuknya juga kristal sehingga memiliki tingkat kelarutan di air yang sangat cepat. 

Dosis yang disarankan adalah 1 sampai 5 gram per liter. Mulailah dari dosis sedikit dulu. 

Harga 500 gram pupuk ini sekitar 20 ribuan. 

9. Growmore Buah

Kandungan fosfat dalam pupuk growmore buah ada 30%. Sementara kaliumnya ternyata juga ada 10 persen. Pupuk ini juga berbentuk kristal yang sangat mudah larut dalam air untuk kemudian semprotkan ke daun. 

1 botol Growmore Buah harganya sekitar 70 ribuan. 

Dosisnya adalah 1 atau 2 gram dalam 1 liter air. Silakan Juragan semprotkan pada seluruh bagian tanaman, terutama daunnya. Sebaiknya aplikasi dilakukan secara teratur dengan selang 5 sampai 10 hari. 

Jika terjadi kemarau panjang, atau tanaman terlihat kekurangan unsur hara, dosisnya bisa Juragan tambahi. 

10. Gandasil B

Pupuk daun Gandasil B, memiliki kandungan NPK lengkap dengan unsur hara mikro dalam bentuk kristal yang larut air. Pupuk ini juga memiliki kandungan kalium phospat tinggi. Phospatnya ada 20%, sedangkan kaliumnya ada 30%. 

Dosis pemakaiannya sebanyak 10 gram atau 30 gram per 10 liter air. Aplikasikan pada tanaman dalam interval waktu 8 sampai 10 hari. 

Saat ini harga pupuk Gandasil B adalah sekitar 25 ribuan. Isi kemasan 500 gram. 

Ketika musim hujan, daripada Juragan melakukan pemupukan dengan cara kocor, sebaiknya dengan cara tugal. Karena kadar p dan k dalam pupuk tadi hampir sama, yaitu fosfor sekitar 50% dan kalium sekitar 30%, Juragan bisa menggunakan dosis 2 sampai 3 gram per tanaman untuk cara tugal. Ini Juragan benamkan di sekeliling tanaman, tapi jangan terlalu dengan dengan pangkal tanaman. 

Ada lagi yang perlu diperhatikan. Untuk cara semprot, usahakan semprotan juga mengenai bagian bawah permukaan daun. Semprot saja dengan cara halus, tipis, dan cukup membasahi saja. Takutnya jika diulang-ulang justru penyemprotan tadi malah membuat dosis tinggi pada tanaman. Sehingga yang terjadi malah tanaman terganggu dan juga mubazir. 

 

 

10 pupuk tadi bisa dikatakan merupakan pupuk terbaik untuk pematangan buah. Pada beberapa pupuk daun ada kandungan hara mikro magnesium dan boron. Berkaitan dengan fase generatif, pada tanaman akan mencegah kerontokan. Walaupun sebenarnya unsur K sendiri juga memiliki pengaruh pada ketahanan tanaman, agar tidak rontok. 

Kiranya itu saja dan semoga bermanfaat. 

 

DAPATKAN PRODUKNYA 

MKP Pak Tani – Link Shopee 
HX MKP – Link Shopee 
MKP Santagrow – Link Shopee 
Big Phospor – Link Shopee 
Multi KP – Link Shopee 
Kalium Phospat Cair – Link Shopee 
Meroke MKP – Link Shopee 
Meroke Provit Maxi – Link Shopee 
Growmore Buah – Link Shopee 
Gandasil B – Link Shopee 

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img