5 Asam Humat Terlaris, Terlengkap Kandungan Pupuknya

Tanah tempat tanaman tumbuh juga perlu kita rawat agar menghasilkan panen yang diinginkan. Namun, ada kalanya lahan mempunyai nutrisi tidak lengkap atau strukturnya kurang bagus. Asam humat atau humic acid membantu mengatasi masalah seputar lahan dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di pasaran pun, terdapat banyak toko pertanian menjual asam humat berbagai merek. Kira-kira, mana ya merk asam humat terlaris?

Berikut penjelasan asam humat terlaris di berbagai toko dan marketplace. Setiap toko yang menawarkan berhasil menjualnya lebih dari 50 hingga ribuan kemasan.

Power Soil

Di marketplace, Power Soil menempati urutan teratas. Terdapat lebih dari 5 toko yang telah menjual produk ini dalam jumlah terbanyak.

Tentu saja penjualan yang tinggi karena manfaat yang sangat dirasakan petani. Manfaat tersebut dapat juragan lihat dari kandungan asam humat dan bahan lain yang tertera dalam kemasan, yaitu:
-Asam humat sekitar 55 sampai 60 persen,
-Nitrogen 1 persen,
-Fosfat atau P2O5 5,45 persen,
-Kalium atau K2O 1,08 persen, dan
-Trace element 3 persen.

Pupuk ini memiliki PH netral yang menguntungkan, yakni 7,5, dengan ukuran partikel sekitar 120 mesh.
Harga yang dipatok antar toko sering kali berbeda, tetapi tidak jauh, hanya berada di kisaran Rp69 sampai Rp70 ribu.

Cara penggunaan yang baik adalah dengan mencampurkannya dengan air, karena kelarutannya lebih besar. Kita dapat mencampurkan 1 sampai 2 gram ke dalam 1 liter air.
Agar lebih efektif, aplikasi pada tanah dengan mencampurkannya dengan NPK bisa saja.
Jadi, secara keseluruhan, asam humat untuk memperbaiki struktur tanah dapat Juragan aplikasikan 2 minggu, sampai tiga bulan sekali mengikuti NPK.

Brand AH-90

AH-90 juga menjadi trending di marketplace, menjadi asam humat terlaris. Dari satu toko saja yang menjual dengan harga Rp80 ribu dan sudah sold out lebih dari 6 ribu kemasan.

AH-90 mengandung bahan asam humat dan pupuk kalium. Manfaatnya tidak hanya untuk tanaman yang dapat menstabilkan PH tanah, mengembalikan unsur hara, sebagai penyubur tanaman, tetapi juga pada hewan dan air.

Pada hewan, asam humat dapat menyerap racun dalam saluran pencernaan. Sementara air yang terkena paparannya kualitasnya juga menjadi lebih baik.

Dengan rentang waktu penggunaan kira-kira sama dengan asam humat lain, yaitu paling cepat 2 minggu, AH-90 sangat baik untuk aplikasi dengan cara kocor atau penyemprotan. Satu kg asam humat dapat campur dengan 600 sampai 800 liter air. Dengan demikian, untuk satu hektar lahan, Juragan membutuhkan sekitar 3 sampai 5 kg humid acid.

Baca juga : 5 PUPUK FOSFAT CAIR KEBUTUHAN AWAL TANAM, NO 4 LENGKAP HARA MIKRO

Asam Humic DG

Jenis ini dijual dalam bentuk kemasan besar, sehingga harga terasa cukup tinggi dibandingkan produk sejenis.

Produk PT Anderson ini harganya mencapai  Rp1,25 juta di untuk kemasan 20 kg.

Kandungan humid acid di dalamnya ada di angka 70 persen. Pengemasan dengan warna hitam putih cukup bagus dan rapat. Di dalamnya, humic acid berupa butiran atau granul.
Dosis kebutuhannya lebih besar dari AH-90, yaitu 50 kg sampai 225 kg per hektar. Jadi, cukup mahal, ya?

Namun, mengingat keberadaannya yang cukup laris, kemungkinan manfaatnya sangat dirasakan petani untuk membuat panen lebih berlimpah dan hasil berkualitas. Bisa kita katakan premium. Karena sudah bebas debu.

Pengaplikasian dengan penyemprotan juga dapat dilakukan bersama pupuk NPK atau lainnya. Bahkan, untuk tanaman dalam pot.

HumaTOP

Salah satu asam humat terlaris sekarang adalah HumaTop. Harganya cukup murah karena kemasan kecil, sekitar Rp12.500 per 100 gram. Dengan demikian, untuk 1 kg Juragan memerlukan dana Rp125.000. Jadinya mahal atau murah nih? ūüėĀ

Kandungan di dalamnya 100 persen Humid Acid yang berasal dari batuan leonardite yang mengandung Kalium tinggi.

Pengaplikasiannya dijelaskan oleh PT Prima Agro Tech sebagai produsen cukup terperinci.
Untuk penggunaan dengan air (termasuk dicampur dengan pupuk NPK kandang atau agensia hayati), Juragan dapat melarutkan 1 sachet yang berisi 100 gram ke dalam 50 sampai 100 liter air. Jadi Juragan memerlukan sekitar 6 sampai 8 sachet untuk lahan 1 hektar.

Sementara untuk pengaplikasian kering, Juragan dapat mencampurkan 100 gram dengan 25 kg pupuk kimia atau organik. Awalnya, kita harus mencampurkan 100 gram dengan 5 kg terlebih dahulu hingga merata. Baru setelah itu diaduk dengan sisanya. Barulah disebar merata di lahan.

Asam Humat dari Purie Garden

Toko officialnya menjual dalam kemasan 100 gram dengan harga Rp10 ribu. Kandungan Asam Humat di dalamnya berkisar 70 persen. Setelah itu ada Fulvic Acid 10 persen dan K2O atau Kalium 10 persen.

Fungsi asam humat di sini sama dengan produk sejenis secara umum. Namun, untuk pemakaian secara terperinci dijelaskan sebagai berikut.
-Untuk Perbaikan tanah atau soil, Juragan harus melarutkan bahan dengan air dan menyemprotkannya secara merata sebelum lahan ditanami atau ketika tanah diolah. Dosis yang pas adalah 3 sampai 5 kg asam humat per hektar.
-Dengan tujuan sama, asam humat dapat pula campurkan dengan bahan organic, setelah itu baru sebar ke lahan. Dosisnya sama, 3 sampai 5kg per hektar.
-Untuk treatmen benih, ada dosis yang sedikit berbeda.
Juragan dapat mencampurkan 1 sampai 2 gram per liter air dan merendam benih di dalamnya selama 12 jam.
-Terakhir, humat acid sebagai pupuk kocor. Dosisnya 1 sampai 2 gram per liter. Kocorkan 300 ml per lubang tanam.

Untuk memenuhi kebutuhan pertanian kita, ada banyak pilihan asam humat dengan kualitas yang saya rasa, sekarang Juragan sudah bisa menilainya.

 

DAPATKAN PRODUKNYA

Powersoil РLink Shopee 
AH-90 – Link Shopee
The Anderson Humic РLink Shopee 
HumaTop – Link Shopee
Purie Garden РLink Shopee