6 Cara Menanam Semangka Agar Besar dan Manis!

Agar hasil panen semangka Juragan terus dicari tengkulak, Juragan perlu tau bagaimana cara menanam semangka agar berbuah besar dan manis. Semangka yang lebih besar dan lebih manis daripada umumnya pasti lebih diminati. Ada 7 tips yang bisa Juragan lakukan.

  • Menanam di Lahan yang Bebas dari Naungan Pohon

Gabungan antara sinar matahari dan pupuk NPK sangat berpengaruh untuk meningkatkan kadar manis dan bobot semangka, terutama pada fase pembuahan.

Jika buah semangka tidak menerima sinar matahari yang cukup, terhalang pohon besar misalnya, jerih payah Juragan dalam melakukan pemupukan hanya menghasilkan dedaunan yang semakin banyak saja. Justru merepotkan.

  • Sesuaikan PH tanah

Akar dapat menyerap pupuk dengan baik hanya jika ph tanahnya ideal, yaitu 6-7. Tanah dengan kadar Ph yang kurang atau melebihi standar tersebut sukar membantu pertumbuhan tanaman Juragan. Coba cek berapa kadar ph di tanah Juragan. Bila kurang lakukan pengapuran dolomit.

Baca juga : Benih Semangka – AMARA F1 – 360 Btr – Cap Panah Merah

  • Penuhi kebutuhan organik

Bahan organik yang dibutuhkan tidak lain berasal dari pupuk kandang atau kompos. Dua jenis pupuk ini bisa menyediakan kebutuhan organik tanaman tapi dengan waktu yang lambat. Jika Juragan ingin lebih cepat bisa dengan pupuk organik cair yang mudah larut dalam tanah.

  • Sesuaikan pupuk akar dengan jenis tanah

Untuk lahan berpasir sebaiknya berikan pupuk dalam bentuk taju atau tabur di sekitar perakaran dan siram secara rutin. Sedangkan untuk lahan tanah liat, pemberian pupuknya lebih cocok dalam bentuk kocoran.

  • Penuhi kebutuhan Fosfat, Kalium, dan Boron

Agar buah semangka besar dan manis, pada fase pembuahan berikan pupuk semangka biar manis. Salah satu produk yang bisa dengan cepat menutrisi tanaman dengan fosfat, kalium, dan boron adalah Kalinet. Juragan bisa mengaplikasikannya dengan cara kocor atau semprot.

  • Membatasi Pengairan dan Pemupukan N Tinggi

Pada saat fase pertengahan pembentukan buah, sebaiknya batasi pengairan dan pemupukan yang mengandung unsur N. Kelebihan air pada tanaman dapat mengurangi kadar kemanisan semangka atau melon.

Lihat juga : Cara Perawatan Semangka Musim Hujan agar Terhindar dari Penyakit

Di musim hujan pun kebanyakan buah tidak berbuah manis karena serapan airnya lebih tinggi. Berbeda ketika musim kemarau di mana buah mendapat sinar matahari yang cukup dan air yang diserap tidak terlalu banyak sehingga fotosintesisnya menghasilkan glukosa yang lebih baik.

Pengairan yang berlebihan juga dapat berdampak pada cracking akibat buah tidak kuat menampung air yang banyak. Di samping itu khususnya pada lahan-lahan yang cenderung basah / lembab atau yang mengikat air, hindari penggunaan pupuk N dalam bentuk nitrat. Sebab kadar nitrat yang terlalu tinggi juga menyebabkan terjadinya cracking.

 

Itu tadi 6 tips agar buah semangka besar dan manis. Bisa Juragan coba mulai sekarang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Cara tadi juga bisa Juragan lakukan untuk tanaman melon agar melon berbuah besar dan manis.

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Kabar Tani Lainnya

2 Metode Cara Membuat Tanaman Hidroponik, Sama Mudahnya!

Cara membuat tanaman hidroponik, solusi hobi berkebun tapi tak punya lahan di rumah. Dengan metode ini, memiliki kebun sayur di rumah, bukan impian lagi!...