back to top

7 Pupuk Daun Asam Humat, Kalium dan Kalsium Lebih Terserap

Penyemprotan pupuk daun, bila ada kandungan humat di dalamnya akan memiliki efek jangka panjang. Pupuk daun asam humat juga akan meningkatkan suhu dari tanah, dan secara efektif mengurangi terjadinya penyakit fisiologis dan patologis umum pada suhu rendah atau pada kelembaban tinggi.

Asam humat bisa membantu menstabilkan pH dan meningkatkan permeabilitas membran tanaman.

Asam humat juga meningkatkan sifat fisiologi tanaman seperti peningkatan kadar chlorofil.Itu akan membuat peningkatan produksi glukosa pada tanaman sehingga meningkatkan pertumbuhan akar, batang, daun, bunga dan buah.

Sementara itu, penyemprotan pupuk daun yang paling banyak kita lakukan adalah pada pemberian nutrisi kalium untuk mendukung buah atau bunga tanaman, dan pupuk kalsium untuk menjaga buah atau bunga tanaman.

Seperti yang kita tahu, asam humat ini fungsinya juga sebagai agen chelat untuk mengikat ion logam, tidak luput juga kalium dan kalsium. Dengan asam humat sebagai senyawa chelat, akan mengubah unsur hara menjadi bentuk yang lebih stabil dan mudah diserap tanaman. Maka dari itu, efisiensi penyerapan nutrisi oleh tanaman meningkat. Ini akan menjawab keluhan banyak Juragan semua yang setelah aplikasi pupuk daun jarang mendapat hasil yang diinginkan.

Berikut ini beberapa rekomendasi produknya.

Humacid

Merupakan kombinasi antara senyawa humat dengan kalium yang berfungsi untuk merangsang perakaran, pembungaan serta membantu proses pembesaran buah maupun umbi. Humacid, mempunyai bentuk tepung sehingga mudah diaplikasikan dan cepat larut dalam air.

Kandungan dari humacid, yaitu asam humat 65%, asam fulvat 10% dan kalium 12%. Tidak hanya digunakan sebagai pembenah pada tanah, fungsinya juga dapat memasok unsur kalium pada tanah maupun tanaman juragan. Sehingga tanaman juragan dapat tahan dari serangan hama dan penyakit, terutama akibat bakteri dan jamur. Serta dapat memperkuat batang tanaman, menjadi berdiri tegak dan kokoh, sehingga tidak mudah roboh, apabila terkena angin yang kencang akibat cuaca ekstrim.

Humacid, kemasan 100g harganya sekitar 23 ribu, yang diproduksi oleh. Untuk penyemprotan humacid, dosisnya 1 sampai 2 gram per liter.

Kalsimat

Kalau pupuk Kalsimat merupakan perpaduan antara kalium, silika, dan humat. Kalium 60 persennya, digunakan untuk mendukung pembentukan buah, silika 40% digunakan untuk melindungi tanaman dari jamur atau hama dengan membentuk lapisan, dan 90% asam humat bisa bekerja sebagai agen chelat.

Keunggulan dari produk ini adalah kandungan kalium dan silikanya yang tinggi, sehingga bisa menjadi pencegah rebah batang. Harganya sekitar 28 ribu, per kemasan 150 mili.

Cara menggunakannya cukup dengan melarutkan 2 atau 3 tutup Kalsimat untuk 1 tangki ukuran 16 liter. Larutan ini kemudian semprotkan secara merata ke daun dan buah tanaman. Penggunaannya efektif bila dalam jangka waktu 2 minggu sekali.

Starka

Starka merupakan suplemen bagi tanaman untuk melengkapi unsur hara kalium dan besi, dalam bentuk organik khelat. Sehingga akan mudah terserap. Starka termasuk kalium humat dan asam fulvat, yang juga berfungsi sebagai bahan pembenah tanah. Kandungannya adalah kalium 10 sampai 12%, asam humat 60%, dan asam fulvat 13,5%.

Asam fulvat ini mirip mirip seperti pengatur pertumbuhan tanaman, yang dapat meningkatkan kemampuan tanaman untuk menyerap air dan pupuk, membuat tanaman lebih kuat, dan secara signifikan meningkatkan ketahanan dingin ataupun kekeringan.

Untuk aplikasi starka, sebagai penyemprotan di daun lakukan dengan dosis 1 gram per liter. Starka dalam satu bungkus kemasan 500 g, harganya 62 ribuan.

Baca juga : BENIH CABE RAWIT TERBAIK DI INDONESIA, HANYA DI SINI TEMPATNYA!

Humivit

Humivit merupakan saripati pupuk organik yang berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman dan pembenah tanah. Penggunaan humivit dapat sebagai pupuk dasar dengan dosis 2 atau 5 kg per hektar, yang diberikan saat pengolahan lahan.

Humivit tidak hanya mengandung asam humat saja, tetapi juga lengkap dengan kandungan unsur makro dan mikro. Dengan kandungan asam humat 80 – 90%, Kalium 10%, Nitrogen 1%, Phospat 1%, Zinc 5 – 6 ppm, Mangan 4 – 5 ppm, Besi 0,12 ppm, Boron 0,12% dan C organik 50%. Humivit mengandung pH 9 – 10, sehingga dapat menetralkan pH tanah yang asam.

Untuk penyemprotan dosisnya 50 gram per tangki, bisa campur dengan pestisida, pupuk, atau POC.

Calter

Dalam pupuk Calter ada kandungan 55% kalsium oksida, 12% asam humat, dan 1% hara mikro. Formulasinya dalam bentuk tepung. Aplikasinya dengan cara kocor untuk meningkatkan kekuatan jaringan, daya tahan tanaman, mencegah kerontokan bunga dan buah, memperkuat ujung akar dalam menembus tanah, mencegah gejala busuk ujung buah dan pecah buah, serta menstabilkan metabolisme tanaman pada kondisi buruk lingkungan.

1 kg pupuk Calter ini harganya sekitar 40 ribuan. Bila Juragan gunakan dengan aplikasi semprot, dosisnya 2 gram per liter.

Cal Ha

Dalam Cal Ha ada kandungan kalsium oksida sebanyak 67%, asam humat 6%, dan hara mikro 1%. Bentuknya tepung berwarna krem keabu-abuan muda. Proses penyerapannya pada tanaman bertahap sesuai kebutuhan tanaman sehingga tidak menimbulkan kekenyangan sel-sel daun.

Untuk aplikasi daun, sebaiknya secara tunggal saja. Atau campurkan dengan bahan yang bersifat netral/basa lemah. Kemasan 1 kg Cal Ha harganya 30 ribu.

Penyemprotan pada tanaman muda dosisnya 1 gram per liter. Kalau untuk tanaman dewasa, dosis penyemprotannya 2 gram per liter air.

Black Calsium

Black kalsium adalah pupuk kalsium dengan formula baru yang lengkap dengan humat dan unsur mikro kationik. Sudah bebas dari klor, tidak bersifat asam, serta tidak menyebabkan kebocoran dinding sel. Pupuk ini tidak bersifat higroskopis ataupun fitotoksik. Karena kandungan unsur mikronya ada dalam bentuk kationik, lebih mudah terserap dan aman untuk tanaman. Pupuk ini akan membentuk lapisan tipis pada permukaan tanaman yang mengkondisikan permukaan tanaman tetap dalam keadaan ph yang stabil, dan tidak asam.

Kandungannya terdiri dari kalsium oksida 53%, humat 2,2%, magnesium oksida 2%, mangan oksida 6%, besi 0,1%, dan boron 0,7%. Harganya sekitar 40 ribuan. Ini untuk isi kemasan 1 kg.

Untuk aplikasi penyemprotan daun dan batang tanaman muda (fase vegetatif), dosis pemakaiannya 1 gram saja per liter air. Kalau untuk fase generatif, pakai dosis yang lebih banyak, yaitu 2 atau 3 gram per liter air.

Itu tadi 7 rekomendasi produknya. Kandungannya adalah yang paling baik di antara pupuk daun lainnya.

 

DAPATKAN PRODUKNYA

Humacid – Link Shopee 
Kalsimat – Link Shopee 
Starka – Link Shopee 
Calter – Link Shopee 
Cal Ha – Link Shopee 
Black Kalsium – Link Shopee 
Humivit – Link Shopee 

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img