Siap Untung Menanam Benih Pepaya California Sun Grads

Pepaya Calina atau sering juga disebut pepaya california merupakan salah satu tanaman buah yang cocok jika Juragan tanam di daerah dataran rendah dengan ketinggian ideal sekitar 50-600 mdpl. Meski demikian kita masih bisa menemukan pepaya yang tumbuh pada dataran di ketinggian 800 mdpl.

Klik produknya disini

Pepaya varietas Sun Grads ini direkomendasikan ditanam pada dataran dengan curah hujan maksimal 100 mm setiap setengah tahun. Hal ini bertujuan agar tidak perlu menggunakan pengairan tambahan.

Salah satu ciri buah pepaya california sun grads adalah, daging buah yang padat dengan kandungan gula mencapai 10 hingga 15 brix. Pepaya varietas ini juga dapat panen dalam waktu 8 bulan setelah ditanam.

Buah pepaya merupakan salah satu sumber vitamin yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini karena pepaya memiliki kandungan vitamin E, C dan A. Selain itu kandungan vitamin C juga membantu menyamarkan bintik hitam dan kerutan halus di kulit serta membantu pembentukan colagen yang berfungsi mencegah timbulnya keriput.

Pepaya California Sun Grad

Persiapan Lahan

Perlu juragan ketahui, sebelum menanam benih pepaya california sun grads, lahan yang cocok untuk menanam pepaya dapat berupa tanah sawah, pekarangan atau tanah tegalan.

Kelembaban yang diperlukan pepaya adalah 66%. Jika terlalu rendah maka akan membuat daun yang sudah tua akan cepat gugur.

Juragan tentu perlu membersihkan gulma atau pepohonan yang berpotensi mengganggu pertumbuhan tanaman pepaya.

Agar lahan menjadi gembur, maka perlu melakukan pembajakan dan penggemburan. Pembajakan ini bisa Juragan lakukan sedalam 50 cm. Selanjutnya juragan bisa membuat lubang tanam dengan jarak antar tanaman 2,5 m x 2,5 m.

Selain itu, peran cahaya matahari juga berpengaruh besar terhadap tumbuhnya pepaya california, karena varietas ini membutuhkan intensitas cahaya matahari 100% agar daunnya dapat berfotosistesis secara optimal.

 Penanaman

1 hektar lahan bisa ditanami antara 1.450 hingga 1.600 pohon. Sebelum penanaman, lubang yang sudah terbuat bisa dialiri dengan air. Setelah itu benih bisa langsung Juragan tanam ke lubang yang sudah teraliri oleh air tersebut. Waktu penanaman paling tepat dalam menanam benih pepaya california sun grads adalah di waktu sore hari.

Pemeliharaan dan Perawatan

Langkah perawatan tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Hanya perlu Juragan lakukan penyiraman, pemupukan dan penyulaman ketika juragan menemukan benih yang mati.

Dalam memeliharan tanaman pepaya calina, Juragan perlu memastikan bahwa tanah telah terbebas dari penyakit dan bersih dari tanaman pepaya sebelumnya yang berpenyakit.

Selain itu, pepaya memang membutuhkan air, namun air yang berlebihan akan membuat pohon pepaya yang masih muda sangat mudah busuk, sehingga jangan biarkan genangan air berada di sekitar pohon pepaya. Jika musim kemarau tiba, juragan bisa memberikan jerami untuk mengurangi penguapan air.

Untuk mendapatkan buah yang berkualitas maka selain penyiangan, perlu juga melakukan pemupukan. Pemupukan ini bisa Juragan lakukan 2 bulan sekali, baik dengan pupuk organik maupun anorganik.

Juragan bisa memberikan pupuk seperti TSP 50 gram, ZA 50 gram, Urea 35 gram dan KCI 40 gram. Berikan pupuk di sekitar tanaman dengan bentuk melingkar.

Juragan juga bisa menambahi dengan penyiraman pupuk organik ke lubang tanam setiap 1-2 bulan sekali dengan dosis 1 sendok makan untuk 10 liter air.

Agar terhindar dari jamur atau serangga, Juragan bisa mencampurkan fungsisida, insektisida, ZPT dan pupuk daun dengan cara menyemprotkannya.

Pepaya California Sun Grads

Pencegahan penyakit dan hama juga perlu dilakukan daripada mengobati tanaman yang sudah terlanjur terserang penyakit. Pengusiran hama tentu akan berdampak pada tanaman pepaya yang tumbuh subur.

Perawatan selanjutnya adalah pemangkasan tanaman pepaya california. Proses pemangkasan sebaiknya pada saat tanaman berusia 1 bulan atau ketika tanaman sudah mencapai ketinggian 40 – 50 cm. Pemotongan bisa Juragan lakukan pada bagian pupus atau daun muda yang ada pada bagian paling atas sehingga diharapkan akan muncul tunas baru.

Pemotongan ini bertujuan untuk memunculkan hormon-hormon pembentukan bunga dan juga buahnya. Selain pada tunas, juragan juga bisa memotong tanaman pepaya yang telah tua.

Pemanenan Pepaya Calina

Dengan perawatan yang baik, maka pepaya california sun grads bisa menghasilkan 22 buah pepaya. Pepaya california ini bisa panen setelah tanaman berusia 7 bulan keatas dengan periode panen 4 kali dalam seminggu.

Cara memanennya adalah dengan memetik secara bergilir dan juragan harus memilih buah pepaya yang sudah siap panen.

Selain itu pemanenan juga bisa Juragan lakukan dengan cara memotongnya dengan pisau. Setelah panen buah masukkan buah kedalam keranjang/karung khusus untuk menyimpan pepaya dalam sementara waktu. Salah satu kriteria pepaya siap panen adalah berat buah yang telah mencapai 0,8 Kg. Dengan warna kulit yang sudah agak menguning atau hijau tua.

Juragan juga bisa memperhatikan tangkai buahnya, jika sudah mengecil dari sebelumnya dan sudah mengeluarkan sedikit getah, maka pepaya sudah siap untuk panen.

Hasil Tanam Pepaya Calina

Benih Pepaya California Sun Grads akan menghasilkan buah berbentuk silinder dengan warna hijau pada kulit buahnya dan warna kemerah-merahan pada dagingnya. Tanaman ini juga memiliki batang yang lebih pendek daripada dengan jenis tanaman pepaya varietas yang lain.

Pepaya California Sun Grads juga memiliki ketahanan  terhadap transportasi jarak jauh, sehingga sangat mungkin juragan dapat memberikan buah dalam keadaan fresh ketika sampai di pasaran.

Harga Benih Pepaya Calina California

Harga benih california ini tidak mahal, hanya Rp 20,000 per 1 gram benih (per 1 bungkus). 1 gram kira-kira berisi 60 butir benih pepaya california. Jelas harga ini cukup terjangkau ketimbang merk lain seperti Raja Seed atau Benih Inti, harga ecer bisa di atas 20 ribuan dengan ukuran kemasan yang sama.

Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Ongkir tergantung dari alamat tujuan (kecamatan). Pemesanan dapat dilakukan dengan hubungi no whatsapp di paling akhir artikel ini.

Benih Pepaya California - Sun Grads - 60 btr - Agroria Dramaga Bogor a Benih Pepaya California - Sun Grads - 60 btr - Agroria Dramaga Bogor b

Benih Pepaya California - Sun Grads - 60 btr - Agroria Dramaga Bogor c

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Dapatkan produknya di Shopee atau Tokopedia Toko Deeres. Atau bisa juga klik di sini.