back to top

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida?

Jawabannya bukan.

Cabe Rawit Master Hibirida atau Non Hibirida?

Arti dari benih hibrida adalah benih hasil dari persilangan pertama antara dua induk berbeda secara genetik yang memiliki keunggulan masing-masing. Produksinya lebih rumit dan umumnya memerlukan area penanaman dengan syarat tumbuh tertentu.

Sedangkan Master, tergolong hasil seleksi galur atau tanaman hasil pemulian yang telah diseleksi dan diuji, serta sifat unggul sesuai tujuan pemuliaan, seragam dan stabil.

Asalnya dari indukan terpilih yang memiliki sifat unggul. Jadi, Master adalah benih unggul. Masuk kategori unggul karena memang produktivitasnya tinggi, tahan serangan hama penyakit, dan umurnya juga lebih cepat.

Mana yang lebih baik antara benih hibrida dan non hibrida?

Pada intinya, yang Juragan butuhkan adalah benih dengan performa terbaik. Pembuatan benih cabe hibrida memang tujuannya agar menghasilkan cabe yang lebih tinggi hasilnya daripada umumnya. Itu keunggulan benih hibrida.

Tapi, bila adaptasi terhadap satu wilayah rendah, maka membutuhkan pemupukan yang lebih banyak.

Baca juga : 10 CABE RAWIT TAHAN VIRUS, SPESIALIS MUSIM KEMARAU

Kalau minimal keborosan pupuk bisa 1,5 x saja dari varietas biasa, maka berapa jumlah uang yang harus keluar bila menggunakan benih hibrida? Pastinya akan menjadi beban yang memerlukan perhitungan lagi.

Bila sekarang ada benih cabe unggul tahan penyakit non hibrida yang lebih baik produktivitasnya, bukankah lebih baik menanam benih non hibrida?

Pada kenyataannya, khusus benih cabe rawit merah yang lebih banyak diminati petani justru bukan termasuk benih hibrida. Contoh nyatanya saja seperti Viral, Kaliber, dan Maruyung.

Lalu, seberapa unggulnya cabe Master?

Juragan bisa cek di video pembuktian cabe Master yang ini.

Dalam video itu jelas terlihat bahwa figur tanaman cabe Master tinggi, lebih toleran virus, dan produksi buahnya lebat.

Juragan juga bisa melihat video review Master yang ini untuk melihat apa saja ketahanan penyakit yang dimilikinya, karakter tanaman, dan perkiraan potensi hasilnya.

Kurang lebih seperti itu Juragan. Semoga dengan artikel ini bisa meluruskan persepsi Juragan mengenai benih cabe hibrida dan non hibrida.

 

DAPATKAN PRODUKNYA

Cabe Master – Link Shopee 

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Alasan Mengapa Jerami Dilarang Dibakar! Ini Cara Membuat Kompos Jerami

Juragan yang selalu menanam padi di sini, setelah panen tentu akan dihadapkan dengan tumpukan jerami yang sangat banyak. Apa yang harus kita lakukan dengan...
Kabar Tani
2
minutes
spot_img