Bibit Brokoli Green Magic Sakata, Ajaib Tahan Penyakit

Brokoli tentu bisa menjadi pilihan bagi petani yang tinggal di dataran tinggi. Salah satu bibit yang menjadi andalan petani adalah bibit brokoli varietas green magic, produksi oleh Sakata.

Klik produknya disini

Bibit ini merupakan brokoli hibrida terbaik dari Jepang. Tanaman ini sangat menjadi rekomendasi di ketinggian lebih dari 1000 mdpl dan bertipe iklim basah.

Brokoli Green Magic Sakata merupakan bibit ajaib yang tahan terhadap penyakit bakteri dan akar gada. Selain itu tanaman ini juga tergolong mudah dalam urusan perawatan tanaman.

Perlu kita ketahui bahwa brokoli merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat, sayuran ini ditengarai dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu mencegah pertumbuhan sel kanker serta membantu menurunkan berat badan.

Hasil Tanam

Brokoli green magic sakata bisa Juragan panen setelah pada umur 70 hari setelah tanam. Jika proses penanaman terlaksana dengan baik dan benar, maka bibit ajaib ini akan menghasilkan berat krop mencapai 0.7 Kg.

Warna crop bunga akan tampak seragam dan padat dengan warna hijau kebiruan. Selain itu brokoli varietas green magic akan berbentuk semi kubah dan butiran bunga yang berukuran kecil.

Brokoli Green Magic Sakata

Persiapan Lahan

Lahan yang untuk menanam bibit brokoli green magic sakata haruslah tanah yang terbebas dari bekas tanaman kubis-kubisan.

Tanah bisa Juragan cangkul sampai gembur hingga kemudian buat lubang-lubang tanam dengan jarak tanam 70 cm x 50 cm.

Jika Ph tanah kurang dari 5,5 maka perlu melakukan pengapuran, bisa dengan kaptan atau dolomit dengan dosis 1,5 ton per hektar. Proses pengapuran sebaiknya sebelum 3 sampai 4 minggu sebelum tanam bersamaan dengan pengolahan lahan.

Cara Persemaian

Ada baiknya sebelum bibit brokoli green magic Sakata Juragan semai, rendam benih tersebut terlebih dahulu pada air hangat dengan suhu kira-kira 50 derajat celsius. Selain itu bibit brokoli green magic sakata juga bisa direndam dalam larutan Previcur N (1cc/l) selama 60 menit.

Setelah perendaman, benih bisa Juragan sebar merata pada bedengan penyemaian dengan media berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1.  Kemudian tutup dengan daun pisang selama 2 – 3 hari.

Bedengan yang telah terbuat ada baiknya tertutup atau diberi atap dengan screen/kasa/plastik transparan, hal tersebut bertujuan agar proses penyemaian terhindar dari serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT).

Setelah persemaian melewati masa 7-8 hari, pindahkan bibit brokoli Green Magic ke dalam bumbunan daun pisang atau pot plastik dengan media yang sama yakni (tanah dan pupuk kandang steril). Setelah itu lakukan penyiraman setiap hari dan bibit siap tanam di lapangan setelah berumur 3-4 minggu atau sudah memiliki empat sampai lima daun.

Penanaman Brokoli Green Magic

Perlu kita ketahui bahwa brokoli akan mencapai pertumbuhan optimal pada tanah yang banyak mengandung humus dengan Ph antara 6-7. Waktu tanam yang baik adalah pada awal musim hujan atau awal musim kemarau.

Penanaman bibit brokoli dilakukan dengan cara memindahkan bibit-bibit yang siap tanam ke atas guludan-guludan yang telah dipersiapkan.

Penanaman bibit brokoli juga harus teratur dengan jarak sekira 50×50 cm di atas guludan. Cara menanam bibit-bibit tersebut yaitu dengan cara memasukkan bagian akar ke dalam tanah guludan secara hati-hati agar akar maupun daun tidak sampai rusak.

Meski demikian brokoli green magic dapat tumbuh di sepanjang tahun, tentunya dengan pemeliharaan dan perawatan secara intensif.

Pemeliharaan Brokoli Green Magic

Penyiraman dapat Juragan lakukan setiap hari sampai tanaman brokoli tumbuh normal. Jika mendapati tanaman uang mati, segera lakukan penyulaman. Penyulaman dapat dihentikan setelah tanaman berumur 10-15 hari setelah waktu tanam.

Penyiangan dan pendangiran dapat Juragan lakukan bersamaan dengan waktu pemupunan pertama dan kedua.

Proses penyiangan bisa berhenti pada masa akhir pertumbuhan vegetatif atau masa tanaman brokoli menampakkan bunga.

Pengendalian Hama Penyakit

Ulat kubis dan ulat krop kubis bisa saja ditemukan, hal ini akan menjadikan bengkak akar, busuk lunak, busuk hitam, penyakit embun tepung dan sebagainya. Maka perlu melakukan pengendalian terhadap Hama Penyakit atau Organisme Pengganggu Tanaman dengan beberapa cara.

Jika terdapat akar yang bengkak pada tanaman muda, maka tanaman dapat dimusnahkan atau dicabut.

Selain itu, dapat pula menggunakan pestisida dengan pemilihan jenis, volume semprot atau dosis serta interval maupun waktu penyemprotan. Penting kiranya untuk membaca petunjuk yang ada pada kemasan pestisida tersebut.

Pemanenan Brokoli Green Magic

Umumnya Brokoli dapat dipanen pada saat bunga sudah padat dan terlihat kompak, cara memanennya yaitu dengan memotong pangkal batangnya dengan menyisakan 6-7 helai daun sebagai pembungkus bunga.

Sebaiknya, lakukan penanenan pada pagi hari setelah embun menguap atau sore hari sebelum turun embun.

Estimasi hasil panen berkisar antara 15 sampai 30 ton per hektar kualitas pasar. Dalam urusan pemanenan tentu butuh kedisiplinan, karena keterlambatan panen dapat menyebabkan bunga tumbuh tidak merata, berwarna kekuningan dan merekah sehingga menurunkan kualitas brokoli sebelum masuk pasar.

Sebelum melakukan pemanenan, siapkan plastik polythene film untuk menjaga kesegaran brokoli pasca panen. Hal ini perlu karena brokoli akan cepat layu apabila tidak tersimpan dalam kondisi dingin. Krop brokoli dapat bertahan kurang lebih 3 minggu jika tersimpan pada suhu 1 derajat celsius.

Benih Brokoli, Green Magic, Sakata a Benih Brokoli, Green Magic, Sakata a Benih Brokoli , Green Magic, Sakata c

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Dapatkan produknya di Shopee atau Tokopedia Toko Deeres. Atau bisa juga klik di sini.

Kabar Tani Lainnya

Cara Menanam Cabai Rawit Menggunakan Polybag Gampang dan Tidak Ribet

Bersiap untuk segera mengetahui bagaimana cara menanam cabai rawit pada polybag mudah dan tidak sulit. Pandangan akan tertuju saat melihat tanaman cabai rawit berbuah...