back to top

Bibit Cabe Master Tokopedia, Kenalan Yuk dengan Benih Berkualitas Ini!

Cabai rawit masih menjadi primadona di tanah air. Pasalnya bentuk dan rasanya yang khas memberikan manfaat pada banyak masakan nusantara. Hal ini juga yang membuat bibit cabai rawit banyak dicari. Salah satunya bibit cabe master Tokopedia, penjual bibit cabe yang memasarkan produknya melalui marketplace terbaik di Indonesia.

Era yang semakin modern, semakin ketat pula pengaplikasian teknologi canggih di berbagai lini. Produk apapun yang kita butuhkan sehari-hari, bisa dipesan secara online dengan menggunakan gadget. Termasuk bibit cabe yang menjadi produk tani andalan penduduk nusantara.

5 Poin Kualitas Unggul Bibit Cabe Master Tokopedia

Tokopedia adalah sebuah marketplace atau pasar online yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam dunia maya. Dalam hal pembayaran, pihak Tokopedia menjadi pihak ketiga yang akan mengamankan dana pembayaran sampai transaksi jual beli benar-benar berhasil sempurna.

Jadi, secara tidak langsung Tokopedia berperan sebagai payment security yang mampu mencegah penipuan online yang saat ini sudah banyak terjadi. Jika produk yang pembeli terima tidak sesuai dengan deskripsi atau pesanan, maka pembeli berhak mengajukan pengembalian barang.

Hal itu juga berlaku pada transaksi jual beli bibit cabai rawit Master. Yang mana kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Simak selengkapnya berikut ini!

1. Produksi dalam Negeri Mudah Ditanam

Bibit dari spesies Capsicum frutescens ini telah banyak mendapatkan perhatian dari para peneliti maupun kaum cendekiawan guna menghasilkan produk cabai rawit yang benar-benar unggul. Seperti bibit cabai rawit Master yang memiliki silsilah galur Cr198 merupakan produksi dalam negeri yang telah melalui tahapan penelitian yang panjang.

Proses penyemaiannya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan polybag atau barang-barang bekas seperti gelas plastik atau botol plastik. Pastikan pot yang digunakan tersebut sudah dalam kondisi bersih.

Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah dan pupuk organik atau pupuk kompos dengan perbandingan 3:1. Jadi, misalkan ada 3 kg tanah maka campurkan dengan 1 kg pupuk kompos. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan ke dalam pot lalu diamkan selama satu minggu di tempat yang gelap.

Bila muncul rumput atau tanaman liar lainnya, segera saja cabut dan buang. Setelah 7 hari, tanam bibit cabe Master Tokopedia sedalam 1 cm. Kemudian siram dengan air secukupnya. Letakkan pot di tempat yang teduh dan beratap, siram secukupnya.

Jika kecambah atau tanaman cabai rawit kecil mulai tumbuh, maka pindahkan ke lahan tanam yang lebih luas. Misalnya di pekarangan rumah, halaman, perkebunan atau sawah. Setelah 14 hari penanaman, tebarkan pupuk kompos di sekitarnya untuk menunjang unsur hara tanah.

2. Cepat Panen

Permintaan pasar akan cabai rawit terbilang cukup tinggi. Karena memang cabai ini digunakan dalam kehidupan sehari – hari, sebagai konsumsi rumah tangga maupun usaha rumah makan dan juga industri makanan.

Sebagai contoh, masyarakat di Pulau Jawa dan Sumatera hampir tidak mau ketinggalan sambal saat makan. Sambal yang pedas menggoyang lidah terbuat dari cabai rawit yang telah di haluskan dan di campur dengan rempah-rempah lainnya.

Cabai rawit master ini mampu mengimbangi permintaan pasar yang signifikan. Jika penanaman benar, perawatan dan pemupukan optimal maka dalam waktu 38 – 45 hari, bibit cabe Master Tokopedia sudah bisa berbunga. Bentuk bunganya memanjang, posisi merunduk dan kelopaknya berwarna putih.

Setelah usia 85 – 90 hari, bunga tersebut telah berubah menjadi cabai rawit merah segar yang siap panen. Dalam satu tanaman, bisa menghasilkan 600 – 750 buah atau sekitar 1,4 – 1,7 kg. Dengan berat setiap buahnya berkisar antara 2,4 – 2,7 gram.

Panen cabai rawit tak terpaku pada saat matang saja. Karena di beberapa daerah, justru lebih disukai cabai rawit yang masih hijau mentah atau setengah matang. Jadi, Anda bisa memanennya sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Tahan Hama dan Virus Gemini

Hama dan virus adalah musuh bagi tanaman cabai rawit. Kedua problem ini bisa terjadi karena cuaca, biota dan serangga di sekitarnya. Misalnya, kutu putih dan kutu kebul yang mampu membawa virus gemini untuk menyerang daun cabai rawit serta menghambat pertumbuhannya.

Sebenarnya virus tersebut bisa Anda cegah dengan menempatkan pertanian cabai rawit di lahan tertutup. Jadi, dengan begitu kita bisa membatasi masuknya serangga berbahaya dan hama. Namun di sisi lain, tanaman juga membutuhkan peran serangga untuk mempercepat proses penyerbukannya. Lalu bagaimanakah solusi yang tepat?

Pilihlah bibit cabe yang memang memiliki keunggulan varietas toleran terhadap virus gemini, seperti bibit cabe Master Tokopedia ini!

Bila sudah terbukti toleran maka kekhawatiran terhadap serangan virus tersebut bisa di minimalisir. Begitu pula dengan pemakaian insektisida yang tentu menghendaki Anda untuk mengeluarkan biaya, waktu dan tenaga lebih banyak.

4. Cabai Rawit Tahan Lebih Lama

Cabai rawit lokal biasanya hanya bisa bertahan 5 – 7 hari pada suhu ruang. Maka dari itu, jangan heran jika cabai rawit yang Anda simpan tersebut mulai membusuk.

Lain ceritanya dengan bibit cabe Master Tokopedia ini! Bisa bertahan lebih lama dalam suhu ruang yakni sekitar 6 – 8 hari. Bila Anda simpan dalam lemari es bisa bertahan sampai 14 hari. Cabai rawit sebenarnya bisa di simpan lebih lama lagi bila berupa cabai bubuk. Caranya mudah!

Pertama, bersihkan lalu keringkan cabai rawit langsung di bawah sinar matahari. Kemudian pisahkan antara buah dan tangkainya. Bawa ke tukang penggiling untuk menghaluskan cabai rawit secara sempurna. Bubuk cabai rawit sudah bisa Anda gunakan!

5. Produktivitas Bibit Cabe Master Tokopedia Tinggi

Apabila Anda melakukan penanaman dan perawatan bibit cabe rawit master dengan baik, maka mampu menghasilkan produktivitas tinggi. Bukan hanya menilai dari banyaknya jumlah buah, tetapi juga postur tanamannya.

Tanaman cabe rawit Master memiliki tinggi sekitar 150 – 160 cm dengan bentuk penampang batang bulat. Tanaman yang mampu hidup pada ketinggian 50 – 850 meter di atas permukaan laut ini bisa bertahan sekitar 2 – 3 tahun. Yang mana dalam satu tahun bisa dipanen sebanyak 4 kali.

Jika Anda memiliki lahan seluas 1 hektar, maka bibit cabe rawit Master yang dibutuhkan hanya sekitar 110 – 120 gram. Populasi yang muncul sebanyak 20.000 dan panen cabai rawitnya sebanyak 32 – 35 ton.

Belilah Bibit Cabe Master Hanya di Tokodeeres.com dan Marketplace Tepercaya!

Jangan asal membeli bibit cabai rawit master di sembarang tempat! Hal ini karena tidak sedikit orang yang sudah menjadi korban penipuan bibit cabe rawit abal-abal. Ada juga yang sudah kehilangan uang, tapi produk fiktif belaka. Belilah hanya di toko resmi kami https://tokodeeres.com/ atau marketplace andalan kami, Tokopedia!

Selain tokopedia, Anda bisa memperoleh produk benih cabe ini melalui marketplace lain yang juga 100% terpercaya yaitu Shoppe.

Dapatkan informasi ketersediaan stok dan harga terbaru bibit cabai rawit Master Tokopedia dengan menghubungi nomor WhatsApp Customer Service kami 0812 9109 9109 pada jam kerja!

Anda juga bisa konsultasi terkait penanaman cabai rawit Master. Yuk, kami tunggu pesanan Anda sekarang juga!

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img