Cara Membuat Bibit Cabe Merah Unggul Sendiri Paling Mudah

spot_img

Ketika harga cabe merah mulai memuncak, tak jarang kita temui hal ini menjadi viral di media sosial. Saking hebohnya, banyak masyarakat yang kemudian beralih profesi menjadi petani cabai dadakan. Bahkan mereka rela mempelajari cara membuat bibit cabe merah unggul.

Cabe merah adalah jenis cabe yang banyak dibutuhkan oleh kaum ibu rumah tangga dan pengelola rumah makan, serta industri olahan cabe.

Yuk, Cari Tahu Cara Membuat Bibit Cabe Merah Unggul Bagi Pemula!

Cabe merah yang akan kita tanam, sebaiknya berasal dari bibit yang berkualitas, bukan dari tanaman cabai yang sudah besar.

Bibit cabai ini bisa Anda buat sendiri dengan cara-cara berikut ini!

1. Cara Praktis

Buah cabai setelah dipetik dari pohonnya rata-rata hanya mampu bertahan selama 3-4 hari dalam suhu ruang. Setelah itu ia akan membusuk secara perlahan. Cabe yang sudah busuk ini tentu tidak bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Ketika persediaan cabai merah Anda sudah membusuk, jangan langsung dibuang begitu saja!

Cabai yang busuk ini bisa menjadi bibit alami yang proses penanamannya mudah, bagi pemula sekalipun!

Keluarkan biji cabai dari daging buahnya yang telah busuk. Kemudian rendamlah ke dalam segelas air. Perhatikan! Mana biji yang tenggelam dan terapung.

Ambil biji yang tenggelam untuk kemudian keringkan selama 3 hari. Sedangkan biji yang terapung merupakan biji yang tidak bermutu dan layak tanam.

2. Membeli Bibit Kemasan

Cara membuat bibit cabe merah unggul yang kedua adalah dengan membeli bibit cabe merah kemasan. Seperti bibit cabai Master, tersedia dalam kemasan ekonomis 10 gram. Di lengkapi dengan cara penyemaian dan perawatannya.

Bibit kemasan adalah biji cabai rawit yang telah melalui proses panjang hingga menghasilkan bibit berkualitas unggul. Bibit ini bisa jadi berasal dari cabai merah lokal, import atau kawin silang antara beberapa jenis cabe merah.

3. Bibit Cabe Merah Liar

Jika Anda terbiasa membuang sisa makanan ke lahan belakang rumah, maka bisa di pastikan akan ada tanaman liar yang tumbuh. Barangkali satu di antaranya adalah tanaman cabai merah.

Perhatikan ciri-cirinya dengan teliti! Tanaman cabai merah memiliki daun yang melebar, berwarna hijau dan berukuran panjang sekitar 6,3 – 7,1 cm. Batang berwarna hijau keputihan dan tampak kokoh. Sedangkan untuk bunganya, memiliki kelopak berwarna hijau dan mahkota berwarna putih, dengan posisi merunduk.

Jika Anda sudah yakin tanaman liar tersebut adalah tanaman cabai merah, maka jangan ragu untuk memindahkannya ke lahan terbuka yang lebih baik sehingga pertumbuhannya akan lebih optimal.

Perawatan Tanaman Cabai Merah

Setelah Anda memahami bagaimana cara membuat bibit cabe merah unggul, kini saatnya Anda tahu tentang cara perawatannya yang benar. Mulai dari penyiraman, lakukan secara rutin dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Gunakan air segar yang langsung dari sumbernya, misalnya air sumur atau air sungai.

Sedangkan untuk pupuknya, gunakanlah pupuk organik yang bisa Anda buat sendiri dari kotoran hewan ternak, seperti sapi, kambing, domba dan ayam.

Apakah Anda Sudah Yakin dengan Cara Membuat Bibit Cabe Merah Unggul?

Pastikan Anda memahami poin-poin penting yang telah kita bahas di atas. Jika Anda masih belum yakin bisa membuat bibit cabe merah sendiri, yuk beli saja bibit cabai rawit merah Master di Shopee dan Tokopedia!

Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau daripada di toko pertanian plus fasilitas free ongkir ke seluruh Indonesia!

Ayo, pesan sekarang juga sebelum kehabisan!

Kabar Tani Lainnya

Jual Sprayer Kandang Ayam yang Pas untuk Peternakan

Toko Deeres - Para peternak juga membutuhkan sprayer kandang ayam untuk melakukan penyemprotan pada unggas mereka. Hal ini sangat penting dalam merawat unggas agar...