Cara Merawat Bunga Mawar Di Tanah dan Pot Supaya Tetap Subur, Segar dan Tidak Gampang Layu

Siapa yang tidak suka dengan pesona bunga mawar? Pastinya banyak orang yang menyukai keindahan serta aroma khasnya. Ternyata cara merawat bunga mawar tidaklah sulit supaya terus berbunga menyuguhkan kemolekan. Mawar bukanlah bunga musiman, sehingga kalau terawat baik akan terus berbunga.

Banyak orang memanfaatkan bunga mawar sebagai decorative plant dan hadiah. Apalagi menanam tanaman ini bisa langsung di tanah dan juga pot. Bunga mawar termasuk dalam jenis tanaman semak dari spesies genus Rosa. Di dunia ini ada sekitar lebih dari 100 spesies dan banyak tumbuh pada wilayah bersuhu sejuk.

Cara Merawat Bunga Mawar Tetap Cantik dan Tidak Gampang Layu

Beragam bunga mawar dalam perawatan hampir sama karena mempunyai karakteristik yang tidak terlalu berbeda. Kerap menjumpai bunga mawar sebagai tanaman hias dalam pot atau tanah. Ada juga sebagai mawar tangkai untuk hiasan ruangan.

Keindahan bunga mawar tetap terjaga dengan hidup subur dalam pot maupun segar di vas bunga tentu perlu mengetahui cara merawat bunga mawar dengan benar. Jadi, mawar yang indah dapat terus berbunga dan mekar dengan cantik karena mengetahui cara merawatnya.

Baca juga : Benih Marigold – MAHARANI F1 – 100 Btr – Cap Panah Merah

  • Pastikan Memilih Pot yang Sesuai

Memilih pot sebagai tempat untuk menanam bunga mawar tentu perlu memperhatikan ukuran serta jenisnya. Ketahuilah kalau tanaman ini kurang bersahabat dengan air yang terlalu banyak. Maka dari itu, memilih pot yang terbuat dari tanah liat merupakan trik bagus.

Mengingat pot tanah liat mempunyai banyak pori yang mampu mengalirkan air secara cepat. Intensitas air berlebihan akan membuat tanaman bunga mawar cepat membusuk. Membiarkan air tergenang dalam pot ataupun terlalu lembek dan lembab akan menghambat pertumbuhan mawar, bahkan layu dan mati.

  • Tepat dalam Memilih Media Tanam

Memilih pot atau langsung di tanah untuk menanam bunga mawar harus menggunakan media tanam yang tepat. Tanaman hias ini membutuhkan media tanam tidak terlalu gembur dan padat. Cara merawat bunga mawar perlu memilih tanah tidak terlalu keras lalu mencampurkan beberapa bahan organik serta pupuk.

Baca juga : Hand Sprayer Mini – Yoto 2 Liter Manual

  • Rutin Menyiram Tanaman Bunga Mawar

Termasuk dalam tanaman hias, mawar tetap memerlukan penyiraman yang rajin agar terus bisa hidup dan menghasilkan bunga. Siramlah pada waktu pagi dan sore secara rutin dengan intensitas air sedang. Pergunakan teknik penyiraman semburan air yang halus dan hindari kasar secara langsung untuk mencegah media rusak.

  • Berilah Penyinaran yang Cukup

Tanaman bunga mawar juga memerlukan penyinaran yang baik dan cukup. Kebutuhan sinar matahari yang lancar untuk membantu proses fotosintesis, sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan. Usahakan untuk menjemur tanaman mawar di pagi hari sekitar pukul 10 sebab cahaya matahari belum terlalu terik.

Jika tidak ingin capai dan ribet memindahkan pot-pot tentu cara merawat bunga mawar bisa memakai jaring-jaring di atasnya. Tanaman tetap mendapatkan sinar matahari tetapi tidak berlebihan juga. Sebaiknya, penyinaran secukupnya saja sebab terlalu sering akan mengakibatkan tanaman bunga mawar gampang layu dan kering.

Baca juga : Benih Bunga Matahari – SUNFLOWER – 10 Btr – Known You Seed

  • Mengecek dan Memangkas Secara Rutin

Memeriksa setiap bagian tanaman bunga mawar, mulai dari ranting dan daun ketika menemukan ada yang rusak, maka segera pangkas. Pertumbuhan bagian tanaman lain akan terganggu jika ada yang membusuk, melayu, dan mengering tidak dipangkas.Memangkas Mawar yang Layu

Pastikan dalam memotong bagian tanaman yang rusak jangan pola diagonal atau menyerong supaya tidak menghambat pertumbuhan lainnya. Potonglah lurus menggunakan gunting tanaman supaya tidak merusak dan menularkan penyakit ke bagian lainnya.

 

Bunga mawar juga dapat meningkatkan mood serta suasana hati menjadi lebih menyenangkan setiap hari. Nah, cara merawat bunga mawar dapat menjadi referensi untuk menjaga tanaman bisa bertahan hidup dan terus berbunga. Ternyata tidak sulit ya?

Kabar Tani Lainnya

Cabai Rawit Tahan Hujan dan Tips Menanamnya!

Pernahkah Anda mendengar mengenai bibit cabai rawit tahan hujan? Ya, bibit cabai yang tahan akan cuaca ekstrim ada lho dan ditawarkan oleh produsen terpercaya...