Harga Bibit Cabe Master Terbaik Bagi Petani Pemula

spot_img

Semakin banyak lahan yang beralih fungsi sebagai usaha rumah makan, perhotelan dan sebagainya maka makin berkurang pula petani di negeri ini. Padahal, tanpa adanya petani, bagaimana pemenuhan bahan baku makanan sehari-hari? Sejatinya usaha tani ini tak boleh berhenti, apalagi saat ini harga bibit cabe master lebih terjangkau oleh semua kalangan.

Banyak orang enggan bertani karena kesulitan mendapatkan lahan kosong atau lahan yang subur kaya akan nutrisi. Di sisi lain, kita bisa memanfaatkan lahan sempit di samping, belakang atau halaman rumah kita sebagai mini garden.

Cara Memilih Harga Bibit Cabe Master dengan Kualitas Unggul, Anti Gagal Panen!

Cabai sendiri merupakan tanaman buah yang mudah beradaptasi di berbagai ketinggian dan iklim. Penanamannya pun mudah, dan perawatannya relatif ringan. Biasanya ibu-ibu rumah tangga akan menanam cabai dari biji yang diambil dari daging buahnya yang mereka beli di pasar. Tapi, yakinkah Anda jika itu bisa menghasilkan cabai terbaik sesuai ekspetasi?

Hai Bun, tidak semua biji mampu menghasilkan buah seperti induknya! Ada sekian faktor yang justru menghasilkan buah dengan sifat yang berbeda dari induknya. Bahkan lebih ekstremnya lagi, ada yang sampai mengalami gagal panen.

Jika Anda memang benar-benar serius ingin menjajal tani cabai di pekarangan rumah, maka pilihlah cabai rawit master. Kenapa cabai rawit master?

Cabai rawit termasuk jenis cabai yang bersifat multifungsi atau banyak manfaatnya. Bisa untuk cigitan atau dimakan dalam kondisi mentah namun segar, diolah menjadi sambal dan cabe bubuk. Dengan kata lain, budi daya cabai rawit ini tidak harus menunggu benar-benar matang baru dipanen. Cabe rawit yang berwarna hijau (masih mentah) atau setengah matang juga banyak yang mencarinya.

Lalu pertanyaan berikutnya, berapakah harga bibit cabe master dan dimanakah membelinya?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, pastikan Anda memahami poin-poin penting di bawah ini!

1. Siapkan Lahan Tanam yang Sesuai

Meskipun cabai termasuk tanaman yang mudah berkembang biak. Namun, jangan sekali-kali menyepelekannya! Lahan tempat bibit akan disebar nantinya harus dipersiapkan dengan benar.

Bersihkan rumput liar dan gulma yang ada di pekarangan rumah Anda. Gemburkan tanah menggunakan cangkul atau pamong hingga rata. Kemudian biarkan selama beberapa hari sebelum menebarkan pupuk kandang di atasnya. Pupuk kandang ini adalah pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan seperti sapi, kambing dan ayam.

Setelah itu, diamkan lahan selama 7 hari. Baru kemudian dibuat bedengan. Ukuran bedengan yang baik memiliki lebar 1 meter dan panjang menyesuaikan luas lahan. Namun, bila pekarangan Anda belum memenuhi ketentuan tersebut, Anda bisa membuat bedengan dengan ukuran yang berbeda sesuai kondisi lahan.

Perhatikan jarak antar bedengan, sebaiknya tidak kurang dari 50 cm. Lalu untuk lubang tanamnya bisa dibentuk dari kaleng susu bekas dengan pola zig-zag dan jarak antar lubang sekitar 50 – 60 cm.

2. Melapisi Bedengan dengan Mulsa Plastik Bening Memanjang

Mulsa plastik biasa untuk melapisi bedengan, kecuali pada lubang tanam cabe rawit. Apakah fungsinya?

Mulsa plastik ini dapat mengurangi penguapan air dan pupuk pada tanah sehingga kelembaban tanah terjaga dan nutrisi pupuk dapat terserap secara optimal. Plastik yang melapisi ini juga berfungsi mencegah erosi bedengan saat hujan deras. Proses penyiangan atau pembuangan gulma juga dapat ditekan dengan adanya mulsa plastik ini. Sehingga dapat mengurangi tenaga, waktu dan biaya produksi budi daya cabe rawit.

3. Buatlah Pagar dan Atap Rumah Kaca

Supaya lebih rapi dan terlindung dari gangguan unggas dan anak-anak, buatlah pagar pembatas di sekeliling lahan tanam cabe rawit Anda. Anda bisa memanfaatkan bambu atau kayu untuk membuatnya.

Guyuran air hujan yang terlalu deras dan terik matahari yang terlalu panas dapat menghancurkan tanaman cabe yang masih muda. Akan lebih baik jika Anda juga menyiapkan atap rumah kaca sebagai pelindungnya. Bagian ini bisa berasal dari genteng mika, plastik tebal dan/atau jaring dengan size kecil. Jangan khawatir, karena harganya relatif lebih terjangkau dari harga bibit cabe master!

Setelah tanaman cabe berukuran dewasa, atap rumah kaca tersebut bisa Anda lepas. Anda juga bisa menerapkan sistem alternatif lain, yakni menggunakan polybag sebagai media tanaman cabe muda sampai cukup usia untuk nantinya Anda pindahkan ke lahan terbuka.

4. Kenali Ciri-ciri Bibit Cabe Master yang Original

Bibit cabe master memang sudah terkenal unggul di pasaran. Sehingga peminatnya pun tersebar di berbagai penjuru nusantara. Namun, di sisi lain ada oknum-oknum nakal yang menjual bibit cabe master. Kemasannya sangat mirip dengan aslinya, tapi isi di dalamnya lain. Bisa cabe rawit kualitas rendah atau sortiran terakhir.

Yang mana ketika penanaman akan menghasilkan cabe rawit under quality atau kualitas yang tidak layak jual.

Bagaimanakah ciri-ciri bibit cabe master yang original?

  • Kemasan berwarna hitam merah dengan logo MASTER di atasnya.
  • Berasal dari dalam negeri dengan silsilah galur Cr198.
  • Bisa ditanam pada ketinggian 50 – 850 meter di atas permukaan laut.
  • Berbunga pada usia 38 – 43 hari pasca penanaman.
  • Masa panen jatuh pada usia 85 – 90 hari pasca penanaman.
  • Bentuk penampang batang bulat dengan tinggi 150 – 160 cm.
  • Batang memiliki diameter 1,3 – 1,7 cm dan warna hijau keputihan.
  • Bentuk daun bulat lonjong dengan panjang 8,5 – 9,2 cm dan diameter 4,6 – 5,5 cm.
  • Keunggulan varietas toleran terhadap Gemini Virus, ruas tanaman pendek dan jumlah bunga 2 per ruas.

Itulah beberapa karakteristik utama dari bibit cabe master. Bila nanti setelah mulai penanaman dan tumbuh, hasilnya tidak sesuai dari ciri-ciri di atas maka Anda sudah bisa mengambil kesimpulannya.

5. Penyiraman dan Pemupukan Cabai Rawit

Tanaman cabai yang mudah tumbuh dan berkembang tetap butuh perawatan yang rutin. Penyiraman menyesuaikan dengan kondisi cuaca saat itu. Apabila curah hujan tinggi maka jangan lakukan penyiraman. Daun, bunga dan buah cabai rawit akan mudah rontok bila terguyur air secara berlebihan.

Namun, bila terik matahari sangat tinggi dan curah hujan sedikit maka penyiraman perlu berlangsung secara rutin 2 kali sehari. Selain itu, pemupukan juga penting untuk dilakukan. Gunakan pupuk organik atau kompos pada usia 2 minggu setelah penanaman. Pupuk kompos ini sekarang sudah bisa Anda temukan di toko-toko pertanian. Harganya dan harga bibit cabe master hampir sama murahnya.

Perhatikan kondisi lahan tempat menanam cabe rawit. Bila terdapat gulma atau tanaman liar, bersihkan secara rutin setiap sekali dalam sebulan. Gulma tersebut ikut mengambil nutrisi dari tanaman cabe sehingga bisa menyebabkan gagal panen atau hasil panen under quality.

Info Harga Bibit Cabe Master Terbaru 2022!

Dapatkan informasi seputar harga dan ketersediaan bibit cabe master melalui situs resmi kami https://tokodeeres.com/. Anda juga bisa kontak langsung Customer Service kami pada nomor 0812-9109-9109

Kami akan memberikan harga bibit cabe master paling terjangkau dan berkualitas unggul khusus untuk Anda!

Untuk pembelian yang lebih mudah dan aman, Anda bisa membelinya melalui marketplace terpercaya seperti Shopee dan Tokopedia.

Kabar Tani Lainnya

Bibit Cabe Rawit Unggul Terbaru dan Cara Pemindahannya

Proses menanam cabe rawit biasanya akan dimulai dari menyemai biji cabe di wadah penyemaian. Namun, sebelumnya Anda harus memilih bibit cabe rawit unggul terbaru...