Butuh bantuan?

Kangkung Super Tafung, Mudah Perawatan Bikin Petani Untung

Daftar akun dan nikmati manfaatnya

Kangkung Super Tafung merupakan salah satu benih produk lokal dengan kualitas super, masa tanam yang cenderung singkat tentu bisa menjadi pertimbangan juragan dalam memilih benih Kangkung super tafung sebagai opsi menanam sayuran.

Di Indonesia, kangkung terkenal sebagai sayuran hijau yang memiliki kandungan protein dan zat besi yang sangat tinggi.

Zat besi yang terkandung dalam kangkung memiliki peran penting dalam memberikan kekuatan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi. Sehingga zat besi sangatlah penting dalam sistem imunitas tubuh manusia.

Awalnya kangkung lekat dengan anggapan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang sangat unik. Namun seiring berjalannya waktu, kangkung bertransformasi dari tanaman hias menjadi sayuran untuk konsumsi yang mempunyai komoditas tinggi.

Hasil Tanam Kangkung Super TaFung

Kangkung Super Tafung memiliki ciri khas berwarna hijau segar dengan bentuk daun bulat lonjong, dengan tinggi 15 – 20 cm.

Kangkung Tafung

Persiapan Lahan

Persiapan lahan tentu menjadi hal yang harus juragan cermati sebelum menanam benih Kangkung super tafung. Seperti ph tanah hingga keadaan iklim.

Kangkung super tafung akan tumbuh dengan baik di dataran tinggi dengan curah hujan sekitar 1500 mm/th. Selain itu lahan yang hendak ditanami juga memerlukan sinar matahari sepanjang hari dan bebas dari tanaman yang lebih tinggi, tanaman yang lebih tinggi tentu dapat menghambat sinar matahari dan menghambat proses fotosintesis. Sedangkan suhu daerah yang cocok untuk menanam kangkung adalah 20-30 derajat celsius

Tanaman kangkung memerlukan tanah yang subur dan kaya akan unsur hara, Ph yang ideal untuk kangkung adalah 6,7 sedang tanah yang ph-nya kurang dari 5, maka juragan perlu melakukan pengapuran terlebih dahulu.

Tanah juga perlu dilolah dengan cara mencangkulnya sedalam 20 – 30 cm, kemudian buat bedengan minimal lebar 1 meter.

Penyemaian Benih Kangkung

Penyemaian bibit kangkung bertujuan agar calon tanam kangkung dapat tumbuh secara maksimal agar selanjutnya calon tanam kangkung bisa lebih mudah beradaptasi dengan keadaan tanah.

Juragan perlu membersihkan lahan dengan sabit atau cangkul dari tanaman rumput liar, setelah itu juragan dapat menggunakan plastik atau jerami sebagai penutup permukaan lahan semai.

Begitu juragan selesai membuat atap lahan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan juragan adalah menyebar benih kangkung tafung lalu tutup dengan menggunakan tanah. Aturlah jarak kurang lebih 20 – 40 cm tiap lubang.

Dalam proses penyemaian, juragan perlu melakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore hari. Hindari penyiraman di siang hari ketika matahari sedang terik.

Setelah benih berusia 1-2 minggu, pindahkan tanaman kangkung ke dalam pot yang berisi tanah dan pupuk. Selanjutnya lakukan perawatan kangkung selama 7 hari dengan melakukan penyiraman 2 kali sehari. Hal ini tentu saja langkah opsional yang bisa juragan lakukan.

Penanaman Kangkung Super TaFung

Sebelum melakukan penanaman, lahan harus bersih dari sisa-sisa akar tanaman lain dan gulma. Sekaligus lakukan pemberian pupuk dasar dengan 50 Kg TSP dan 40 Kg KCI.

Jika juragan memiliki lahan berukuran satu hektar maka setidaknya memerlukan 5 – 10 Kg biji setiap satu meter perseginya.  Tanaman kangkung memang dapat tumbuh sepanjang musim. Namun waktu tanam yang baik adalah di awal musim hujan dan awal musim kemarau karena pada saat itu belum banyak hama dan penyakit tanaman  yang menyerang.

Jika sebelumnya juragan melakukan penyemaian di pot atau polybag, maka pindahkan calon tanaman dari media semai ke lahan secara hati-hati. Pindahkan benih beserta akar dan sebagian tanah dari media semai.

Pemeliharaan

Tanaman kangkung super tafung tidak membutuhkan pemeliharan yang sulit dan banyak seperti tanaman lain, namun agar kangkung dapat tumbuh dengan subur dan mendapatkan hasil yang maksimal maka pemeliharaan seperti pemupukan dan penyiraman tetap perlu juragan lakukan

Pemupukan, dalam proses ini juragan bisa memilih pupuk urea yang merupakan jenis pupuk nitrogen. Sebab kekurangan unsur nitrogen dapat menyebakan pertumbuhan tanaman terhambat, kerdil, warna daun berubah menjadi hijau kekuningan sampai menguning seluruhnya, jika Juragan tidak mengatasinya maka tanaman akan menjadi cepat roboh.

Pengairan, Hal ini merupakan salah satu syarat keberhasilan bertanam kangkung. Perlu juragan ketahui bahwa kangkung merupakan tanaman yang tidak menyukai keadaan tanah yang becek dan tergenang. Sehingga saluran drainasi harus tetap terjaga agar tidak menggenangi areal pertanaman. Penyiraman pada musim hujan bisa dilakukan apabila tanah terihat kering dan hujan belum juga turun. Sedangkan pada musim kemarau, penyiraman bisa dilakukan secara intens dua kali sehari.

Pengendalian Hama Penyakit

Juragan perlu waspada dengan salah satu gulma galang (portulaca olerace ae L), Kehadiran tamu tak diundang pada tanaman kangkung ini dapat menghambat tanaman karena merupakan pesaing dalam memperoleh sinar matahari, air dan unsur hara.

Meski demikian, juragan dapat mengendalikannya dengan melakukan penyiangan selama dua minggu sekali atau tergantung pada banyaknya gulma yang tumbuh.

Pemanenan Kangkung Super TaFung

Salah satu alasan petani memilih kangkung adalah, kangkung merupakan sayuran yang cepat panen, maka pemanenan bisa diprediksi dengan mengamati ciri-ciri tanaman yang siap panen. Hasil panen yang nantinya akan Juragan jual harus ditangani secara benar.

Umumnya kangkung bisa panen pertama pada umur 21 hari setelah tanam. Pada usia ini kangkung akan mencapai ketinggian 15-20 cm. Pemanenan berikutnya bisa 2 kali dalam satu minggu atau setiap 3 hari sekali.

Pemanenan bisa dengan cara cabut dengan menarik batang tanaman bagian bawah secara hati-hati. Pencabutan ini bisa semakin mudah apabila tanah semakin gembur.

Juragan perlu tahu bahwa kesegara kangkung pasca panen hanya dapat bertahan 12 jam. Oleh karena itu jika ingin mendapatkan kesegaran kangkung pasca panen dalam waktu lebih lama, juragan perlu menyimpannya di lemari pendingin atau dengan cara mencelupkan bagian akar sayuran dalam air.

Benih Kangkung - Kangkung Super - 500 gr - Ta Fung a Benih Kangkung - Kangkung Super - 500 gr - Ta Fung d Benih Kangkung - Kangkung Super - 500 gr - Ta Fung c Benih Kangkung - Kangkung Super - 500 gr - Ta Fung b

Benih Kangkung - Kangkung Super - 500 gr - Ta Fung e

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

KATALOG PRODUK

Bibit Cabe Luwes, Pendatang Siap Saing

Bibit Cabe Luwes atau yang biasa disebut benih cabe luwes merupakan varietas yang sudah teruji ketahanannya. Jangan sampai anda tidak menggunakan benih cabe satu ini. Meskipun merk BRC datang sebagai pendatang baru, namun petani cabe sangat menyukai hasil tanamnya. Tanyakan untuk ketersediaan produk, dan segera miliki benihnya sekarang.

Mengenal Pendatang Baru Benih Cabe Keriting Luwes BRC

Benih Cabe Keriting Luwes Produksi BRC ini merupakan salah satu benih cabe keriting pendatang baru. Meski demikian varietas Luwes ini merupakan tanaman cabe keriting yang sudah teruji ketahanannya.

Sprayer Adalah… Mari Simak Artinya

Sprayer adalah alat semprot/alat sembur cairan dengan fungsi melepaskan kumpulan butiran lembut. Proses pembentukan semprotan dikenal sebagai atomisasi (pemecahan cairan menjadi lebih kecil). Nozzle...

Raup Keuntungan Dengan Bibit OR Twist 42

Secara umum cabe keriting bisa tumbuh di hampir semua tempat, namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada varietas cabe untuk dataran rendah dan dataran tinggi

Cabe Laba F1, Cabe Keriting Tahan Segala Virus

Cabe Laba yang tahan dari berbagai serangan virus ini cukup terkenal dikalangan petani muda. Tanyakan untuk ketersediaan produknya. Jangan sampai anda salah strategi dan rugi gagal panen karena salah pilih produk benih. Simak penjelasannya.

Daftar Harga Mesin Semprot Pertanian Berkualitas Bagus

Toko Deeres - Daftar harga mesin semprot pertanian. Untuk memulai suatu pekerjaan agar prosesnya bisa lebih cepat adalah dengan bantuan tenaga mesin. Misalnya di sektor...

Tangki Semprot Elektrik Yoto, Semprotan Kencang Bodynya Mantap

Toko Deeres - Ada berbagai jenis pilihan dari tangki semprot elektrik Yoto, mulai dari yang manual hingga elektrik berteknologi ganda. Semua produk dari merek...

Hasil Genjah! Iggo Si Cabe Keriting Unggul

Anda masih asing dengan benih cabe keriting Iggo? Dengan keunggulan genjahnya, benih cabe satu ini mampu membuat petani mantap menggunakan produk asal Cap Kapal Terbang ini. Tanyakan untuk ketersediaan produk. Sebelum beli benihnya, pastikan anda simak dulu keunggulannya dibawah ini.

Cara Merawat Tangki Semprot Elektrik Yokohama agar Bisa Tahan Lama

Toko Deeres- Hampir semua petani membutuhkan alat semprot pertanian, salah satunya yakni tangki semprot elektrik Yokohama. Alat semprot merek Yokohama ini memiliki kualitas bagus,...

Harga Alat Semprot Elektrik Pertanian Yokohama 18 liter di Berbagai Toko Online

Toko Deeres - Harga alat semprot elektrik pertanian merek Yokohama berbeda-beda pada tiap toko online-nya. Untuk itu Anda bisa mencari harga yang pas dan...

Mengenal Benih Brokoli F1, Varietas Griffin

Anda sedang mencari benih brokoli, tapi bosan dengan varietas itu-itu saja? Kali ini akan kami tunjukkan varietas lain yang tidak kalah baik. Yaitu, benih brokoli f1 Griffin. Mari simak penjelasannya. Dan jika ingin mendapatkan produknya, tanyakan untuk ketersediaan produk.

Daftar Harga Tangki Semprot Elektrik Yamaha

Toko Deeres - Daftar harga tangki semprot elektrik Yamaha. Tangki semprot elektrik memiliki berbagai jenis merek, yang masing-masing harganya berbeda. Harga dari tangki semprot...

Cara Menanam Kangkung Hidroponik Dengan 5 tahapan Yang Layak Dicoba

Cara menanam kangkung hidroponik saat ini bisa menjadi sebuah alternatif yang layak menjadi pilihan berkebun di zaman modern. Selain lebih mudah melakukannya juga lebih...

Tangki Semprot Yokohama Model Terbaru, Kapasitas Lebih Besar

Toko Deeres - Yokohama merupakan salah satu produk alat semprot impor yang baru saja mengeluarkan produk Yokohama model terbaru. Produk terbaru dari Yokohama merupakan...

Cara Menanam Pepaya California, Si Varietas Populer di Indonesia

Tahukah Anda pepaya California tergolong varietas pepaya paling populer di Indonesia? Oleh karena itu, orang-orang gemar belajar cara menanam pepaya California. Soalnya, pepaya ini memiliki...

Cara Terbaik Agar Tanaman Cabe Berbuah Lebat

Agar tanaman cabe berbuah lebat ternyata banyak caranya. Meskipun cara ini memerlukan perhatian agar kelak mendapat hasil optimal. Tekun, serius dan sabar adalah kunci yang harus dimiliki sebelum mendapat hasil cabe yang lebat. Mari simak penjelasan lengkap dibawah ini. Yuk mari!

Dapatkan Harga Semprotan Charger dengan Harga Terjangkau

Toko Deeres - Harga semprotan charger yang tersebar di toko-toko pertanian sangat beragam. Selain tokonya, yang mempengaruhi harga semprot menggunakan daya baterai yakni pada...

Benih Kembang Kol Roo So 45, Jelas Terbukti

Kembang kol berbentuk telur semi bulat, keras, berwarna putih, perkiraan bisa mencapai berat 1 Kg. Dan juga ketika telat panen, lebih tahan terhadap biru crop, alias tahan defisiensi phospat dalam bahasa teknisnya.

Tahan Layu, Perkenalkan Bibit Cabe Rawit Merah Viral

Salah satu bibit cabe yang kami rekomendasikan untuk ditanam adalah Bibit Cabe Rawit Merah Varietas Viral merk Candi. Bibit cabe rawit merah varietas ini memiliki keunggulan yakni tahan layu bakteri dan layu jamur.

Cara Menanam Labu Siam agar Tumbuh Sehat

Ternyata, kamu bisa menanam berbagai jenis sayuran di rumah, seperti belajar cara menanam labu siam agar tumbuh sehat. Berdasarkan catatan sejarah, labu siam adalah tanaman...