back to top

Obat Terlaris Hama Kutu Trips Tungau dan Bercak Daun

Hama kutu, trips, tungau, dan bercak daun lumrah terjadi. Wajib ada tambahan penyemprotan. Apalagi ketika sudah nampak ada gejala. Karena cepat menyebar, harus cepat pengendaliannya. Kira-kira apa saja obat terlaris hama kutu sekaligus bercak daun?

Insektisida

Abamektin, masih menjadi bahan aktif yang paling banyak digunakan. Produknya sangat banyak. Mulai dari harga yang murah, sampai yang mahal. Di pasar online, salah satu merk yang paling banyak diminati masih Demolish. Kandungannya 18 gram per liter abamektin, seperti kebanyakan merk lainnya yang ada. Untuk tanaman cabe, dosis pemakaiannya antara 1 sampai 2 mili per liter.

Per kemasan 200 mili, harganya 130 ribuan.

Ada 3 cara kerja dalam bahan aktif ini. Abamektin, menghambat transmisi syaraf pada serangga, sehingga menyebabkan lumpuh syaraf. Abamektin, juga berperan dalam menghentikan proses makan dan peletakan telur serangga. Serta mengganggu proses pelepasan kulit larva dan pupa.

Bisa dikatakan, abamektin juga merupakan akarisida. Karena dalam aplikasinya juga mengatasi hama tungau. Kalau Juragan mau sekalian mengendalikan hama kutu, bahkan ulat sekalipun, abamektin bisa membantu.

Oleh sebab itu, masih menjadi obat hama yang terlaris, sampai pertengahan 2023 ini.

Fungisida

Bahan aktif yang tergolong triazol, memiliki kelebihan ada kandungan ZPT-nya. Tidak terkecuali bahan aktif sistemik difenokonazol. Yang ada di fungisida Score. Sebenarnya spektrumnya luas, bisa mengatasi banyak jenis jamur seperti halnya mankozeb. Tapi, kalau untuk urusan bercak daun, difenokonazol memang ahli, atau spesialisnya.

Per kemasan 250 mili, harganya 130 ribuan.

Dalam mengatasi bercak daun, itu, hanya butuh dosis 0,5 mili saja. Begitu terlihat ada gejala, langsung semprot.

Baca juga : KCL BEEN SAE FASE BUAH CABE DAN PUPUK INTI

Efek samping dari fungisida seperti Score ini, membuat tanaman cabe berbunga lebih cepat dan serempak. Akibatnya, tingkat kematangan merata. Daun lebih hijau, batang juga lebih kuat.

Walaupun memang sifatnya menghambat pemanjangan batang. Oleh sebab itu, tidak digunakan pada fase pertumbuhan vegetatif. Tapi karena efek samping ini, kita bisa mendapatkan manfaat kematangan buah yang lebih merata.

Pupuk Ekstrak Rumput Laut

Keistimewaan ekstrak rumput laut sebagai pupuk, adalah ada kandungan zat pengatur tumbuh seperti auksin, sitokinin, dan giberelin yang meningkatkan produksi. Di samping itu, ZPT juga dapat meningkatkan daya tahan tanaman dari kekeringan, serangan serangga, dan memperbaiki struktur tanah.

Pupuk merk Astonish juga memiliki kandungan rumput laut. Tambahan ZPT itu digunakan untuk menumbuhkan tunas baru. Sebagai pemulih akibat dari hama kutu trips dan tungau.

Dalam pupuk ini, ZPT tersebut terbantu oleh nitrogen, kalsium dan kalium juga, yang ada di pupuk Astonish. Biasanya kita menggunakan KNO3 Putih untuk memperbanyak tunas. Nah, sama saja kandungannya dengan Astonish ini. Mengandung nitrogen dan kalium, dengan perbandingan lebih banyak kaliumnya.

Ada alasan lain dari penggunaan pupuk Astonish ini. Tidak menutup kemungkinan, serangan hama tungau juga bisa mengakibatkan kerontokan bunga dan bakal buah. Nah, pupuk ini juga digunakan untuk mengurangi rontok.

Penggunaan Astonish ini dalam dosis 0,5 sampai mili per liter. Per kemasan 250 mili, harganya 60 ribuan.

Dosis per Tutup Botol

Ukuran tutup botol dari masing-masing produk tadi kurang lebih sama. Dalam mengatasi gejala hama kutu trips, tungau, dan bercak daun, dosisnya adalah sebagai berikut.

2 tutup botol Demolish, tambah dengan 2 tutup botol Score, dan tambah 2 tutup botol Astonish. Larutkan dulu masing-masing secara terpisah, baru setelah itu masukkan dalam tangki sprayer.

Satu racikan sudah jadi, dengan obat terlaris dan tambahan lengkap pupuk daun. Segera diaplikasikan ya Juragan, bila sudah ada gejalanya. Jangan sampai merenggut 50% tanaman cabe Juragan.

 

DAPATKAN PRODUKNYA

Demolish 18 EC – Link Shopee 
Score 250 EC – Link Shopee 
Pupuk Astonish – Link Shopee 

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img