Benih KANGKUNG SUPER - 500 gr - Ta Fung

Berat 600 g
Kategori Produk

Benih (Biji)

Jenis Tanaman

Kangkung

Rekomendasi Dataran

Rendah

Brand

Ta Fung

Daya Berkecambah

70%

Kemurnian

98%

Berat Bersih

500 gr

Kangkung Super Tafung merupakan salah satu benih produk lokal dengan kualitas super, masa tanam yang cenderung singkat tentu bisa menjadi pertimbangan juragan dalam memilih benih Kangkung super tafung sebagai opsi menanam sayuran.

Klik produknya disini

Di Indonesia, kangkung dikenal sebagai sayuran hijau yang memiliki kandungan protein dan zat besi yang sangat tinggi.

Zat besi yang terkandung dalam kangkung memiliki peran penting dalam memberikan kekuatan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi. Sehingga zat besi sangatlah penting dalam sistem imunitas tubuh manusia.

Awalnya orang-orang menganggap kangkung sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang sangat unik. Namun seiring berjalannya waktu, kangkung bertransformasi dari tanaman hias menjadi sayuran konsumsi yang mempunyai komoditas tinggi.

Hasil Tanam

Kangkung Super Tafung memiliki ciri khas berwarna hijau segar dengan bentuk daun sempit bulat lonjong, dengan tinggi 15 – 20 cm.

Persiapan Lahan

Persiapan lahan tentu menjadi hal yang harus juragan cermati sebelum menanam benih Kangkung super tafung. Seperti ph tanah hingga keadaan iklim.

Kangkung super tafung akan tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan curah hujan sekitar 1500 mm/th. Selain itu lahan yang hendak ditanami juga memerlukan sinar matahari sepanjang hari dan bebas dari tanaman yang lebih tinggi, tanaman yang lebih tinggi tentu dapat menghambat sinar matahari dan menghambat proses fotosintesis. Sedangkan suhu daerah yang cocok untuk menanam kangkung adalah 20-30 derajat celsius

Tanaman kangkung memerlukan tanah yang subur dan kaya akan unsur hara, Ph yang ideal untuk jenis ini adalah 6,7 sedang tanah yang ph-nya kurang dari 5, maka juragan perlu melakukan pengapuran terlebih dahulu.

Perlu pengolahan tanah dengan mencangkul sedalam 20 – 30 cm, kemudian membuat bedengan minimal lebar 1 meter.

Penyemaian

Penyemaian bibit kangkung bertujuan agar calon tanaman ini dapat tumbuh secara maksimal agar selanjutnya bisa lebih mudah beradaptasi dengan keadaan tanah.

Juragan perlu membersihkan lahan dengan sabit atau cangkul dari tanaman rumput liar, setelah itu juragan dapat menggunakan plastik atau jerami sebagai penutup permukaan lahan semai.

Begitu juragan selesai membuat atap lahan, langkah selanjutnya yang bisa Juragan lakukan adalah menyebar benih kangkung tafung lalu tutup dengan menggunakan tanah. Aturlah jarak kurang lebih 20 – 40 cm tiap lubang.

Dalam proses penyemaian, juragan perlu melakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore hari. Hindari penyiraman di siang hari ketika matahari sedang terik.

Setelah benih berusia 1-2 minggu, pindahkan tanaman kangkung ke dalam pot yang berisi tanah dan pupuk. Selanjutnya lakukan perawatan selama 7 hari dengan melakukan penyiraman 2 kali sehari. Hal ini tentu saja langkah opsional yang bisa juragan lakukan.

Penanaman

Sebelum melakukan penanaman, lahan perlu membersihkan sisa-sisa akar tanaman lain dan gulma. Sekaligus pemberian pupuk dasar dengan 50 Kg TSP dan 40 Kg KCI.

Jika juragan memiliki lahan berukuran satu hektar maka setidaknya memerlukan 5 – 10 Kg biji setiap satu meter perseginya.  Tanaman kangkung memang dapat tumbuh sepanjang musim. Namun waktu tanam yang baik adalah di awal musim hujan dan awal musim kemarau karena pada saat itu belum banyak hama dan penyakit tanaman  yang menyerang.

Jika sebelumnya juragan melakukan penyemaian di pot atau polybag, maka pindahkan calon tanaman dari media semai ke lahan secara hati-hati. Pindahkan benih beserta akar dan sebagian tanah dari media semai.

Pemeliharaan Kangkung Super

Tanaman kangkung super tafung tidak membutuhkan pemeliharan yang sulit dan banyak seperti tanaman lain, namun agar dapat tumbuh dengan subur dan mendapatkan hasil yang maksimal maka pemeliharaan seperti pemupukan dan penyiraman tetap perlu juragan lakukan

Pemupukan, dalam proses ini juragan bisa memilih pupuk urea yang merupakan jenis pupuk nitrogen. Hal ini karena kekuranangan unsur nitrogen yang dapat menyebakan pertumbuhan tanaman terhambat, kerdil, warna daun berubah menjadi hijau kekuningan sampai menguning seluruhnya, jika membiarkan hal tersebut maka tanaman akan cepat roboh.

Pengairan, Hal ini merupakan salah satu syarat keberhasilan bertanam kangkung. Perlu juragan ketahui bahwa tanaman ini merupakan tanaman yang tidak menyukai keadaan tanah yang becek dan tergenang. Sehingga saluran drainasi harus tetap terjaga agar tidak menggenangi areal pertanaman. Apabila musim hujan, lakukan penyiraman pada musim hujan saat tanah terihat kering dan hujan belum juga turun. Sedangkan pada musim kemarau, penyiraman bisa dilakukan secara intens dua kali sehari.

Pengendalian Hama Penyakit

Juragan perlu waspada dengan salah satu gulma galang (portulaca olerace ae L), Kehadiran tamu tak diundang pada tanaman kangkung ini dapat menghambat tanaman karena merupakan pesaing dalam memperoleh sinar matahari, air dan unsur hara.

Meski demikian, juragan dapat mengendalikannya dengan melakukan penyiangan selama dua minggu sekali atau tergantung pada banyaknya gulma yang tumbuh.

Pemanenan    

Salah satu alasan petani memilih kangkung adalah, kangkung merupakan sayuran yang cepat panen, maka memprediksi waktu panen bisa  dengan cara mengamati ciri-ciri tanaman yang siap panen. Menjual hasil panen juga harus menggunakan cara yang benar.

Umumnya memanen kangkung pertama pada umur 21 hari setelah tanam. Pada usia ini kangkung akan mencapai ketinggian 15-20 cm. Pemanenan berikutnya dapat dilakukan 2 kali dalam satu minggu atau setiap 3 hari sekali.

Cara memanennya yaitu dengan mencabut atau menarik batang tanaman bagian bawah secara hati-hati. Pencabutan akan lebih mudah apabila tanah semakin gembur.

Juragan perlu tahu bahwa kesegaran kangkung pasca panen hanya dapat bertahan 12 jam. Oleh karena itu jika ingin mendapatkan kesegaran kangkung pasca panen dalam waktu lebih lama, juragan perlu menyimpannya di lemari pendingin atau dengan cara mencelupkan bagian akar sayuran dalam air.

Toko Deeres

Bagi Juragan yang tertarik untuk membudidayakan kangkung jenis ini, bisa langsung menghubungi Toko Deeres. Toko Deeres menyediakan berbagai jenis benih berkualitas tinggi. Kami melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dengan nyaman dan aman sampai tujuan karena kami telah bekerja sama dengan jasa ekspedisi ternama di Indonesia.

 

Dapatkan produknya di Shopee atau Tokopedia Toko Deeres. Atau bisa juga klik disini.