5 Peralatan Hidroponik Untuk Pemula

Apakah anda sedang mencoba menanam untuk pertama kali namun bingung dengan cara tanamnya? Apalagi lahan lokasi anda menanam terbatas, dan akhirnya menjadi halangan anda untuk belajar menanam. Pastinya akan susah kan menanam untuk pemula seperti anda? Mempersiapkan segala peralatan hidroponik bagi pemula bukanlah hak yang mudah.

Baiklah, kali ini kami akan membahas apa saja peralatan hidroponik untuk pemula. Alatnya yang kami pilih merupakan alat yang memiliki harga terjangkau. Mari simak.

Rockwool Hidroponik

Media tanam hidroponik sangat itu bermacam-macam. Pertama adalah media tanam bernama rockwool yang paling sering digunakan petani hidroponik.

Rockwool merupakan dibuat dari kombinasi antara bahan batuan basalt, batu bara dan batu kapur dan akhirnya menjadi serat mirip kapas namun lebih kaku.

Fungsi rockwool ini adalah untuk menyerap pupuk cair dan membantu pertumbuhan akar. Dalam pertumbuhan akar, unsur hara banyak terserap di dalamnya. Selain mudah penggunaannya, rockwool juga ramah lingkungan dan tidak mengandung patogen penyebab penyakit tanaman.

Selain itu fungsi lain adalah mampu menampung hingga 14 kali kapasitas tampung tanah. Selanjutnya fungsinya lain dapat membuat irit penggunaan disinfektan (bahan kimia untuk mencegah terjadinya infeksi) dan optimasi peran pupuk.

Rockwool

 

Namun selain rockwool, anda juga dapat gunakan media tanam lain seperti arang sekam, spons, expanded clay, serbuk sabut kelapa, perlit, vermikulit dan pasir. Semua media tanam tersebut dapat anda temukan di toko pertanian terdekat.

Harga bervariasi dan cenderung lebih murah ketimbang Anda harus menyiapkan lahan tanah besar.

Alat Hidroponik Netpot 

Ini adalah peralatan hidroponik untuk pemula selanjutnya berbentuk seperti pot, namun berbentuk kecil dan memiliki lubang di bawahnya. Netpot fungsinya untuk tempat rockwool ketika sudah pindah tanam. Seperti ini urutan penggunaan mudahnya:

  1. Rockwool yang sudah siap pindah tanam dan terdapat benih di dalamnya, dimasukkan dalam netpot.
  2. Dalam netpot kini terdapat rockwool dan benih di dalamnya.
  3. Netpot siap digunakan

Netpot

Sistem Hidroponik

Instalasi hidroponik di sini memiliki macam-macam sekali jenisnya. Ada yang sistemik ada yang sistem WICK, NFT, DFT dan sebagainya. Mulai dari yang sederhana hingga paling rumit.

Untuk sistem paling mudah kami contohkan sistem WICK menggunakan botol bekas yang sudah terbentuk seperti sebuah pot. Sistem ini aman dan murah, karena alatnya mudah dijumpai di mana saja.

Namun jika ingin menggunakan bahan dan alat hidroponik yang mudah didapat, silakan persiapkan bahan berikut ini :

  1. Botol yang tidak terpakai ukuran 600 ml
  2. Alat potong seperti pisau, gunting dan cutter
  3. Kain bekas yang memiliki daya serap bagus seperti kaos atau sumbu (untuk mengaliri nutrisi)
  4. Bibit tanaman yang sudah siap di dalam rockwool
  5. Nutrisi mix AB (berbentuk cair atau serbuk)
  6. Paku

Hidroponik sistem wick

Benih

Untuk benih anda dapat memilih sesuai kebutuhan anda. Benih banyak tersedia di pasaran. Namun ingat bahwa tidak semua benih ideal untuk ditanam. Maksudnya, jika anda ingin tanam hidroponik untuk jangka waktu cepat pastinya anda memilih benih sayuran daun. Seperti kangkung, selada, bayam, kangkung, sawi.

Jenis sayuran daun ini memiliki masa tanam dan panen yang singkat. Biasanya kurang dari 2 bulan. Namun jika anda tetap ingin tanam hidroponik seperti tomat atau cabe, dipastikan mental untuk menunggu anda siap.

Benih

Tanaman jenis buah ini bisa memakan waktu lebih dari 2 bulan untuk panen. Namun kami sarankan coba dahulu gunakan sayuran daun untuk pemula.

Benih terbaik dan berkualitas dapat anda dapatkan dengan hubungi melalui tombol kosultasi di kiri bawah. Pastikan anda mendapatkan konsultasi gratis. Jangan sampai anda salah tanam!

Pupuk Hidroponik

Bukan termasuk alat hidroponik, pupuk hidroponik atau yang sering disebut dengan nutrisi AB mix. Fungsi utama dari nutrisi ini adalah sebagai makanan utama dari tanaman yang akan anda tanam. Jika metode tanam konvensional menggunakan tanah, maka dalam tanah sudah terkandung nutrisi alami.

Pupuk Nutrisi AB Mix

Fungsi utama menggunakan nutrisi AB mix adalah optimasi pertumbuhan terjaga. Selain sebagai makanan utama, nutrisi AB mix bisa dikatakan tanam metode hidroponik ini dapat membuat tanaman anda lebih aman dari serangan hama. Karena proses pemberian nutrisi hanya melalui air dan air tersebut terjaga kondisinya. Sehingga pertumbuhan optimal.

Kira-kira sekian informasi tentang 5 peralatan hidroponik untuk pemula. Semoga membantu anda memulai tanam dengan menyenangkan.
Jika ingin belanja benih atau konsultasi seputar hidroponik dapat klik tombol konsultasi di bawah.

Salam sukses untuk petani Indonesia!

 

Temukan beragam produk alat pertanian dan benih lainnya di katalog. Juragan bisa melihat seperti apa spesifikasinya secara detail.

Informasi bermanfaat bagi Juragan selalu tersedia di laman kabar tani.

Apakah produknya masih ada? Bagaimana cara mendapatkannya? Bisa Juragan tanyakan melalui kontak whatsapp customer service Toko Deeres pada kotak konsultasi di bawah. Gratis!

Kabar Tani Lainnya

Harga Pompa Elektrik CBA: Pompa Elektrik untuk Pertanian Terjangkau

Toko Deeres- Untuk mendapatkan harga pompa elektrik CBA dengan harga yang tepat pastikan untuk memilih toko pertanian yang jujur. Anda bisa menemukannya lewat toko-toko...