back to top

2 Pembenah Tanah Fungsional Lahan Berpasir Cabe

Apa kerugian yang sekilas terabaikan ketika lahan Juragan berpasir dan kurang subur? Bagaimana jika Juragan tidak segera mengaplikasikan pembenah tanah fungsional?

Struktur tanah pada lahan yang berpasir kurang baik, kurang kuat menahan air, drainase berlangsung sangat cepat, dan yang paling merugikan adalah miskin hara. Semestinya ada perlakuan khusus dalam pemupukannya. Apalagi saat memasuki musim kemarau. 

Sebenarnya dengan pupuk kandang saja bisa membuatnya lebih subur. Hanya saja, kalau tidak yakin pupuk kandang yang Juragan gunakan apakah benar-benar sudah terfermentasi dengan baik, sebaiknya pakai alternatif lain. Jangan sampai pupuk yang diberikan malah menjadi sarang penyakit penyebab layu. Dan malah menambah biaya lagi. 

Alternatif lain yang dimaksud tadi, adalah sebagai berikut. 

ASAM HUMAT

Asam humat membantu tanah memiliki kapasitas tukar kation yang tinggi. Lantaran KTK-nya tinggi, asam humat akan mengikat unsur hara. Selanjutnya unsur hara ini dilepas kembali oleh KTK humat secara bertahap, sesuai kebutuhan tanaman (slow release). Keberadaannya sangat stabil dalam tanah. Dengan itu akan memberi ruang bagi mikroorganisme untuk bisa tumbuh. 

Selain itu, asam humat juga membuat tanah memiliki kemampuan penyerapan air sekitar 80-90%, sehingga mengurangi resiko erosi pada tanah dan meningkatkan kemampuan tanah menahan air. Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat asam humat lainnya. Tapi manfaat tadi yang berhubungan dengan kesuburan tanah. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan asam humat 0,15% saja, mampu menurunkan penggunaan pupuk NPK 20:10:10 sebanyak 25%. Takaran pupuk NPK 350 kg/ha hanya mampu menghasilkan produksi 10,14 t/ha. Sementara penggunaan pupuk NPK 257,5 kg/ha plus asam humat 0,15% mampu menghasilkan lebih tinggi yaitu 10,21 t/ha. 

Baca juga : 5 ASAM HUMAT TERLARIS, TERLENGKAP KANDUNGAN PUPUKNYA

SILIKA KARBON

Karbon, sejatinya merupakan bahan yang bisa meningkatkan serapan unsur hara dan menjadi rumah bagi mikroba. Sehingga akan berdampak pada tanah yang lebih subur. Pembenah tanah fungsional ini akan menyerap air, nutrisi, atau mikroba yang tanaman butuhkan. 

Umumnya aplikasi karbon dengan cara tabur atau bisa campur dengan pupuk. Dengan begitu, penggunaan pupuk akan bisa kita hemat sampai 30%. Dalam dosis perbandingan antara karbon dan pupuk 1:3. 

Silika Karbon memiliki kelebihan sebagai antibodi untuk tanaman selama masa pertumbuhan terhadap serangan penyakit, dari kandungan silikanya. Dalam bahan ini yang fungsinya untuk menyuburkan tanah adalah karbon. Yang mana pemberian karbon membuat tanah pertanian Juragan menjadi lebih gembur. 

Mirip dengan asam humat, fungsi silika karbon juga menyerap hara. Sehingga pupuk tidak akan dengan mudah menguap dan tersedia pada tanaman, sesuai dengan kebutuhannya. 

 

Antara silika karbon dan asam humat, kalau harus memilih, menurut Juragan lebih baik yang mana? 

Dua pembenah tadi sama baiknya. Bedanya, asam humat bisa menjadi agen katalis pupuk mikro sehingga lebih bisa diserap tanaman. Sementara silika karbon mampu membuat tanaman lebih kokoh. Silika karbon memberikan manfaat utama dalam meningkatkan ketahanan tanaman terhadap stres abiotik. Ini termasuk meningkatkan toleransi tanaman terhadap suhu ekstrim, kekeringan, serangan hama, dan penyakit. Silika karbon juga dapat membantu meningkatkan kekuatan batang tanaman dan memperpanjang umur simpan buah dan sayuran.

Baik asam humat atau silika karbon, membuat tanah lebih gembur. Untuk menambah kesuburan tanah, kita gunakan saja dua jenis pembenah tanah tadi secara bersamaan. 

Bila dengan cara kocor, dosisnya 3 sendok makan asam humat, dan 4 sendok makan silika karbon. 

Berikan campuran ini dengan cara kocor pada lubang tanam. Atau bisa juga, dengan cara tabur, dengan campur pupuk npk. Tidak ada masalah dengan penyerapan pupuk. Justru malah dianjurkan, antara campuran pupuk kimia dengan asam humat dan silika karbon ini. 

Agar lebih mantap lagi, gunakanlah plastik mulsa pada bedengan. Tanah yang berpasir karena porositasnya rendah lebih rentan longsor. Sekaligus untuk menjaga kelembaban dalam tanah. Penguapan akan berkurang sehingga nanti tidak boros air. 

Saya harap bisa bermanfaat ya Juragan, berdampak pada lahan Juragan yang lebih subur. 

 

DAPATKAN PRODUKNYA

Asam Humat Powersoil – Link Shopee 
Karbon Silika Si Carbon – Link Shopee 

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img