back to top

Alat Alat Pertanian Lengkap yang Wajib Diketahui

Selamat datang kembali pada blog yang membahas seputar dunia pertanian terpercaya di Indonesia. Jika juragan datang karena sedang mencari “apa saja sih alat alat pertanian yang biasa digunakan?“, juragan sedang berada pada artikel yang tepat!

Jadi menurut produk yang biasa kami sediakan di Toko Deeres, alat pertanian terdapat banyak kategorinya. Kita mulai dulu dari 3 kategori dan umum dan modern biasa digunakan oleh petani. Mari simak penjelasan singkat bawah ini.

Alat Pertanian Sebelum Tanam

  • Traktor

Merupakan alat berat yang paling sering berfungsi pada lahan tanam berskala besar. Traktor juga terbagi atas 2 jenis lagi, yaitu traktor dengan roda rantai dan roda karet seperti pada umumnya. Roda rantai berfungsi menghadapi medan berlumpur, sedangkan roda karet untuk medan tanah kering.

  • Rotavator

Rotavator adalah alat yang berfungsi memecah memotong dan membolak-balikkan tanah (tahap pertama). Untuk tahap kedua, rotavator berfungsi merapihkan tanah serta membersihkan tanah dari tanaman liar. Kadang juga digunakan sebagai pembuat jalur air.

  • Bajak Singkal

Bajak singkal berfungsi hampir sama dengan rotavator, namun dengan skala lebih kecil. Alat pertanian satu ini berfungsi membolak-balikkan tanah.

  • Garu Piring

Garu piring siap membasmi rumput liar. Selain itu dapat berfungsi lain sebagai penabur tanah pada atas benih yang sudah tertanam.

  • Bajak Subsoil

Bajak subsoil, dari kata subsoil saja sudah memiliki arti sub-tanah. Jadi alat bajak ini berfungsi mengaduk tanah untuk kedalaman 50 hingga 90 sentimeter. Menggunakan alat satu ini cukup efektif untuk mengatasi atau membuat parit pada lahan tanam.

alat alat pertanian

Alat Pertanian Saat Perawatan

  • Sprayer Semprot Elektrik

Sprayer elektrik adalah hasil modernisasi dari sprayer manual. Sudah dilengkapi baterai (accu) didalamnya. Sangat praktis dan pengoperasiannya pun mudah. Berfungsi menyemprot pestisida atau obat pertanian lainnya saat masa perawatan tanaman. Menghemat biaya operasional karena kepraktisannya.

 

  • Mesin Tanam Benih

Alat tanam benih yang tidak membuat punggung pegal karena terlalu sering membungkuk. Pengoperasian alat ini dengan cara mendorongnya sambil jalan pada atas lahan tanam, dan secara otomatis benih akan tertancap dalam tanah dengan kedalaman tertentu.

  • Alat Pengikat Batang Tanaman

Berfungsi sebagai pengikat batang tanaman dengan lanjaran (ajir). Hal ini memudahkan petani karena tanpa alat satu ini, petani harus mengikat satu per satu pada tiap tanaman. Hal tersebut memakan banyak waktu.

  • Blower/Booster

Hampir sama dengan Sprayer Elektrik topik sebelumnya, Blower ini bersifat sebagai alat pendukung Sprayer elektrik. Berfungsi menambah dorongan udara, sehingga jarak semprot semakin jauh. Klaim dari perusahaan mampu menyemprot hingga jarak 6 meter!

 

Alat Pertanian Saat Panen

  • Mesin pemanen

Sangat mustahil melakukan aktivitas memanen dengan tangan manusia untuk ukuran lahan besar. Maka dari itu, alat ini sangat membantu petani dalam proses pemanenan hasil tanam.

Sekian artikel tentang alat alat pertanian yang wajib Juragan pahami. Jika ingin mencari produk terbaik segera kunjungi produk kami. Salam sukses petani Indonesia!

 

Jangan lupa kunjungi juga katalog produk kami atau dapat temukan rekomendasi produk dari kami.

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img