Bibit Cabe Rawit Paling Bagus dan Tips Budidayanya!

Ketika membudidayakan cabe tentu saja petani ingin mendapatkan hasil yang maksimal, bukan? Oleh sebab itu, penggunaan bibit cabe rawit paling bagus harus diperhatikan.

Anda bisa menggunakan bibit rawit yang berkualitas untuk mendukung pertumbuhan hingga masa panen bisnis pertanian Anda. Tak hanya bibit yang berkualitas, namun tahapan budidaya juga harus di perhatikan lho, bagaimana detailnya? Yuk simak ulasannya sebagai berikut!

Budidaya Bibit Cabe Rawit Paling Bagus Pertama Kali di Indonesia

Banyak masakan tradisional Indonesia yang menggunakan cabe sebagai bumbu membuat banyak yang berpikir produk tersebut berasal dari Indonesia.

Ternyata tidak demkian. Cabe pertama kali ditanam oleh orang Indian di Amerika. Sekitar 7.000 tahun SM, dia di budidayakan di Amerika bagian tengah dan selatan.

Ketika penjelajahan samudera Bangsa Portugis dan Spanyol di mulai sekitar awal abad 16, Columbus menemukannya tepat ketika dia pertama kali menemukan daratan Amerika.
Dari sana, oleh penjelajah bangsa yang sama, cabe lalu di bawa ke seluruh dunia, mulai dari Eropa hingga Asia.

Bagaimana cabe dapat di kenal dan sampai ke Indonesia tidak di ketahui persis. Namun, mengingat ada wilayah Indonesia yang di kuasai Portugis dan Spanyol di awal abad 16, kemungkinan saat itu produk menyebar. Lewat perjanjian dagang dua kerajaan pada zamannya.

Tidak jelas pula bagaimana akhirnya tanaman cabe di budidayakan di nusantara. Yang pasti, sekitar tahun 1918, ada bukti pengiriman cabe dari Pelabuhan di Jakarta, Cirebon, Semarang, dan Surabaya menuju Sumatera dan Kalimantan.

Cabe oleh masyarakat Pulau Jawa saat sudah di gunakan sebagai bumbu masakan dan bahan obat. Mereka menyebutnya ‘godong soobrong” atau daun dari luar. Ini menandakan tanaman bukan berasal dari Pulau Jawa Indonesia.

Tips Budidaya Bibit Cabe Rawit Paling Bagus

Rekam jejak budidaya cabe di Indonesia sendiri sejak beberapa waktu silam hingga tahun 2022 tentu telah mengalami banyak perubahan. Semuanya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Akan tetapi ada beberapa tips budidaya yang masih secara berkala di gunakan sejak pembudidayaan cabe pertama di Indonesia seperti di bawah ini!

1. Menyiapkan Tanah Semaian

Selain menggunakan bibit cabe rawit paling bagus , budidaya cabe pertama kali di Indonesia yang harus di persiapkan adalah dengan menyiapkan tanah semaian. Pastikan bahwa tanah yang akan di gunakan untuk menanam bibit cabe berkualitas harus sudah siap.

Tanah yang akan di jadikan lahan tidak boleh terlalu basah atau bahkan terlalu kering karena itu akan mempengaruhi mineral baik yang terkandung di tanah.

2. Menggunakan Tambahan Pupuk

Kedua, Anda bisa menggunakan tambahan pupuk kandang dan vitamin untuk menambah kesuburan tanah. Tak hanya itu, tambahan vitamin untuk mengontrol mineral tanah juga bisa menjadi pilihan jika tanah kurang subur.

3. Menyiapkan Bibit Cabenya

Tentu langkah budidaya selanjutnya adalah menyiapkan bibit cabe yang akan di gunakan, oleh sebab pentingnya bibit yang akan di gunakan maka harus memberikan jenis terbaiknya.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis cabe lokal maupun impor yang kini banyak di jual di Indonesia, dengan beragam spesifikasi menguntungkannya. Pastikan ketika menggunakan bibit cabe maka harus yang berkualitas, secara visual sehat dan sempurna serta berasal dari produsen penyedia yang terpercaya.

4. Lakukan Perawatan Berkala

Terakhir, Anda bisa melakukan kegiatan budidaya yang baik dengan turut andil menyediakan perawatan berkala pada tanaman cabe sejak penyemaian, pertumbuhan hingga panen.

Anda bisa menggunakan pestisida jika ada hama yang menyerang tanaman cabe, melakukan pemberian vitamin jika perlu, dan menyiangi area tumbuhan jika ada gulma.

Selain itu, Anda bisa memberikan asupan air pada cabe di pagi serta sore hari dengan intensitas yang cukup.

Itulah beberapa langkah mudah budidaya bibit cabe rawit paling bagus. Toko Derees menjadi penjual benih yang sangat direkomendasikan. Untuk lebih jelas, silakan membuka https://tokoderees.com/produk atau toko di Shopee dan Tokopedia atau chat langsung 0812-9109-9109.

Toko Drees sendiri hanya menjual produk bibit kualitas unggul, seperti merk Master yang di bandrol dengan harga 125.000 saja per pcs.

Silahkan Anda pesan sekarang juga benih cabai Master, dijamin akan puas!

Kabar Tani Lainnya

Tanam Cabe Rawit Musim Kemarau, Gunakan Trik Ini Agar Panen Tetap Lancar

Musim kemarau kerap menjadi hambatan bagi petani cabe rawit. Meskipun cabe rawit bukan tipe tanaman yang membutuhkan banyak air, tapi bila kondisi tanah dan...