Cara Merawat Bunga Keladi Agar Subur, Ikuti 8 Langkah Mudah agar Lebih Cepat Tumbuh

spot_img

Cara merawat bunga Keladi agar subur sangat dinantikan bagi pecinta tanaman. Terutama yang hobi mengoleksi tanaman hias, seperti bunga Keladi. Bunga tersebut termasuk dalam satu rumpun dengan Aglonema. Dari semua jenisnya yang memiliki karakteristik daun berbeda, ada satu kesamaannya, yaitu bentuk daun yang seperti simbol hati.

Ada berbagai macam jenis tanaman Keladi. Semua jenis tersebut memiliki warna daun yang berbeda, misalnya merah, hijau, sampai hitam. Bentuk daun yang unik dan warna-warni membuat tanaman tersebut memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Oleh karena itu, perawatan yang benar bisa membuat tanamannya subur dan jumlah investasinya juga semakin bertambah.

Cara Merawat Bunga Keladi agar Subur

Cara merawat bunga Keladi agar subur bukanlah hal yang sulit. Tapi perlu kesabaran dan ketelatenan ketika merawatnya. Jika ingin membuat bunga Keladi bisa tumbuh subur, berdaun lebat, rimbun. Maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Memilih media tanam yang tepat dan baik

Perlu diketahui bahwa media tanam setiap tanaman berbeda. Begitu juga dengan tanaman Keladi. Pemilihan media tanam yang tepat akan membuatnya tumbuh subur. Adapun media yang tepat bagi tanaman tersebut adalah tanah hitam, sekam padi, dan arang sekam.

Baca juga : Cara Merawat Tanaman Cabe untuk Meningkatkan Hasil Panen

2. Rutin menyiram dengan air

Sebenarnya tanaman Keladi merupakan tumbuhan yang memerlukan banyak air. oleh karena itu jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin. Tapi, lebih baik siram dengan menggunakan semprotan. Sehingga tidak ada air menggenang di media tanamnya.

3. Menyiram tanaman dengan larutan micin

Tidak akan ada yang percaya kalau micin juga bisa menyuburkan tanaman. Ini karena micin biasanya berguna untuk menyedapkan masakan, bagaimana bisa memberikannya kepada tanaman agar tumbuh dengan subur.Larutan Micin untuk Tanaman

Nyatanya micin ternyata bisa menyuburkan tanaman, bahkan bisa menyuburkan pohon Keladi. Caranya cukup mudah, larutkan setengah sendok teh micin dalam satu liter air. Semprotkan larutan micin ini pada bunga Keladi setiap seminggu sekali. Bisa juga mencampurnya pada pupuk atau vitamin B1.

4. Menggunakan pupuk cair

Cara merawat bunga Keladi agar subur selanjutnya adalah memakai pupuk cair. Caranya memakai pupuk cair yang bercampur dengan air larutan sisa cuci beras. Semprotkan secara teratur pada bunga Keladi. Pastikan memberikan pupuk pada media tanamnya.

5. Cukup terpapar cahaya matahari

Bunga Keladi merupakan tanaman yang juga memerlukan cahaya matahari. Namun, cahaya tersebut tidak sampai secara langsung. Harus cukup mendapatkan sinar matahari agar bisa tumbuh subur.

Baca juga : Cara Merawat Bunga Mawar di Tanah dan Pot supaya Tetap Subur, Segar, dan Tidak Mudah Layu

Terkena sinar matahari langsung akan membuatnya mati kekeringan, kekurangan juga akan membuatnya layu. Tempat yang tepat untuk Bunga Keladi adalah di bawah pohon yang rindang atau paranet.

6. Menyesuaikan pot dengan pohon bunga Keladi

Salah ukuran pot untuk tanaman Keladi akan mempengaruhi pertumbuhannya. Sehingga akan sulit tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat. Semakin besar pohon Keladi, maka sediakan pot yang cukup untuk menopang tanaman tersebut.

7. Membersihkan tanaman dari gulma

Membersihkan tanaman dari gulma juga termasuk salah satu cara merawat bunga Keladi agar subur. Oleh karena itu, membersihkan gulma yang mengganggu secara rutin bisa membuat Keladi lebih cepat subur dan beranak.

Baca juga : Budidaya Cabe Rawit di Polubag Menguntungkan!

8. Petik daun yang sudah layu

Langkah terakhir cara merawat bunga Keladi agar subur adalah rutin mengambil daun yang mulai layu. Tujuannya adalah agar daun Keladi bisa tumbuh lebih cepat. Bukan hanya daun saja, singkirkan juga batangnya yang patah.

 

Itulah cara merawat bunga Keladi agar subur. Dari semua cara, yang terpenting adalah sabar dan telaten untuk merawat Keladi sampai bisa tumbuh lebat, subur, dan bisa beranak. Terlebih lagi, tanaman ini bisa berguna untuk investasi karena harganya yang sangat tinggi.

Kabar Tani Lainnya

6 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Subur dan Hidup Lama

Cara merawat tanaman hias cukup mudah, namun memerlukan pemahaman yang baik. Merawat tanaman hias dapat memperbaiki suasana hati dan meredakan stres. Selain itu, dapat...