back to top

Kenali Manfaat dan 6 Cara merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

Bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan banyak orang yang kerap melakukannya. Cara merawat tanaman agar tumbuh subur tidak boleh asal-asalan. Perlu ketelatenan dan kesungguhan dalam merawatnya.

Biasanya yang kebanyakan orang tahu, merawat tanaman hanya sekedar menyiram dan memberi pupuk. Padahal, untuk mendapatkan tanaman yang subur dan indah, butuh rangkaian cara perawatannya.

Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

Jika Anda memiliki cukup halaman untuk bercocok tanam, tidak ada salahnya mencoba merawat tanaman. Jika Anda bingung cara merawat tanaman agar tumbuh subur, bisa menyimak artikel ini hingga selesai.

1. Menentukan Media Tanam yang Tepat

Sebagian tanaman bagus jika menanamnya di tanah. Namun, ada pula jenis tanaman yang kurang ideal dengan tanah. Ada jenis tanaman yang cocok menggunakan media sekam sebagai media tanamnya. Oleh sebab itu, tanyakan kepada ahlinya terlebih dahulu terkait media tanam sebelum membeli suatu jenis tanaman.

Baca juga : Cara Menanam Cabai dengan 5 Langkah Sederhana di Rumah

2. Memilih Jenis Tanaman yang Tepat untuk Anda

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur, yaitu dengan memilih jenis tanaman yang cocok untuk Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu karena aktivitas sehari-hari yang padat, sebaiknya pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan perawatan intensif.

Khawatirnya, tanaman akan cepat mati karena lupa menyiram atau memberi pupuk. Namun, kalau Anda memang pengoleksi tanaman, silakan memilih jenis tanaman yang sesuai keinginan.

3. Memperhatikan Kebutuhan Air Secara Rutin

Seperti yang Anda ketahui bahwa tanaman membutuhkan air. Agar tanaman tumbuh subur, sebaiknya Anda melakukan penyiraman tanaman secara rutin dengan jumlah air yang pas. Saat melakukan penyiraman tanaman, jangan sampai Anda membuat genangan air di dalam pot tanaman.

Baca juga : Tangki Sprayer Elektrik – E Kabut Premium – 16 Liter

4. Memastikan Tanaman Mendapat Sinar Matahari Alami

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur selanjutnya, yaitu memberinya sinar matahari yang cukup. Terdapat beberapa jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang lebih besar. Namun, ada pula jenis tanaman yang bisa bertahan hidup meski mendapat sinar matahari lebih sedikit.

Memang benar, semua tanaman butuh sinar matahari untuk proses fotosintesis. Akan tetapi ada jenis tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari setiap hari selama 6 jam. Jadi, pastikan Anda menyesuaikan tanaman dengan jumlah sinar matahari yang dibutuhkan.

5. Memerhatikan Jadwal Pemupukan

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur lainnya, yaitu rutin memberi pupuk. Tanaman membutuhkan 6 jenis nutrisi penting untuk menyuburkannya, di antaranya fosfor, nitrogen, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium.

Jadwal Pemupukan Tanaman

Jenis nutrisi tersebut terkandung di dalam pupuk. Maka, Anda perlu mengetahui jenis pupuk yang bagus untuk tanaman Anda. Sebaiknya, Anda memberikan jenis pupuk organik dan hindari memberikan pupuk yang mengandung unsur kimia.

6. Membersihkan Tanaman dari Debu dan Hama

Tanaman harus melakukan proses fotosintesis agar dapat tumbuh subur. Namun, proses tersebut bisa terhambat jika terdapat debu dan hama yang hinggap di tanaman. Akibatnya tanaman akan lebih cepat layu dan tidak tumbuh subur. Anda harus senantiasa melakukan bersih-bersih pada tanaman minimal seminggu sekali.

Baca juga : 15 Rekomendasi Benih Cabe Rawit Terbaik

Manfaat Merawat Tanaman

Siapa bilang merawat tanaman di rumah hanya membuang-buang waktu. Nyatanya, ada berbagai manfaat saat merawat tanaman, di antaranya:

1. Menghadirkan Oksigen Segar di Rumah
Anda sendiri pasti sudah tahu bahwa tumbuhan merupakan sumber oksigen alami. Merawat tanaman di rumah akan mendatangkan oksigen alami yang segar untuk rumah.

2. Memperkaya Produktivitas dan Kreativitas
Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa merawat tanaman dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas, terutama di ruang kerja.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Ternyata, merawat tanaman bisa membantu seseorang pulih dari penyakit lebih cepat. Seperti yang ulasan sebelumnya, bahwa merawat tanaman dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga dengan melihat tanaman dan bunga akan mempercepat pemulihan dari penyakit, pembedahan ataupun cedera.

 

Setelah mengetahui cara merawat tanaman agar tumbuh subur, apakah Anda sudah siap untuk bercocok tanam? Jangan ragu untuk memulainya, apalagi Anda sudah berbekal sedikit pengetahuan mengenai merawat tanaman.

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img