back to top

Semai Cabe Merah Anti Gagal Pasti Berhasil, Ini Tipsnya!

Cabe merupakan komoditi pertanian penting di Indonesia, meski bukan pangan pokok. Kehadirannya di meja makan membuat selera makan bertambah. Tidak heran banyak orang ingin mencoba menanamnya, baik dengan skala besar maupun kecil. Oleh karena itu, menanam dan semai cabe merah dengan bibit terbaik harus dilakukan.

Cara Menyemai Cabe Merah dengan Mudah, Hingga Siap Panen!

Dalam bertani, perlakuan sejak mulai bertanam hingga panen memang harus diperhatikan. Semuanya saling mempengaruhi.

Anda tidak cukup hanya menyiapkan benih unggul saja. Jika menyemai dengan cara yang salah, bibit tidak bertunas dan tumbuh menjadi tamanan. Begitu pula dengan panen yang baik, harus mengikuti perawatan terbaik sebelumnya.

Apa dan bagaimana cara melakukan semai cabe merah anti gagal? Setidaknya ada 4 tahapan besar yang harus dilakoni seperti di bawah ini!

1. Melakukan Pengecekan Sebelum Semai Cabe Merah

Pertama, ketika petani ingin melakukan kegiatan penyemaian pada bibit cabe, hal yang harus dilakukan adalah mengecek bibit cabe yang ada.

Pastikan jika memang bentuk bibitnya masih bentuk biji maka harus kering, tidak lembab, berbau, berjamur atau menunjukan tanda-tanda pembusukan.

Adapun jika bibitnya sudah menampakan daun serta memiliki sedikit akar, maka pastikan bahwa akarnya tercerabut dengan kuat dan siap di pindah ke lahan semai yang lebih luas. Hal tersebut bisa di tandai dengan daun yang minimal berjumlah 3 sampai 5 helai.

2. Menyiapkan Tanah dalam Kondisi Baik

Kedua, siapkan tanah untuk lahan semai dengan baik seperti memastikan kadar airnya sesuai, tanah memiliki mineral yang baik dan irigasi baik.

Jika ternyata tanah yang akan di jadikan lahan semai belum memiliki kualitas yang cukup mumpuni maka Anda bisa memberikan tambahan vitamin atau mineral.

Anda juga bisa menggemburkan area tanah untuk semai cabe sebelum menanamkan bibitnya agar nantinya proses penyerapan mineral dan vitamin jauh lebih baik lagi.

3. Melakukan Pembersihan Hama

Ketika ingin semai cabe merah maka pembersihan hama yang mungkin muncul terjadi juga harus di pertimbangkan.

Pastikan jika mulai melihat hama seperti ulat, kutu putih atau jamur maka Anda bisa mengunakan pestisida untuk menyingkirkannya.

Lakukan pembersihan area pertanian cabe secara berkala untuk menekan hama bermunculan.

4. Melakukan Penyiraman Berkala

Tak hanya beberapa tips di atas, Anda juga harus melakukan penyiraman berkala jika memang menghendaki bibit cabe dapat tersemai dengan baik.

Umumnya, Anda bisa menyirami tanaman cabe di pagi maupun sore hari.

Penyiramannya tidak boleh dalam jumlah yang berlebih, sesuai dengan cuaca dan kebutuhan tanamannya.

5. Memindahkan Bibit Cabe

Beberapa orang menyemai di tempat yang berbeda dengan lahan.

Untuk hal ini, Anda harus memastikan, akar tidak tercabut saat memindahkan. Jangan menarik bagian atas tanaman yang masih sangat kecil! Ambillah bagian tanahnya untuk mendapatkan akar dan seluruh tanaman sekaligus.

Bagaimana? Ternyata ada cara mudah untuk semai cabe merah anti gagal bahkan hingga siap panen ya!

Jangan lupa, untuk menambah kemungkinan panen yang berkualitas maka Anda harus menggunakan bibit cabe merah varietas Master yang di jual oleh produsen terpercaya yaitu Toko Derees!

Pembelian di toko yang mempunyai alamat online di https://tokoderees.com/produk/ ini mempunyai beberapa kelebihan yang belum tentu ada di toko lain, seperti:

  • Bisa konsultasi atau chat langsung di 0812-9109-9109.
  • Menjual berbagai jenis benih rawit Master unggul dan mereknya hingga bisa dipilih sesuai kebutuuhan dan dana.
  • Fast respon dan pelayanan ramah.
  • Pengiriman cepat dan terjamin karena di kemas dengan baik.
  • Produk terseleksi, original, dan berkualitas.

Tidak percaya? Yuk, buktikan dengan semai cabe merah yang belinya di Toko Derees. Kami juga ada di Shopee dan Tokopedia dengan nama yang sama.

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img