back to top

Varietas Cabe Rawit Unggul, Cara Menanam Sampai Berbuah!

Cabe merupakan salah satu komoditas bahan pangan terbesar yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dan dunia. Salah satunya karena cabe digunakan dalam berbagai jenis masakan Indonesia dan bisa menggugah selera makan. Komoditas ini sangat dicari serta bisa menjadi lahan bisnis menguntungkan, termasuk untuk sendiri, asal menanamnya dengan varietas cabe rawit unggul.

Cara Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah

Mengingat ternyata cabe merupakan komoditas yang baik untuk bisnis, tentu saja banyak orang yang ingin melakoni usaha ini. Namun, semuanya tentu ada syaratanya, lho!

Anda harus mempertimbangkan banyak hal ketika berencana menjadi pebisnis cabe, salah satunya adalah cara menanamnya agar cepat berbuah. Tentu saja sebagai seorang petani cabe sangat ingin jika bibit yang di semai menjadi cepat berbunga dan berbuah bukan?

Selanjutnya, Anda mungkin ingin pohon yang menghasilkan buah dengan visual yang mulus, tanpa cacat, dan berat perbuahnya besar. Cabe menggiurkan untuk di beli konsumen.

Nah, untuk mendapatkan hasil terbaik dari bibit cabe yang ditanam tentu semuanya ada caranya.

1. Menentukan Bibik yang Terbaik

Pertama dan utama tentu saja adalah menentukan bibit yang terbaik di kelasnya.

Memilih bibit menjadi hal yang tidak boleh petani abaikan, karena dari bibit yang baik maka akan menghasilkan buah cabai berkualitas. Bibit yang baik dapat terlihat dari silsilah atau varietasnya, Anda sendiri bisa menggunakan varietas dalam negeri berjenis Master yang tengah banyak petani gunakan di pasaran.

2. Menyemai

Setelah memilih bibit yang berkualitas, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan penyemaian.

Pastikan bahwa Anda memiliki lahan untuk penanaman varietas cabe rawit unggul ini yaitu, tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin. Persiapkan pupuk tambahan untuk menggemburkan tanah agar nutrisi tanah semakin kompleks lagi. Pastikan ketika melakukan penanaman bibit cabe, bibitnya dalam keadaan kering, dan tidak lembab atau basah agar menekan kemungkinan pembusukan awal.

3. Melakukan Penyiraman Berkala untuk Varietas Cabe Rawit Unggulan

Setelah bibit masuk ke dalam lahan semai, maka langkah tepat selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan berkala.

Teknik penyiraman menjadi satu hal yang paling perlu Anda lakukan untuk menjaga intensitas pertumbuhan bibit yang sudah tertanam. Tidak bisa membiarkan cabe terlalu kering bagian tanahnya, tetapi juga tidak dapat terlalu lembab.

Pastikan untuk melakukan penyiraman secara rutin dengan jumlah yang normal. Jika musim hujan maka petani bisa mengurangi intensitas pemberian airnya. Sebaliknya, ketika kemarau maka bisa lebih rajin memberi penyiraman.

Bagi Anda yang menanam varietas cabe rawit unggul di rumah, pertimbangkan untuk sesekali menyiram dengan air cucian beras. Bahan ini mempercepat pertumbuhan buah.

4. Pemberian Pupuk

Pupuk organik, kandang, dan kompos bisa Anda tambahkan pada tamanam cabe dua minggu sekali.

Untuk penanaman di pot atau polybag, Anda bisa menyebar pupuk di atas tanah. Sementara itu, jika di tanah langsung, letakkan pupuk dekat akar.

5. Varietas Cabe Rawit Unggul Wajib Dilakukan Penyiangan

Penyiangan ini berlaku agar petumbuhan cabe tidak terhambat. Membersihkan tanaman lain, membuat daun yang menguning, dan menggunting yang tidak subur bisa Anda lakukan beberapa hari sekali.

Termasuk penyiangan adalah pemangkasan daun yang terindikasi hama dan penyakit.

Bagaimana? Kini sudah tidak perlu bingung lagi bukan ketika memang ingin menanam cabe” Mudah, lho perawatannya!

Jangan lupa membeli varietas cabe rawit unggul di sini, https://tokodeeres.com/produk atau hubungi 0812-9109-9109. Selain itu, di Shoppe dan Tokopedia juga ada. Ketik saja bibit cabe rawit Master dan Anda akan melihat penjualnya.

Menanam dengan varietas unggulan tentu saja akan membuat proses pembuahan jauh lebih cepat daripada jenis umumnya. Apalagi ketika menanam cabai dan melakukan perawatan terbaiknya. Selamat mencoba, semoga sukses!

Hot News

7 Harga Benih Cabe Rawit Hijau Unggul Tahan Penyakit

Lagi, akan kita review beberapa benih cabe rawit hijau unggul tahan penyakit. Kali ini dengan kriteria toleran virus. Untuk ukurannya ada yang kecil, ada...
Kabar Tani
4
minutes

Benih Cabe Rawit Betarus dan Betari, Harga Sama Hasil Beda

Akhir-akhir ini, mulai ramai diperbincangkan benih-benih baru. Dua diantaranya ada yang datang dari Cap Kelud. Yaitu cabe Betari dan Betarus. Sebagai benih baru, tentu punya...
Kabar Tani
3
minutes

Aturan Cara Campur Pestisida dengan Tepat

Apa boleh pestisida campur dengan pestisida lainnya? Penggunaan pestisida yang tepat, akan memberikan hasil terkendalinya serangan hama dan penyakit sebagaimana yang kita harapkan. Namun...
Kabar Tani
2
minutes

Apakah Benih Cabe Rawit Master F1?

Dari banyak ulasan cabe rawit Master yang banyak menarik perhatian, timbul pertanyaan. Apakah benih cabe rawit Master termasuk benih hibrida? Jawabannya bukan. Cabe Rawit Master Hibirida...
Kabar Tani
1
minute
spot_img